Preferensi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Beras Berdasarkan Kualitas Beras Medium Dan Premium Pada Pasar Tradisional Di Kota Makassar

Authors

  • Iskandar Hasan Program Studi Agribisnis Universitas Muslim Indonesia
  • Ida Rosida Program Studi Agribisnis Universitas Muslim Indonesia
  • Nurliani Nurliani Program Studi Agribisnis Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35965/eco.v22i2.1519

Keywords:

Beras, Kualitas Beras, Preferensi Konsumen, Keputusan Pembelian

Abstract

Setiap konsumen beras mempunyai preferensi masing-masing dalam menentukan beras yang akan dikonsumsi, hal itu dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti lingkungan budaya dan daya beli. Penelitian ini menjadi penting sebagai masukan bagi produsen dan pedagang dalam menyusun strategi menyediakan produk beras sesuai kebutuhan dan keinginan konsumen. Penelitian ini dilaksanakan pada pasar tradisional yaitu pasar Terong, pasar Pa’baeng-baeng, dan pasar Daya di Kota Makassar, pengambilan data berlangsung selama 4 bulan. Penentuan sampel menggunakan metode sensus Sampel konsumen menggunakan metode insidental, Analisis data menggunakan analisis Fishbein untuk mengukur preferensi konsumen. Hasil penelitian bahwa karakteristik konsumen beras pada pasar tradisional di Kota Makassar  adalah konsumen dengan rata-rata umur 38 tahun, jenis kelamin perempuan, tingkat pendidikan SMA, pekerjaan ibu rumahtangga dengan rata-rata  pendapatan Rp 2.770.000/bulan. Atribut beras yang disukai oleh konsumen adalah beras yang mempunyai tekstur dengan butir utuh, memiliki warna yang putih merata, membeli beras tanpa kemasan (beras curah), memiliki rasa nasi yang pulen dan beraroma saat menjadi nasi. Preferensi konsumen terhadap atribut beras yang paling dipertimbangkan saat membeli beras berturut-turut adalah tekstur beras, rasa nasi, aroma nasi, warna beras, dan kemasan/merek beras. Atribut tekstur beras, merupakan atribut yang paling dipertimbangkan oleh konsumen dalam keputusan pembelian beras.

Each rice consumer has their own preferences in determining the rice to be consumed, it can be influenced by various factors such as the cultural environment and purchasing power.  This research is important as input for producers and traders in formulating strategies to provide rice products according to consumer needs and desires.  This research was conducted in traditional markets, namely eggplant market, Pa'baeng-baeng market, and Daya market in Makassar City, data collection lasted for 4 months.  Determination of the sample using the census method Consumer samples using the incidental method, data analysis using Fishbein analysis to measure consumer preferences.  The results showed that the characteristics of consumers of rice in traditional markets in Makassar City were consumers with an average age of 38 years, female gender, high school education level, occupation of housewives with an average income of Rp. 2,770,000/month.  The rice attributes favored by consumers are rice that has a texture with whole grains, has an evenly white color, buys unpackaged rice (bundled rice), has a fluffier taste and is aromatic when it becomes rice.  The consumer preferences for rice attributes that are most considered when buying rice are rice texture, rice taste, rice aroma, rice color, and rice packaging/brand.  The rice texture attribute is the attribute most considered by consumers in their rice purchasing decisions.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amanda. 2016. Analisis Preferensi dan Pengaruh Karakteristik Konsumen Terhadap Jumlah Konsumsi Beras di Kecamatan Medan Deli. Journal On Social Economic of Agriculture and Agribusiness. Vol. 5, No. 7.

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Direktorat Pelaporan dan Statistik. 2013. Profil Hasil Pendataan Keluarga 2012. Jakarta

Badan Pusat Statistik. Kajian Konsumsi Bahan Pokok Tahun 2018. BPS, Jakarta. 2019. 28p

Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Selatan. 2015. Lumbung Pangan Nasional. Sulawesi Selatan : Badan Pusat Statistik.

Engel JF, Roger DB, Paul WM. 1995.Perilaku Konsumen. Edisi-6 Jilid-2. Jakarta.

Kotler P, G Amstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran (Principles of Marketing) Jilid-1. Edisi-12. Jakarta: PT. Prenhallindo, 9p. 47p

Kotler, Philip & Garry Armstrong. 2012.Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta : Erlangga. 30p.

Kotler dan Keller. 2007.Manajemen Pemasaran Edisi kesebelas Jilid 2, Indeks, Jakarta.

Peraturan Menteri Pertanian Republik Indonesia. 2017. Kelas Mutu Beras. No. 31/PERMENTAN/PP.130/8/2017. Jakarta.

Rita Nurmalina, Endang Pudji Astuti. 2012 Analisis Preferensi dan Kepuasan Konsumen terhadap Beras. Jurnal Sains dan Terapan. Edisi-1 Vol-1(1) : 42-48.

Setyaningsih. 2007 Analisis Faktor-Faktor yang mempengaruhi Ekuitas Merek Untuk Meningkatkan Minat Beli Ulang. Jurnal Studi Managemen & Organisasi Uniuversitas Diponegoro Semarang. Vol. 4, No. 2: 30-35.

Sumarwan, Ujang. 2004. Perilaku Konsumen (Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran). Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Yunita. 2019. Preferensi Konsumen terhadap Tingkat Kepentingan Atribut Beras dan Konsumsi Beras Rumah Tangga dengan Pendapatan yang Berbeda di Kota Palembang. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian Vol. 12. No.3. November

Downloads

Published

2022-08-30

Most read articles by the same author(s)