Pola Hubungan Sosial Pengguna Kartu BPJS Kesehatan
Studi Sosiologis Di Rumah Sakit Umum Daerah, Kab. Ende Provinsi Nusa Tenggara Timur
DOI:
https://doi.org/10.35965/eco.v21i2.1128Keywords:
Interaksi, Sosial, Pasien, BPJSAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memahami interaksi sosial antara pihak Rumah Sakit Umum Daerah Ende dengan pasien dalam masalah kesehatan bagi pengguna kartu BPJS. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif-deskriptif, Data tersebut diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam dengan para informan, disamping studi dokumentasi dan studi pustaka. Penentuan informan dilakukan secara porposive sampling. Dalam hal ini adalah masyarakat pengguna kartu BPJS dan pihak rumah sakit yaitu dokter, perawat dan staf rumah sakit. Rumah sakit yaitu dokter, perawat dan staf rumah sakit. Hasil penelitian menunjukan bahwa interaksi sosial pihak Rumah Sakit Umum Daerah dengan Pasien Pengguna BPJS Kesehatan adalah interaksi pihak Rumah Sakit dengan pasien pengguna BPJS dalam proses pemeriksaan kesehatan, interaksi pihak Rumah Sakit dengan pengguna BPJS dalam proses penyembuhan penyakit, dan interaksi pihak Rumah Sakit dengan pasien pengguna BPJS dalam pemulihan kesehatan. Kemudian kendala-kendala interaksi sosial antara pihak Rumah sakit Umum Daerah dengan Pasien Pengguna BPJS Kesehatan adalah kendala dalam proses pemeriksaan kesehatan, kendala dalam proses penyembuhan penyakit, dan kendala dalam pemulihan kesehatan.
This study aims to understand the social interaction between the Ende Regional General Hospital with patients in health problems for BPJS card users. This research was conducted through a qualitative-descriptive approach. The data was obtained through observation, in-depth interviews with informants, in addition to documentation and study studies References. Determination of the informants was done by purposive sampling. in this case the public BPJS card users and hospitals, namely doctors, nurses and hospital staff. hospitals, namely doctors, nurses and hospital staff. The results of the study show that social interaction between the Regional Public Hospital and Patients using BPJS Health Patients is an interaction Hospital side with patients using BPJS in the process of health examination, interaction between the Hospital and BPJS users in the process of healing the disease, and interaction between the Hospital and patients using BPJS in health recovery. Then the constraints of social interaction between the Regional General Hospital and Patients Users of the Health BPJS are obstacles in the process of health checks, obstacles in the process of healing the disease, and obstacles in health recovery.
Downloads
References
Chandra B (2012). Pengantar Kesehatan Lingkungan. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC, p: 105.
Dewi Wualansari (20110. Sosiologi (Konsep dan Teori). PT Refika Aditama: Bandung, 2009. Hlm.35
Kurniadi, Anwar. (2013). Manjemen Keperawatan dan prosperktifnya. Jakarta: FKU
Notoatmojo, Soekidjo. 2005. Promosi Kesehatan Teori dan Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta.
Soerjono Soekanto. Sosiologi suatu pengantar. PT Rajawali Pers: Jakarta, 2012. Hlm. 55
Sudarma, Momon. 2008. Sosiologi Untuk Kesehatan. Salemba Medika: Jakarta
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharto, Edi. 2014. Analisis Kebijakan Publik Panduan Praktis Mengkaji Masalah dan Kebijakan Sosial. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Djaenap Suma, M. Rusdi Maidin, Harifuddin Halim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.