Kajian Sistem Informasi Manajemen Terhadap Kinerja Pegawai Melalui Efektivitas Kerja Pada Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman Dan Pertanahan Provinsi Sulawesi Selatan

Authors

  • Lukman Setiawan Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Bosowa
  • Yusran Paris Program Studi Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Makassar Maju

DOI:

https://doi.org/10.35965/eco.v22i2.1520

Keywords:

Sistem Informasi Manajemen, Efektivitas Kerja, Kinerja

Abstract

Sistem Informasi Manajemen adalah suatu sistem perencanaan di dalam perusahaan yang melibatkan pengendalian internal seperti pemanfaatan sumber daya, dokumen, teknologi, dan akuntansi manajemen sebagai salah satu strategi dalam bisnis. Penelitian ini menggunakan systemtic review untuk mengkaji berbagai tinjauan terhadap pertanyaan yang dirumuskan dengan jelas yang menggunakan meteode sistematis dan eksplisit untuk mengidentifikasi, memilih, dan menilai secara kritis penelitian yang relevan, dan untuk mengumpulkan dan menganalisis data dari studi yang dimasukkan dalam ulasan. Data dperoleh dari 59 referensi yang relevan dengan kajian system informasi manajemen. Hasil penelitian di atas, tampak bahwa Faktor Kualitas Informasi untuk Sistem Informasi Manajemen tidak sesuai dengan tuntutan yang dibutuhkan untuk peningkatan Efektivitas Kerja Pegawai pada Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Provinsi Sulawesi Selatan, dan Faktor Penggunaan sangat bermakna bagi peningkatan Efektivitas Kerja Pegawai di Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Provinsi Sulawesi Selatan.

Management Information System is a planning system within the company that involves internal control such as the utilization of resources, documents, technology, and management accounting as one of the strategies in business. This study used a systematic review to review reviews of clearly formulated questions that used explicit and systematic methods to identify, select, and critically assess relevant research, and to collect and analyze data from the studies included in the review. Data obtained from 59 references relevant to the study of management information systems. The results of the research above, it appears that the Information Quality Factor for Management Information Systems is not in accordance with the demands needed to increase the Work Effectiveness of Employees at the Housing, Settlement and Land Office of South Sulawesi Province, and the Use Factor is very meaningful for increasing the Work Effectiveness of Employees at the Housing Office. Residential and Land Areas of South Sulawesi Province.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Atmosudirdjo. 2012. Sistem Informasi Manajemen. Jakarta : STIA-Lembaga Administrasi Niaga Press.

Bangun, Wilson. 2008. Intisari Manajemen. PT Refika Aditama. Bandung.

Halim, Abdul. 2014. Teori, Konsep, dan Aplikasi Akuntan Sektor Publik. Jakarta: Salemba Empat.

M, Mitami Dian, 2013. Analisis Penerapan Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA) Keuangan pada Pemerintah Daerah Kabupaten Pangkep. Skripsi pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin Makasar.

Mcleod, Raymod.2010.Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Salemba Empat.

Mohune, Cipmawati. 2013. Pwngaruh Penerapan Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA) terhadap Kualitas Laporan Keuangan. Skripsi. Gorontalo.

Permadi, Angga Dwi. 2013. “Pengaruh Penerapan Sistem Akuntansi Keuangan Pemerintah Daerah Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah”. Skripsi pada Fakultas Ekonomi Universitas Widyatama Bandung.

O’Briend, 2003. Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Salemba Empat.

Ridwan. 2009. Pengaruh Penerapan Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA) Keuangan terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Indramayu. Bandung. Fakultas Ekonomi Universitas Padjajaran.

Downloads

Published

2022-08-30