Pelaksanaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Bagi Guru Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.35965/eco.v21i3.1245Keywords:
Pengembangan, Keprofesian Berkelanjutan, SDAbstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui: (1) Gambaran Pelaksanaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi guru Sekolah Dasar (2) Faktor pendukung dan penghambat dalam Pelaksanaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi guru Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi guru Sekolah Dasar melalui proses perencanaan program sepenuhnya dilaksanakan melalui forum Kelompok Kerja Guru. Pelaksanaan program dilakukan dengan keikutsertaan para guru dalam berbagai pelatihan, diimplementasikan ke dalam karya inovatif seperti media pembelajaran dan pembuatan video pembelajaran. Evaluasi program dilakukan dengan pembuatan evaluasi diri guru dan laporan yang terkait dengan program. (2) Faktor pendukung pelaksanaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan adalah kemudahan sumber informasi yang diperoleh dari berbagai pihak yang terpusat pada forum Kelompok Kerja Guru dan sikap antusiasme guru yang tinggi mengikuti program, dukungan kepala sekolah. Sedangkan faktor penghambat adalah belum adanya anggaran khusus yang disiapkan dalam pelaksanaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan , waktu guru yang terkadang bertabrakan dengan kegiatan lain, dan keterbatasan jaringan internet yang dimiliki untuk melaksanakan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan.
The purposes of the study are to discover: (1) an overview of the Implementation of Continuous Professional Development (PKB) for primary School Teachers (2) Supporting and inhibiting factors in the Implementation of Continuous Professional Development (PKB) for primary School Teachers. This type of research is qualitative research using descriptive methods. The results of the study reveal that (1) an Overview of the Implementation of Continuous Professional Development (PKB) for primary school teachers of planning the program PKB fully implemented through the forum of the KKG. The implementation of the program PKB carried out with the participation of teachers in various training then implemented into the innovative work as a medium of learning and the making of the video learning. Program evaluation of PKB is also done with the manufacture of self-evaluation and teacher reports. (2) the supporting Factors in the implementation of PKB among them is the ease of the source of the information obtained from the various parties centralized on the forum of KKG and the attitude of the enthusiasm teachers is high when received information associated with the PKB, especially the support provided by head master of the school. While the inhibiting factors are not yet available funds, time teacher sometimes located in other activities, and the limitations of the internet network for PKB activities.
Downloads
References
Aini. (2018). Model Pengembangan PKB Guru Di SMK Provinsi DKI Jakarta. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 2(1).
Dirjen PMPTK. (2010). Pedoman Pengelolaan Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan (PKB). Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia.
Indonesia, P. R. (2003). Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.
Kastawati, & Nurkolis, S. (2019). Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. Kelola Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(2).
Maksum. (2015). Pelaksanaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru Kelas SD Negeri 2 Tarakan. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 3(1).
Moleong, J. . (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Mulyono. (2020). Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Bagi Guru dan Kepala Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2).
Nainggolan, W. .(2018). Pengaruh On The Job Training Dan Off The Job Training Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Administrasi Sekolah, 6(3).
Sunuharyo. (2018). Asesmen Kebutuhan Pengembangan Profesionalisme Guru SMK. Jurnal Pendidikan Humaniora, 1(1).
Suyanto, & Jihad, A. (2018). Menjadi Guru Profesional (Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global. Esensi Erlangga Group.
Tatang M, A. (2010). Manajemen Pendidikan. UNY Press.
Waryono. (2018). Menjadi Guru Profesional melalui Penyusunan Karya Inovatif. Jurnal Administrasi Pendidikan, 1(3).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Syamsurijal Basri, Andi Nurochmah, K Syamsu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.