Pemilihan Lokasi Perumahan Berdasarkan Preferensi Masyarakat Kota Bulukumba (Studi Kasus : Perumahan Fuad Arafah 2, Griya Adisanjaya, Tiara Permai 3 dan Puri Asri Estate)

Authors

  • Imas Subriah Maryati Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Program Pascasarjana Universitas Bosowa

Keywords:

Preferensi, Lokasi Perumahan, perkembangan kota

Abstract

Perumahan dan Permukiman merupakan salah  satu permasalahan  yang timbul dan berkembang sejalan dengan pertambahan penduduk Kota Bulukumba, meningkatnya   perkembangan   kota   itupula   sejalan   dengan   meningkatnya kebutuhan akan lokasi hunian bagi masyarakat kota Bulukumba yang harus dipenuhi  sementara lahan yang ada di kota semakin sempit / berkurang sehingga menyebabkan lokasi hunian bergeser kearah pinggiran kota. Sehingga penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis perbedaan preferensi masyarakat yang berada di kawasan pusat kota dengan kawasan pinggiran  kota  dalam  memilih  hunian  serta  untuk  menganalisis  pengaruh preferensi masyarakat tersebut terhadap perkembangan Kota Bulukumba. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, sementara itu teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif kuantitatif    antara lain    distribusi frekwensi untuk mengetahui prefrensi masyarakat dalam memilih lokasi perumahan dan analisis regresi liner berganda digunakan  untuk  mengetahui  seberapa  besar  pengaruh  preferensi  masyarakat dalam memilih lokasi perumahan terhadap perkembangan kota Bulukumba. Hasil penelitian  menunjukan  bahwa  Preferensi  masyarakat  yang  berada  di  kawasan pusat kota dalam memilih lokasi perumahan   lebih mempertimbangkan   faktor aksesibilitas, faktor sosial ekonomi, faktor Ketersediaan sarana dan prasarana. Sementara Preferensi masyarakat yang berada di pinggiran kota lebih mempertimbangkan  faktor kenyamanan lingkungan dan karakteristik rumah yang mencangkup harga rumah yang murah,  hal ini memberikan arti   bahwa kelima faktor tersebut memberikan pengaruh positif baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap perkembangan kota Bulukumba.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-04-04

How to Cite

Maryati, I. S. (2019). Pemilihan Lokasi Perumahan Berdasarkan Preferensi Masyarakat Kota Bulukumba (Studi Kasus : Perumahan Fuad Arafah 2, Griya Adisanjaya, Tiara Permai 3 dan Puri Asri Estate). Urban and Regional Studies Journal, 1(1), 16–24. Retrieved from https://journal.unibos.ac.id/ursj/article/view/51