Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Melalui Konsep Belajar Sepanjang Hayat Pada Siswa SMPN Satap di Desa Kendekan Walenrang Timur

Authors

  • Chece Djafar Program Studi Bahasa Indonesia Universitas Andi Djemma
  • Irayanti Nur Program Studi Hukum Universitas Andi Djemma Palopo
  • Arini Lestari Aris Program Studi Ekonomi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Andi Djemma Palopo

DOI:

https://doi.org/10.35965/eco.v23i2.2832

Keywords:

Gerakan, Literasi, Sekolah

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk penerapan GLS dengan berapa langkah yang telah disusun sesuai dengan kondisi dan kekurangan yang ada di sekolah tersebut, guna mencapai tujuan pembelajaran dan peningkatan kualitas peserta didik dan tenaga kepandidikannya. Penelitian ini mengguanakan analisis deskriptif kualitatif, dengan metode pengumpulan data wawancara, dokumentasi, memgambil beberapa literature sumber data lainnya. Hasil penelitian ini yaitu kegiatan GLS berjalan efektif dan bereksinambungan, tentunya dengan adanya keterlibatan berbagai pihak yang ada di lingkungan sekolah. Harapan dan sarannya adalah perlunya perhatian serius dari pemerintah terhadap sekolah yang jauh dari kota (di desa), akses menuju sekolah hendaknya mendapat perhatian perbaikan, sehingga sarana dan prasarana pendidikan bisa merata di semua bidang dan lokasi

This study aims to describe the form of School Literacy Movement (SLM) implementation with how many steps have been prepared according to the conditions and shortcomings in the school, to achieve learning objectives and improve the quality of students and their teaching staff. This study uses qualitative descriptive analysis, with methods of collecting interview data, documentation, taking several other data source literature. The result of this research is that School Literacy Movement  (SLM) activities run effectively and sustainably, of course, with the involvement of various parties in the school environment. The hope and suggestion is the need for serious attention from the government to schools that are far from the city (in villages), access to schools should receive attention to improvement so that educational facilities and infrastructure can be evenly distributed in all fields and locations

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azimah, R., & Kurniaman, O. (2019). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah dalam Pembelajaran di Kelas Tinggi. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 3(4), 934-947.

Azmi, N. (2019). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di MI Negeri Kota Semarang Tahun Ajaran 2018/2019. Universitas Tarbiyah Dan Keguruan.

Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2018). Implementasi program gerakan literasi sekolah di sekolah dasar negeri gugus sungai miai banjarmasin. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(1), 15-29.

Fussalam, Y. E. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 (K13) SMP Negeri 2 Sarolangun. Jurnal Muara Pendidikan, 3(1), 45-55.

Maulida, M. (2020). Teknik Pengumpulan Data Dalam Metodologi Penelitian. Darussalam, 21(2).

Muslim, I. F., & Salsabila, F. (2021). Gerakan Literasi Di Kalangan Mahasiswa Sebagai Pengaruh Pembelajaran Daring (Online). Research and Development Journal Of Education, 7(2), 424-433.

Noor, J. (2011). Meteode Penelitian. Jakarta: Kencana.

Retnaningdyah, P. (2022). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di sekolah menengah pertama. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Setyarum, A., & Kustriyono, E. (2020). Menumbuhkan Gerakan Literasi Mahasiswa (GLM) dengan Metode Batik (Baca, Tulis, Karya) di Universitas Pekalongan. Parafrasa: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran, 2(1).

Urfaupratiwi, A., Dahlan, D., Sumardi, L., & Zubair, M. (2022). Dampak Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Karakter Mandiri Siswa: Studi di SMPN 15 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3c), 1991-1996.

Wedasuwari, I. A. M. (2020). Penerapan Gerakan Literasi Sekolah di SMP Dharma Praja. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 8(1), 122- 128.

Widayoko, A., & Muhardjito, M. (2018). Analisis program implementasi gerakan literasi sekolah (GLS) dengan pendekatan goal-based evaluation. Jurnal Tatsqif, 16(1), 78-92.

Yuliani, W. (2018). Metode penelitian deskriptif kualitatif dalam perspektif bimbingan dan konseling. Quanta, 2(2), 83-91.

Downloads

Published

2023-08-30