EFEKTIVITAS PELAYANAN DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU DALAM MENINGKATKAN INVESTASI DI KABUPATEN PANGKEP

Authors

  • Ince Ahmad Ismail Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Pangkep
  • Husain Hamka Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa
  • Syamsuddin Maldun Program Studi Ilmu Administrasi Negara. Program Pascasarjana, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/jpan.v4i1.1173

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Tingkat Investasi, Pangkep

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: 1) pengaruh secara parsial variabel independen (kualitas pelayanan) terhadap variabel dependen (tingkat investasi) di Dinas PMPTSP Kabupaten Pangkep. 2) pengaruh secara simultan variabel independen (kualitas pelayanan) terhadap variabel dependen (tingkat investasi) di Dinas PMPTSP Kabupaten Pangkep. Jenis penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan tipe studi kasus (Case Study). Populasi dalam penelitian ini sebanyak 55 orang, teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Sampling Jenuh, sampel sebanyak 55 orang sebagai responden, teknik  pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dukumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh secara parsial dan simultan variabel independen (kualitas pelayanan) terhadap variabel dependen (tingkat investasi) di Dinas PMPTSP Kabupaten Pangkep terdapat kualitas pelayanan Dinas PMPTSP dalam meningkatkan investasi di Kabupaten Pangkep seperti kejelasan tujuan, kejelasan strategi, proses analisis kebijakan, perencanaan, penyusunan program, sarana dan prasarana, sistem pengawasan, dan sistem pengendalian.

This study aims to determine and analyze: 1) the partial effect of the independent variable (service quality) on the dependent variable (investment level) in the PMPTSP Office of Pangkep Regency. 2) the simultaneous influence of the independent variable (service quality) on the dependent variable (investment level) in the PMPTSP Office of Pangkep Regency. The type of research that will be used in this research is quantitative research with case study type. The population in this study was 55 people, the sampling technique in this study used saturated sampling, a sample of 55 people as respondents, data collection techniques used questionnaires and documentation. The data analysis technique in this study used descriptive analysis and inferential analysis. The results showed that the partial and simultaneous influence of the independent variable (quality of service) on the dependent variable (level of investment) in the PMPTSP Office of Pangkep Regency there was the quality of service of the PMPTSP Service in increasing investment in Pangkep Regency such as clarity of objectives, clarity of strategy, policy analysis process, planning, program preparation, facilities and infrastructure, supervision system, and control system.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alkadri, M. J., Jamal, M., & Dyastari, L. (2019). Efektivitas Pelayanan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dalam Pembuatan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) di Kabupaten Paser. ejournal.ipfisip-unmul.ac.id © Copyright 2019 eJournal Ilmu Pemerintahan, 2019, 7 (2): 675-686.

Anggela, L. (2013). Efektifitas Kinerja Pegawai Pada Badan Pelayanan Terpadu Perizinan dan Penanaman Modal (BPTP2M) Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Boediono. (2008). Dimensi Ekonomi Politik Pembangunan Indonesia. Jurnal Keuangan Publik.

Deliarnov. (1995). Perkembangan pemikiran ekonomi. Raja Grafindo Persada.

Eduardus Tendelilin. (2001). Analisis Investasi dan Manajemen Portofolio, Edisi I, cet. I. Yogyakarta, BPFE. https://doi.org/10.21082/jae.v25n1.2007.55-83

Eka Parmawati, A. S. (2008). Kausalitas Penerimaan, Belanja dan PDRB Kabupaten/Kota di Indonesia (Studi Kasus Periode 2001- 2008). Universitas Diponegoro.

Fabozzi, F. J., & Grant, J. L. (2000). Value-based metrics: Foundations and practice (Vol.67). John Wiley & Sons.

Febliany, I., Fitriyah, N., & Paselle, E. (2017). Efektivitas Pelayanan Terpadu Satu Pintu Terhadap Penyerapan Investasi di Kalimantan Timur (Studi pada Badan Perijinan dan Penanaman Modal Daerah Provinsi Kalimantan Timur). Jurnal Administrative Reform (JAR), 2(3), 410–420.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisi Multivariate dengan Program SPSS. Edisi Kelima Semarang: Bandan Penerbitan Universitas Diponegoro.

Halim, A. (2005). Analisis Investasi. Jakarta: Salemba Empat.

Indonesia, R. (2007). Undang-Undang No. 25 Tahun 2007 Tentang Penanaman Modal. Jakarta: Sekretariat Negara.

Ismayanti, L. (2015). Efektivitas Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu di Kabupaten Malang. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 4(2).

James, L. G., Ivancevich, J. M., Donnelly, J. H., & Konopaske, R. (2009). Organization: Behavior, Structure, Processes. In McGraw-Hill, Irvin.

Downloads

Published

2021-12-24

How to Cite

Ismail, I. A., Hamka, H., & Maldun, S. (2021). EFEKTIVITAS PELAYANAN DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU DALAM MENINGKATKAN INVESTASI DI KABUPATEN PANGKEP. Jurnal Paradigma Administrasi Negara, 4(1), 41–49. https://doi.org/10.35965/jpan.v4i1.1173