Analisis Penerapan Literasi Numerasi Pada Program Kampus Mengajar Di UPT SPF SD Inpres Manggala
Keywords:
Literasi Numerasi, Kampus MengajarAbstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi numerasi siswa dan penerapan literasi numerasi pada program kampus mengajar di UPT SPF SD Inpres Manggala. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VB UPT SPF SD Inpres Manggala berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini metode tes berbentuk soal essay sebanyak 5 soal uraian dan metode wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan nilai rata-rata seluruh siswa adalah 59,6 dengan nilai tertinggi yaitu 97 dan terendah yaitu 25. Dari 20 siswa yang menjadi subjek penelitian 8 siswa mencapai kategori tinggi, 6 siswa kategori sedang dan 6 siswa kategori rendah. Adapun persentase dari setiap indikator yaitu indikator menerapkan berbagai macam angka dan simbol yang terkait konsep dasar matematika dengan persentase 54, 37% termasuk kategori rendah, indikator menganalisis informasi yang ditampilkan dalam bentuk grafik, tabel, bagan dan diagram dengan persentase 75% termasuk kategori tinggi, dan indikator menginterpretasikan hasil analisis untuk membuat prediksi dan mengambil kesimpulan dengan persentase 51, 25% termasuk kategori rendah. Berdasarkan hasil analisis kemampuan literasi numerasi siswa terlihat bahwa kemampuan literasi numerasi siswa kelas VB UPT SPF SD Inpres Manggala dalam menyelesaikan soal literasi numerasi menduduki kategori sedang. Hal ini membuktikan bahwa Program kerja yang dilakukan oleh mahasiswa kampus mengajar di sekolah mendorong kreativitas dan inovasi dalam pembelajaran sehingga terjadi penguatan literasi numerasi yang dialami siswa.
This study was conducted with the aim of knowing students' numeracy literacy skills and the application of numeracy literacy in the teaching campus program at UPT SPF SD Inpres Manggala. The type of research used in this study is qualitative research with descriptive methods. The subjects of this research were VB class students of UPT SPF SD Inpres Manggala totaling 20 students. The data collection technique used in this study was the test method in the form of essay questions as many as 5 description questions and the interview method. The results showed that the overall average score of all students was 59.6 with the highest score being 97 and the lowest being 25. Of the 20 students who became research subjects, 8 students reached the high category, 6 students in the medium category and 6 students in the low category. The percentage of each indicator is the indicator of applying various kinds of numbers and symbols related to basic mathematical concepts with a percentage of 54, 37% including the low category, the indicator analyzing information displayed in the form of graphs, tables, charts and diagrams with a percentage of 75% including the high category, and the indicator interpreting the results of the analysis to make predictions and draw conclusions with a percentage of 51, 25% including the low category. Based on the results of the analysis of students' numeracy literacy skills, it can be seen that the numeracy literacy skills of class VB UPT SPF SD Inpres Manggala students in solving numeracy literacy problems are in the medium category. This proves that the work program carried out by campus students teaching in schools encourages creativity and innovation in learning so that there is a strengthening of numeracy literacy experienced by students.
References
Fitriyani, N. N., Kusuma, R. M., Supriadi, Y. N., Kusuma, J. W., & Hamidah, H. (2022). PKM Peran Mahasiswa Kampus Mengajar 3 Dalam Meningkatkan Literasi Dan Numerasi Peserta Didik Di Sekolah Dasar. International Journal of Community Service Learning, 6(2), 240–248. Https://Doi.Org/10.23887/Ijcsl.V6i2.51914
Dwi Noerbella. (2022). Implementasi Program Kampus Mengajar Angkatan 2 Dalam Meningkatkan Kompetensi Literasi Dan Numerasi Peserta Didik. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 480–489. Https://Doi.Org/10.31949/Jcp.V8i2.2087
Fisabillillah, Y., & Rahmadanik, D. (2022). Implementasi Penerapan Literasi Dan Numerasi Pada Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 3 Di SDN 1 Kedungkumpul, Sukorame, Kabupaten Lamongan. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 876–883.
Yuherman, Y., Nugroho, W., & Sunarsi, D. (2021). Dampak Kebijakan Mbkm Pada Kesiapan Sumber Daya Manusia Dan Fasilitas Fakultas Hukum Usahid Jakarta. Morality: Jurnal Ilmu Hukum, 7(2), 222. Https://Doi.Org/10.52947/Morality.V7i 2.235.
Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. (2019). Literasi Numerasi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Tidak Terstruktur. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 69–88.
Klarita, E. N., & Syafi’ah, R. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Dan Numerasi Dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Siswa Kelas V. Jpg: Jurnal Pendidikan Guru, 3(4), 262. Https://Doi.Org/10.32832/Jpg.V3i4.8122
Sidik, G., & Wakih, A. (2019). Kesulitan Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar pada Operasi Hitung Bulat. Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran, 4 (1), 461-470.
Koparan, T. (2015). Difficulties In Learning And Teaching Statistics: Teacher Views. International Journal Of Mathematical Education In Science And Technology, 46(1), 94–104.
Yustinaningrum, B. (2021). Deskripsi Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Menggunakan Polya Ditinjau Dari Gender. Jurnal Sinetik, 4(2), 129–140.
Meilia, A. T., & Erlangga, G. (2022). Aktualisasi Program Kampus Mengajar Sebagai Ruang Kontribusi Mahasiswa Terhadap Pendidikan Dasar Di Indonesia. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-Sd-An, 17(2), 120–128. Doi: 10.17509/Md. V17i2.42453
Nurhasanah, A. D., & Nopianti, H. (2021). Peran Mahasiswa Program Kampus Mengajar Dalam Meningkatkan Kompetensi SDN 48 Bengkulu Tengah. SNPKM: Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 3, 166–173. http://journal.unilak.ac.id/index.php/SNPKM/article/view/8066
Wulan Sari, S., & Arnidha, Y. (2022). Analisis Pelaksanaan Anbk Ditinjau Dari Hasil Literasi Membaca Dan Literasi Numerasi Pada Siswa Sekolah Dasar. Cendekiawan, 4(2), 87–94. Https://Doi.Org/10.35438/Cendekiawan.V4i2.258.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Niski Niski, Fathimah Az Zahra Nasiruddin, Abdurrachman Rahim

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.