Strategi Pelayanan Publik Terhadap Kinerja Aparatur Sipil Negara Pada Badan Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah Kota Makassar
DOI:
https://doi.org/10.35965/pja.v2i2.5140Keywords:
Strategi Pelayanan Publik , Kinerja Aparatur Sipil NegaraAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi strategi pelayanan publik pada kantor Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Makassar, serta untuk menganalisis pengaruh strategi pelayanan publik terhadap kinerja Aparatur Sipil Negara pada Kantor BPKAD Kota Makassar. Populasi pada penelitian ini adalah aparatur sipil negara pada BPKAD yang ditentukan sebanyak 30 orang. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan penyebaran kuesioner, dengan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian yang dilakukan diperoleh temuan yakni terkait dengan strategi pelayanan publik yang telah dilakukan oleh kantor BPKAD Kota Makassar, dimana pada penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pelayanan publik yang dilaksanakan selama ini sudah berada dalam kategori baik, hal ini dapat dilihat dalam hal terkait dengan bukti fisik seperti sarana dan prasarana yang dimiliki sudah tersedia lengkap sehingga menunjang pelayanan kepada pengguna layanan, selain itu keandalan dan daya tanggap yang telah dilakukan sudah sesuai dengan harapan bagi pengguna layanan, begitu pula dengan jaminan dan empati yang sudah berada dalam kategori baik. Pengaruh strategi pelayanan publik terhadap kinerja aparatur sipil negara pada kantor BPKAD kota Makassar, dimana temuan pada penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pelayanan publik yang dilaksanakan selama ini dapat meningkatkan kinerja aparatur sipil negara, dimana semakin baik penerapan strategi pelayanan publik yang dilaksanakan selama ini maka akan semakin meningkat pula kinerja aparatur sipil negara.
This study aims to analyze the implementation of public service strategies at the office of Regional Financial and Asset Management Area (BPKAD) of Makassar City, and to analyze the influence of public service strategies on the performance of State Civil Apparatus at the office of BPKAD of Makassar City. The population in this study was the state civil apparatus at BPKAD which was determined as many as 30 people. Data collection techniques through observation and distribution of questionnaires, with data analysis techniques using descriptive analysis and simple regression analysis. The results of the research conducted obtained findings related to the public service strategy that has been carried out by the office of BPKAD of Makassar City, where this study shows that the public service strategy implemented so far has been in the good category, this can be seen in terms of physical evidence such as facilities and infrastructure that are already available complete so as to support services to service users, in addition, the reliability and responsiveness that have been carried out are in accordance with the expectations of service users, as well as guarantees and empathy that are already in the good category. The influence of public service strategies on the performance of state civil servants at the office of BPKAD of Makassar City, where the findings in this study indicate that the public service strategies implemented so far can improve the performance of state civil servants, where the better the implementation of the public service strategies implemented so far, the better the performance of state civil servants will be.
References
Alfian, Y. (2019). Peran Pemerintah Desa Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik Kepada Masyarakat Di Desa Ciharashas Kabupaten Bandung Barat. JISIPOL| Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 3(1), 59-69.
Apriadi, D., Susena, K. C., & Irwanto, T. (2020). Analisis Kinerja Pegawai Pada Kantor Kesbangpol Kabupaten Kaur Performance Analysis of Employees in Kesbangpol Office Kaur District. Journal Bima (Business, Management and Accounting), 1(2), 97-105.
Defasya, T. M. R., Asmawi, M. R., & Utami, P. (2024). Kualitas Pelayanan Publik Aplikasi SIAPkerja di Kantor Kementrian Ketenagakerjaan RI. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(5), 899-907.
Endah, K., & Vestikowati, E. (2021). Birokrasi Pemerintahan Dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik. Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 7(3), 647-656.
Farhaini, A., Putra, B. K., & Aini, D. (2022). Reformasi Birokrasi dalam Pelayanan Publik Melalui Aplikasi Halodoc di Kota Mataram. Professional: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik, 9(1), 71-82.
Ghozali (2021). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 26.
Hardiyansyah, H. (2018). Kualitas Pelayanan Publik: Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya. Gava Media.
Idris, A. (2017). Bingkai reformasi birokrasi indonesia. Jurnal Paradigma (Jp), 2(3), 352-357.
