Optimalisasi Pelayanan Administrasi Pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Kota Makassar
DOI:
https://doi.org/10.35965/pja.v2i2.5152Keywords:
Efektivitas, Optimalisasi, Pelayanan publik, Pengembangan Sumber Daya ManusiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas Pelayanan Administrasi pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Kota Makassar dan menganalisis faktor penghambat dalam Optimalisasi Pelayanan Administrasi pada BKPSDMD Kota Makassar. Metode yang digunakan dalam penelitian iniyaitu kualitataif. Lokasi penelitain ini adalah di Kantor BKPSDMD Kota Makassar. Sumber data yang dikumpulkan yaitu data sekunder dan primer. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Optimalisasi pelayanan administrasi pada kantor BKPSDMD sudah menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik sesuai etika yang berlaku dan beberapa aspek yaitu: Persamaan (equality), Keadilan (equity), Kesetiaan (loyality), Tanggungjawab (Responsibility)dan (2) Faktor Penghambat Optimalisasi Pelayanan Administrasi pada BKPSDMD Kota Makassar adalah Minimnya Sumber Daya Manusia yang berkompeten di bidang IT, Sarana dan Prasarana, dan kurangnya kesadaran (Renponsive) instansi akan pentingnya pengumpulan data informasi, hal itulah yang membuat kurang lancarnya pelayanan administrasi kepegawaian pada BKPSDMD Kota Makassar.
This research aims to analyze the effectiveness of administrative services at the the Regional Human Resources Development and Staffing Agency Office (BKPSDMD) of Makassar City and analyze the inhibiting factors in optimizing administrative services at the BKPSDMD of Makassar City. The method used in this research is qualitative. The location of this research is at the office of BKPSDMD Makassar City. The sources of data collected are secondary and primary data. Data collection techniques are carried out through observation, interviews and documentation. The results of the research show that (1) Optimizing administrative services at the BKPSDMD of Makassar City. has carried out its duties and responsibilities well in accordance with applicable ethics and several aspects, namely: Equality, Justice, Loyalty, Responsibility and (2) Factors Inhibiting the Optimization of Administrative Services at the the BKPSDMD of Makassar City are the lack of competent human resources in the IT field Facilities and Prasarana, and Responsive the lack of agency awareness of the importance of collecting information data, which makes personnel administration services less smooth at the BKPSDMD of Makassar City.
References
Anwar, H., & Suparman, N. (2022). Efektivitas Pelaksanaan Aplikasi Simakci Pada Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Kota Cimahi. Jurnal Dialektika Jurnal Ilmu Sosial, 20(2), 72-83.
Azzahra, N. (2023). Kultur Sosial Pemerintahan.
Bisri, M. and Asmoro, B. (2019). Etika Pelayanan Publik Di Indonesia. Journal of Governance Innovation, 1(1), 59-76.
Bolívar, M. and Muñoz, L. (2015). An Exploration of The Reasons and Governance Models for Web 2.0 In Providing Public Services. In Proceedings of the 16th Annual International Conference on Digital Government Research (pp. 181-196).
Caesar, M., Basyar, N., Fathurohman, N., Chafshof, N., & Tasyali, N. (2021). Analisis Peran Struktur Organisasi Dalam Kualitas Pelayanan Publik di Desa Gudang Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedang. Neo Politea, 2(1), 12-22.
Chalirafi, C., Irfan, M., Aiyub, A., Nurhafni, N., & Matriadi, F. (2023). Optimization Of Public Services. International Journal of Public Administration Studies, 3(1), 8.
Destiana, R. (2023). Kepemimpinan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Sektor Publik. Dialogue Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 5(1).
Fauziah, L., Windriya, A., & Mege, S. (2023). Pelatihan Manajemen Dan Administrasi Keuangan Umkm Menuju Umkm Unggul Dan Berdayasaing. Jurnal Abdimas Peradaban, 4(1), 30-37.
Haryani, T. and Puryatama, A. (2020). Pelayanan Prima Melalui Penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik Di Indonesia. Kybernan Jurnal Studi Kepemerintahan, 3(1), 40-54.
Indonesiawan, R. C. S., Putra, A. B., & Fitri, A. S. (2023, November). Rancang Bangun Sistem Informasi Kepegawaian dengan Analisa PIECES Berbasis WEB. In Prosiding Seminar Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi (Vol. 3, No. 1, pp. 147-154).
Jahidi, I., & Budiati, A. (2019, August). The Improvement of E-administration in Indonesia: An analysis based on U theory. In First International Conference on Administration Science (ICAS 2019) (pp. 543-547). Atlantis Press.
