Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Pembelian Beras Premium Pabrik Beras Tujuh Lima Di Kecamatan Maritengae Kabupaten Sidrap
DOI:
https://doi.org/10.56326/pallangga.v2i2.2913Keywords:
Analisis Preferensi, Konsumen, Beras PremiumAbstract
Rice is a very important staple food and is widely consumed by the public. Rice available in Indonesia has several different types and characteristics. Consumers will always consider the type or characteristics of rice before buying and adjust it to their likes or preferences when purchasing rice. This research was carried out with the aim of analyzing consumer preferences in purchasing PB. Tujuh Lima premium rice in Maritengae District, Sidrap Regency. This research was conducted in Maritengae District, Sidrap Regency in June 2023. Respondents consisted of 30 consumers of PB. Tujuh Lima premium rice. Qualitative-descriptive preference analysis presented in tabular form. The results of the analysis show that all variables have an influence on the purchase of PB. Tujuh Lima premium rice. These variables are in terms of product quality, in terms of product brand image, in terms of product texture, in terms of product packaging, in terms of product price, and in terms of product availability. Consumer preferences for purchasing PB. Tujuh Lima premium rice state that PB. Tujuh Lima premium rice is very good.
Beras merupakan bahan makanan pokok yang sangat penting dan banyak dikonsumsi oleh masyarakat, Beras yang tersedia di Indonesia memiliki beberapa jenis dan karakteristik yang berbeda-beda. Konsumen akan selalu mempertimbangkan jenis atau karakteristik beras sebelum membeli dan menyesuaikan dengan kesukaan atau preferensi terhadap pembelian beras. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menganalisis preferensi konsumen dalam pembelian beras premium PB Tujuh Lima di Kecamatan Maritengae, Kabupaten Sidrap. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Maritengae, Kabupaten Sidrap pada bulan Juni 2023. Responden terdiri dari 30 konsumen beras premium PBTujuh Lima. Analisis preferensi dengan kualitatif-deskriptif yang disajikan dalam bentuk tabel. Hasil analisis menunjukkan bahwa pada semua variabel berpengaruh terhadap pembelian beras premium PB Tujuh Lima. Variabel tersebut yaitu dari segi kualitas produk, citra merek produk, tekstur produk, kemasan produk, harga produk, dan ketersediaan produk. Preferensi konsumen pembelian beras premium PB Tujuh Lima menyatakan bahwa beras premium PB Tujuh Lima sangat baik.
References
Abdul, B., Bambang, S., & Joes, D. (2020). Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Pengalaman Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Akuntansi, 5(1).
Aditi, B., & Hermansyur, H. M. (2018). Pengaruh Atribut Produk, Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Merek Honda di Kota Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis.
Badan Pusat Statistik. (2022). Rata-rata Konsumsi per Kapita Seminggu Beberapa Macam Bahan makanan Penting. Tersedia dihalaman. https://www.bps.go.id/statictable/2014/09/08/950/rata-rata-konsumsi-per-kapita-seminggu-beberapa-macam-bahan-makanan-penting-2007-2017.html
Mutmainnah, E., Marwan, E., & Putri, E. L. (2022). Preferensi Konsumen terhadap Minyak Goreng Kemasan (Studi Kasus di Giant Ekspres Kota Bengkulu).
Rahayu, S. E., & Febriaty, H. (2019). Analisis Perkembangan Produksi Beras dan Impor Beras di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan.
Resmawa, I. (2019). Studi Perbandingan Preferensi Konsumen Studi kasus Our Bar and Oldwood Bar.
Sundari, A., Mulyana, A., & Aryani, D. (2019). Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Beras Yang Diperjualbelikan di Kios Beras Kota Palembang. Doctoral Dissertation, Sriwijaya University).
Yulfira, F., Saadah, S., & Amrullah, A. (2018). Pengambilan Keputusan Konsumen pada Pembelian Beras di Kota Makassar. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Alia Hasti Hasmin, Suryawati Salam, Faidah Azuz
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.