Indriasari, N., Yulianti, O., & Herawati, H. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Pegawai Pada Bidang Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Provinsi Bengkulu. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 6(2).
Krisnawanto, B., & Margono, A. (2017). Kinerja Tenaga Kerja Kontrak Daerah (Tk2d) Pada Dinas Kehutanan Kabupaten Kutai Timur. Jurnal Administrative Reform, 2(3), 339-349.
Mursid, M. C., Amnisa, N., Abdillah, F., & Aljihat, I. (2022). Pengaruh Perubahan Komunikasi Melalui Teknologi Informasi Digital Terhadap Kinerja Karyawan Akibat Dampak COVID-19. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 9(2).
Nuryadin, A., & Irfan, A. (2022). Pengaruh Kompetensi Terhadap Kinerja Pegawai pada Kantor Kecematan Biringkanaya. YUME: Journal of Management, 5(1), 681-687.
Oktarina, A., & Mustam, M. (2018). Manajemen Sumber Daya Aparatur Sipil Negara (ASN) Dalam Rangka Reformasi Birokrasi Di Badan Kepegawaian Pendidikan Dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kota Pekalongan. Journal of Public Policy and Management Review, 7(2), 40-54.
Peraturan Wali Kota Makassar Nomor 29 Tahun 2015 tentang pelayanan publik.
Pramesthi, A. N., Az-Zahra, I. K. D., Widowati, S. A., & Duhita, E. R. (2024). Implementasi Sistem Birokrasi Di Indonesia Belum Optimal. Jurnal Multidisiplin Ilmu Akademik, 1(3), 350-359.
Pramularso, E. Y. (2020). Kualitas Pelayanan dan Kinerja Pegawai terhadap Kepuasan Masyarakat di Unit Pelayanan Terpadu Satu Atap Kementerian Ketenagakerjaan. Jurnal Perspektif, 18(1), 68-74.
Purnomo, M. W. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Bnn Kabupaten Lampung Selatan. Jurnal Mitra Manajemen, 6(2), 69-82.
Saptutyningsih, E.,& Setyaningrum, E. (2020). Penelitian Kuantitatif Metode dan Alat Analisis Dilengkapi Dengan Contoh Proposal Penelitian. Cetakan Pertama, Yogyakarta: Gosyen.
Sellang, K., Jamaluddin, & Mustanir, A. (2019). Strategi Dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik (Dimensi, Konsep, Indikator dan Implementasinya). Pasuruan: CV. Qiara Media.
Setiyono, B. (2023). Birokrasi dalam perspektif politik dan administrasi. Nuansa Cendekia.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif (Setiyawami). Alfabeta.
Sukendra, I. K., & Atmaja, I. K. S. (2020). Instrumen Penelitian. Bali: Mahameru Press.
Sumigar, R. F., Kimbal, M., & Kairupan, J. (2018). Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor UPTD Samsat Kosio Kabupaten Bolaang Mongondow. JURNAL EKSEKUTIF, 1(1).
Suryani, S., & Sabur, A. (2023). Analisis Kinerja Aparatur Sipil Negara (Asn) Pada Badan Pengelola Keuangan Daerah (Bpkd) Kota Tangerang (Studi Bidang Sekretariat Bpkd). Perspektif: Jurnal Ilmu Administrasi, 5(2), 110-118.
Suryono, A. (2011). Manajemen Sumberdaya Manusia: Etika dan Standar Profesional Sektor Publik. Universitas Brawijaya Press.
Tuju, M. A. M., Kimbal, M., & Mantiri, M. (2017). Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Minahasa Selatan (Suatu Studi Tentang Pelayanan Akta Kelahiran). Jurnal Eksekutif, 2(2).
Wahyudi, W. D., & Tupti, Z. (2019). Pengaruh Budaya Organisasi, Motivasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(1), 31-44.
Wuri, D. C., Kaunang, M., & Kumayas, N. (2019). Disiplin Aparatur Sipil Negara (ASN) Dalam Meningkatkan Kinerja Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bolaang Mongondow. Jurnal Eksekutif, 3(3).
Yoraeni, A., Basri, H., & Puspasari, A. (2022). Penerapan Sistem Informasi Pelayanan Desa Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Dan Mewujudkan Smart Village. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(5).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dian Marina S, Andi Muhibuddin, Juharni Juharni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.