Jatmikowati, S. H., Dinata, C., & Noorsetya, B. (2020, March). Strengthening Public Administration with Good Collaborative Governance (Government and Civil Society Organizations Relation for Development Countries in Decentralization Era: Case Studies in Malang Regency). In International Conference on Public Administration, Policy, and Governance (ICPAPG 2019) (pp. 179-185). Atlantis Press.
Kadir, A. (2021). Analisis Pengaruh Kompetensi Dan Motivasi Kerja Terhadap Tingkat Kepuasan Masyarakat Pada Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tapin Di Rantau. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 5(2), 750-758.
Kasmawati, Y. (2023). Strategi Peningkatan Kinerja Melalui Kepemimpinan Spiritual Dan Kompetensi. Jurnal Ekobistek, 12(2), 646-651.
Krisnandari, D. M. W. P. S., Wiharta, D. M., & Sastra, N. P. (2019). Penerapan Teknologi Informasi dalam Reformasi Birokrasi pada Bidang Pendidikan. Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, 18(2), 287-292.
Lutfia, P. L., & Indartuti, E. (2022). Kualitas Pelayanan Publik di Bidang Administrasi Kependudukan: Studi pada Kelurahan Gebang Putih Kecamatan Sukolilo Kota Surabaya. Journal of Office Administration: Education and Practice, 2(3), 191-197.
Muhani, U. (2023). Identification of HR management training approaches on sustainable public service administration skills in Indonesia. International journal of business, economics, and management, 6(1), 78-87.
Mutiarin, D., Sudiro, R., & Misran, M. (2021, November). Design of E-public service in realizing agile government based on information technology: Case study in Indonesia. In Iapa Proceedings Conference (pp. 17-32).
Prasodjo, T. (2020). Knowledge management: Sustainable human resource development in public sector organizations. Jurnal Administrare: Jurnal Pemikiran Ilmiah dan Pendidikan Administrasi Perkantoran, 6(2), 159-166.
Putri, D. E. A., & Bataha, K. (2023). Efektivitas Pelayanan Administrasi Kependudukan di Balai Rw (Studi Kasus Kelurahan Medokan Ayu). PubBis: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Publik dan Administrasi Bisnis, 7(2), 178-187.
Rusadi, B. P., & Rahmadany, A. (2023). Analyzing Supporting and Inhibiting Factors in the Optimization of E-Government in Pontianak City. Journal of Computer Science and Technology Studies, 5(4), 22-31.
Saleh, C. (2020). Pengaruh Kompensasi Melalui Kepuasan Serta Dampaknya Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil. J-MKLI (Jurnal Manajemen dan Kearifan Lokal Indonesia), 4(2), 70-80.
Sudrajat, A. R. (2023). Analysis of Indonesian Public Service Issues in The New Era based on Public Administration Perspective. International Journal of Social Service and Research, 3(1), 22-29.
Sugiman, S. (2018). Pemerintahan Desa. Binamulia Hukum, 7(1), 82-95.
Syarif, F. M., Andri, G., & Zulbahri, L. (2023). Pengaruh Kompetensi Dan Efikasi Diri Terhadap Kinerja Pegawai Pada Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Solok. Jurnal Menara Ekonomi: Penelitian dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi, 9(2).
Viendyasari, M. (2020, April). The Application of Digital Administration to Minimize Maladministration in Public Services: A Case Study of Jakarta Investment and One Stop Service Department. In 3rd International Conference on Vocational Higher Education (ICVHE 2018) (pp. 137-144). Atlantis Press.
Wijaya, J. H. (2023). E-Government in Indonesia: Policy Review and Implementation of Jokowi's Government. TheJournalish: Social and Government, 4(3), 302-309.
Wijaya, S., Nurdin, P. A., & Pibriana, D. (2020). Rancang Bangun Sistem Informasi Kepegawaian Berbasis Web Pada CV Citra Pratama Global. Jurnal Teknologi Sistem Informasi, 1(2), 168-179.
Yusrianti, Y., Sutisman, E., Ermawati, Y., Rumasukun, R., & Prasetianingrum, S. (2021). Pengaruh Penerapan SAP Berbasis Akrual, Kompetensi Sumber Daya Manusia, Dan Pengendalian Intern Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Dengan Komitmen Organisasi Sebagai Moderasi Pada Pemerintah Kabupaten Jayapura. The Journal of Business and Management Research, 4(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nurmiyati Ressa, Juharni Juharni, Syamsul Bahri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.