Kinerja Pegawai Dalam Pelayanan Publik di Sekretariat Daerah Kabupaten Barru Provinsi Sulawesi Selatan
DOI:
https://doi.org/10.35965/pja.v2i2.5143Keywords:
Kinerja Pegawai, Kemampuan Pegawai, Pelayanan PublikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) kemampuan pegawai dalam memberikan pelayanan di Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Barru dan (2) faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja pegawai dalam memberikan pelayanan. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian dilaksanakan di Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Barru, dengan informan yang dipilih melalui purposive sampling, berjumlah 8 orang. Data yang digunakan terdiri dari data primer dan sekunder, yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan pegawai dalam memberikan pelayanan sudah memenuhi kriteria kinerja PNS yang berkualitas, yaitu ketepatan, keramahan, kecepatan, dan kenyamanan. (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja pegawai meliputi: (a) orientasi terhadap perubahan melalui pendidikan, pelatihan, dan studi banding yang memiliki kategori baik, dengan pegawai memiliki motivasi untuk mengembangkan diri; (b) etika pelayanan yang ditunjukkan pegawai di Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Barru sangat baik; (c) sistem insentif yang diberikan kepada pegawai tergolong baik, namun perlu ditingkatkan mengingat banyaknya pekerjaan yang menyebabkan lembur; dan (d) semangat kerjasama antar pegawai dan atasan yang masih kurang baik, karena cenderung bekerja secara individu yang menghambat kelancaran proses pelayanan.
This study aims to analyse (1) the ability of employees in providing services at the Regional Secretariat Office of Barru Regency and (2) the factors that influence employee performance in providing services. The method used was qualitative research with a descriptive approach. The research was conducted at the Regional Secretariat Office of Barru Regency, with informants selected through purposive sampling, totalling 8 people. The data used consisted of primary and secondary data, which were collected through observation, interviews, and documentation. The results showed that (1) the ability of employees to provide services has fulfilled the criteria for quality civil servant performance, namely accuracy, friendliness, speed, and comfort. (2) Factors affecting employee performance include: (a) orientation towards change through education, training, and comparative studies which has a good category, with employees having motivation to develop themselves; (b) service ethics shown by employees at the Regional Secretariat Office of Barru Regency is very good; (c) the incentive system provided to employees is classified as good, but needs to be improved considering the amount of work that causes overtime; and (d) the spirit of cooperation between employees and superiors is still not good, because they tend to work individually which hampers the smooth service process.
References
Aliyadi, A., Karaman, J., Kumalasari, E., & Pradani, F. (2021). Tes Calon Perangkat Desa Berbasis Computer Assisted Test (CAT). Kontribusi Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 119-125.
Ardiansyah, R., Pracandra, A. P., Sari, D. P. A., Rahmawati, S. M., Fajri, M. A., & Nuraini, D. (2024). Manajemen Sumber Daya Manusia Global dalam Meningkatkan Kinerja Perusahaan. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen, 3(2), 42-48.
Busro, M. (2018). Teori-Teori Manajemen Sumber Daya Manusia. Prenada Media.
Candra, A. (2024). Pertanggungjawaban Hukum Pejabat Yang Melakukan Pembiaran Pelanggaran Bagi Aparatur Sipil Negara. Consensus, 2(4), 141-152.
Da Silva, A., Izzati, U. A., & Karwanto, K. (2024). Optimization of Educator Quality through Job Analysis and Personnel Planning. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(2), 105-114.
Erickson, G. S. (2017). Descriptive Research Design. In New Methods of Market Research and Analysis (pp. 51-77). Edward Elgar Publishing.
Estiyanto, A. (2024). Penegakan Sanksi Disiplin Berat Terhadap Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Kementerian Perhubungan. Iblam Law Review, 4(2), 19-30.
Fatimah, F. N. A. D. (2017). Panduan Praktis Evaluasi Kinerja Karyawan. Anak Hebat Indonesia.
Kadaryanto, B. (2023). Implementasi Pemberhentian Pns Terpidana Kasus Korupsi Berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara Di Kabupaten Rokan Hilir. Jurnal Niara, 16(1), 56-66.
Lailin, U. R., Haryanti, N., & Ardiansyah, R. S. (2024). Peran Administrasi Publik Dan Komunikasi Publik Dalam Membangun Kolaborasi Antara Kelompok Masyarakat (Pokmas Mulya Abadi) Dan Pemerintah Guna Pembangunan Kelurahan. Public Service and Governance Journal, 5(2), 215-232.
Nola, R., Marsidin, S., Alkadri, H., & Susanti, L. (2023). Disiplin Kerja Pegawai Negeri Sipil Pada Sekretariat Dewan Perwakilann Rakyat Daerah Provinsi Sumatera Barat. Journal of Practice Learning and Educational Development, 3(1), 65-70.
Nurdin, A. H. M. (2018). Menuju Pemerintahan Terbuka (Open Government) Melalui Penerapan E-Government. Jurnal MP (Manajemen Pemerintahan), 5(1), 1-17.
Nuryanto, U. W., Basrowi, B., Quraysin, I., & Pratiwi, I. (2023). Optimizing Human Resources Management: Government's Crucial Role in Enhancing Education Resources in Indonesia. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(04).
Palupi, N. W. I., Mashuri, D. I., & Febrima, A. Y. (2024). Innovative Strategies to Improve the Quality of Human Resources Through Skill and Competency Development. International Journal of Management, Business, and Social Sciences, 3(01).
Puspitawaty, S. (2020). Pengaruh Motivasi Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Front Office Yang Berdampak Pada Kualitas Pelayanan Publik. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 2(2), 148-159.
Putri, e. (2020). Kedudukan,Hak,Dan Kewajiban Pegawai Negeri. https://doi.org/10.31219/osf.io/f63xg
Setiawan, H. (2021). Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pns Tni - Ad Dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Internal di Kantor Kodim 0611 Rem 062/Tn. Jurnal Publik, 13(2), 78-85.
Subedi, M. (2023). Sampling and Trustworthiness Issues in Qualitative Research. Dhaulagiri Journal of Sociology and Anthropology, 17, 61-64.
Suryosukmono, G. (2020). Kepemimpinan Transformasional, Kepuasan Kerja Dan Komitmen Organisasi Sebagai Motivator Kinerja Pegawai Negeri Sipil. Managament Insight Jurnal Ilmiah Manajemen, 15(1), 1-18.
Thanh, P. N., Tri, N. M., & Thang, N. Q. (2024). Developing High-Quality Human Resources to Meet the Requirements of Rapid And Sustainable Development: Realities And Solutions. Heritage and Sustainable Development, 6(2), 529-544.
Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.
Wahyono, T., & Aditia, R. (2022). Unsur-Unsur Komunikasi Pelayanan Publik (Sebuah Tinjauan Literatur). Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(4), 489-494.
Wiguna, P. G. S., Suryawan, I. G. B., & Widiati, I. A. P. (2024). Mekanisme Penyusunan Laporan Pertanggungjawaban Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah. Jurnal Preferensi Hukum, 5(2), 259-264.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Armawaty Armawaty, Delly Mustafa, Juharni Juharni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.