Tingkat Kepuasan Konsumen Kebab Durian Pada Usaha Kebab Durian Ucok Di Kelurahan Lancirang Kecamatan Pitu Riawa Kabupaten Sidenreng Rappang

Authors

  • Nirwada Syamsu Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian, Peternakan dan Perikanan Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Nurhapsa Nurhapsa Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Peternakan Dan Perikanan, Universitas Muhammadiyah Parepare
  • A. Erna Sriwahyuningsih Prodi Pertanian Agribisnis Fakultas Pertanian, Peternakan Dan Perikanan Universitas Muhammadiyah Parepare

DOI:

https://doi.org/10.35965/eco.v22i1.1388

Keywords:

Tingkat Kepuasan, Franchise, Kebab Durian, Produk, Harga, Tempat, Tampilan Fisik

Abstract

Kebab Durian merupakan kreasi dari kebab daging yang berisian daging buah durian asli dan segar. Selain dinikmati aroma yang khas dan kelezatannya juga memiliki kandungan gizi yang relatif lengkap dibandingkan dengan buah-buahan lainnya. Kebab Durian ini diharapkan dapat membuat konsumen merasa puas. Tingkat kepuasan konsumen dapat menjadi faktor pendorong dan mengoptimalkan usaha yang dilakukan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Tingkat Kepuasan Konsumen Kebab Durian Pada Usaha Kebab Durian Ucok Kelurahan Lancirang Kecamatan Pitu Riawa Kabupaten Sidenreng Rappang dari segi faktor produk, harga, tempat/lokasi dan tampilan fisik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif, karena pelaksanaan data kualitatif diperoleh melalui wawancara, kuesioner, observasi, dan data kuantitatif didapatkan dalam bentuk angka yang dapat dianalisis dengan menggunakan rumus matematika, data yang digunakan data primer dan data sekunder. Terdapat 90 sampel dalam penelitian ini  kemudian diolah menggunakan Microsoft Excel dan dianalisis menggunakan teknik analisisis Skala Likert. Dari hasil penelitian ini diperoleh: 1) Sebanyak 4 sub variabel dalam tingkat kepuasan konsumen pada usaha kebab durian ucok. 2) Yang paling sesuai dengan kepuasan konsumen adalah sub variabel tampilan fisik dikarenakan warna gerai sudah sangat menarik, lampu yang memadai, WiFi dan WC tersedia, meja dan kursi tersedia banyak dan dekorasi/music yang nyaman.

Durian Kebabs are creations and meat kebabs that contain original and fresh Durian fruit flesh. Apart from enjoying the distinctive aroma and deliciousness, it also has a relatively complete nutritional content compared to other fruits. Kebab Durian is expected to make consumers feel satisfied. The level of customer satisfaction can be a driving factor and optimize the business carried out. The purpose of this study was to determine the level of consumer satisfaction of Durian Kebabs in Ucok Durian Kebab Business, Lancirang Village, Pitu Riawa District, Sidenreng Rappang Regency and in terms of product factors, price of place/location and physical appearance. This research uses quantitative and qualitative methods, because the implementation of qualitative data is obtained through interviews, questionnaires. observation, and quantitative data obtained in the form of numbers that can be analyzed using the mathematical formula of the data used. primary data and secondary data. There were 90 samples in this study which were then processed using Microsoft Excel and analyzed using the Likert Scale analysis technique. From the results of this study, it was obtained 1) A total of 4 sub-vanables in the level of consumer satisfaction in the Durian Ucok kebab business 2) The most appropriate with consumer satisfaction is the display sub-vanable physically because the color of the booth is very attractive, the lights are adequate, WiFi and WC are available, tables and chairs are available, and the decorations/music are comfortable.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. (2012). Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta

Chandra 2002, Strategi dan Program Pemasaran, Andi Offset, Yogyakarta.

Alma, Buchari dan Ratih Hurriyati 2008. Manajemen Corporate dan Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Zeithaml, Valarie A., Mary Jo Bitner dan Dwayned D. Gremler. (2006). Services Marketing. Integrating Customer Focus Across the Firm. 4th edition. International Edition. Singapore: McGraw-Hill.

Timpe, 2004. Dasar – Dasar Pemasaran dan Sumber Daya Manusia. Jakarta

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. CV

Downloads

Published

2022-04-30

Most read articles by the same author(s)