PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANGTUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR DI KOTA MAKASSAR

Authors

  • Fathimah Az.Zahra Nasiruddin Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bosowa
  • Syamsurijal Basri Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Tingkat Pendidikan Orangtua, Prestasi Belaja, Tingkat Pendidikan Orangtua, Prestasi Belaja

Abstract

Pengaruh Tingkat Pendidikan Orangtua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Kota Makassar Fathimah Az.Zahra Nasiruddin, Samsurijal Basri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh  tingkat pendidikan orang tua siswa terhadap prestasi belajar siswa Sekolah Dasar di Kota Makassar. Luaran yang diharapkan adalah perubahan pola pikir masyarakat akan pentingnya pendidikan dan prestasi belajar siswa dimasa yang akan datang. Jenis Penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan metode survey dengan pendekatan statistik dekriptif yang didesain dengan model cross section. Analisis data menggunakan regeresi linear sederhana dengan Y= 82,793 + 0,145X, Karena Fhitung = 4,147  lebih besar dari Ftabel  =  3,96 maka Ho ditolak, Uji korelasional pada nilai 0,227 yaitu hubungan bersifat lemah positif pengaruhnya hanya sebesar 5,1%. Dan hasil uji signifikansi  ternyata,   thitung = 2,036  > t tabel = 1,960  , maka Ho ditolak atau Ha diterima. Karena thitun lebih besar dari  t table  , dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan antara tingkat pendidikan orangtua dan prestasi siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Additional Files

Published

2018-09-06