Bauran Pemasaran Produk Kopi Bubuk Di Desa Karueng, Kecamatan Enrekang, Kabupaten Enrekang

Studi Kasus Pada Perusahaan Kopi CV. Al Razak

Authors

  • Devi Angriani Hasan Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Bosowa
  • Suryawati Salam Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Bosowa
  • Aylee Christine Alamsyah Sheyoputri Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Bosowa

Keywords:

Bauran Pemasaran, Kopi Bubuk, Kopi Asik

Abstract

Coffee is a plant that has high economic value among other crops, playing an important role as a foreign exchange earner and a source of income for around half a million coffee farmers in Indonesia. This study aims to apply the marketing mix of ground coffee products. This research was carried out from April to May 2022 in Karueng Village, Enrekang District, Enrekang Regency. Data collection methods are observation, interview, and documentation. The informant is a one-person business owner and a four-person employee using simple purposive sampling. The management of the marketing mix of ground coffee products consists of planning, organizing, implementation, and controlling. The results showed that CV. Al Razak applies elements known as 7P, namely (1) The mix  has the characteristic of using the brand name of cool coffee and has a variety of products and process variants; (2) The cost offered by the company is adjusted to the company's cost of goods produced; (3) Marketing of products in central markets, shops, and cafes; (4) Promotional strategies used to make products reach consumers, namely direct marketing, sales personnel and advertising;  (5) Have employees who are sufficiently trained and reliable in serving consumers;  (6) The service begins with consumers placing orders at the cashier or via telephone, website, Instagram, Facebook, Bukalapak  and Tokopedia; and (7) Spatial planning are also considered for the convenience of customers when visiting.

Kopi merupakan tanaman yang memiliki nilai ekonomis tinggi diantara tanaman lainnya, berperan penting sebagai penghasil devisa negara dan sumber pendapatan bagi sekitar setengah juta petani kopi di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan bauran pemasaran produk kopi bubuk. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan April – Mei 2022 di Desa Karueng, Kecamatan Enrekang, Kabupaten Enrekang. Metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Penentuan informan adalah pemilik usaha satu orang dan karyawan empat orang dengan menggunakan simple purposive sampling. Manajemen bauran pemasaran produk kopi bubuk terdiri dari fungsi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengontrolan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CV. Al Razak menerapkan unsur-unsur yang dikenal dengan 7P, yaitu (1) Bauran produk memiliki ciri khas yaitu memakai nama brand kopi asik dan memiliki berbagai macam produk dan varian proses; (2) Harga yang ditawarkan perusahaan disesuaikan dengan harga pokok produksi perusahaan; (3) Pemasaran produk pada pasar sentral, toko dan café; (4) Strategi promosi yang digunakan agar produk sampai pada konsumen yaitu pemasaran langsung, personil penjualan dan periklanan; (5) Memiliki karyawan yang cukup terlatih dan handal dalam melayani konsumen; (6) Pelayanan diawali konsumen melakukan pemesanan di kasir maupun melalui telepon, website, instagram, facebook, bukalapak dan Tokopedia; dan (7) Penataan ruang turut diperhatikan untuk kenyamanan pelanggan ketika berkunjung.

References

Farida, I., Tarmizi, A. & November, Y. (2016). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran 7P Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Gojek Online. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis.

Handayani, S. (2021). Pengaruh Produk dan Harga dalam Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Toko Rabbani Kota Bengkulu. Diss. UIN Fatmawati Sukarno, 2021.

Khakim, L. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen di Usaha Dagang “SUKRON” Tulungagung.

Kaskoyo, H., Susni., H, & Rommy., Q. (2019). Saluran pemasaran kopi robusta (coffea robusta) di agroforestri pekon air kubang, kecamatan Air Naningan, kabupaten Tanggamus. Jurnal belantara 2(2): 76-83.

Nasution, M. I., Muhammad, A. P., & Satria, M. A. N. (2017). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Volume Penjualan." Jurnal Riset Sains Manajemen 1(1): 1-12.

Praza, R. (2017). Identifikasi saluran pemasaran kopi Arabika Gayo pada CV. Gayo Mandiri Coffee Kabupaten Bener Meriah. Agrifo: Jurnal Agribisnis Universitas Malikussaleh 2(1): 50-56.

Sheyoputri, A. C. A., Azuz, F., & Abriana, A. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Tamaona Kecamatan Tombolo Pao Kabupaten Gowa Melalui Pengolahan Biji Kopi Menjadi Kopi Bubuk. Jurnal Dinamika Pengabdian (JDP), 7(2): 301-309.

Downloads

Published

2023-01-30