Optimalisasi Evaluasi Program Sistem Informasi Akademik Berbasis Model Responsive-Countenance Di Perguruan Tinggi
DOI:
https://doi.org/10.35965/eco.v25i2.6711Keywords:
Evaluasi Program, Siakad, Model Responsive-CountenanceAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan perguruan tinggi dalam mengoptimalkan evaluasi program Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) yang selama ini belum sepenuhnya responsif terhadap kebutuhan pengguna dan pemangku kepentingan. Tujuan penelitian adalah untuk mengevaluasi pelaksanaan program SIAKAD menggunakan model Responsive-Countenance yang menitikberatkan pada aspek konteks (antecedents), proses (transactions), dan hasil (outcomes) secara menyeluruh dan adaptif. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, melibatkan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa SIAKAD telah memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan efisiensi layanan akademik, namun masih terdapat kendala pada infrastruktur teknologi, pelatihan pengguna, dan responsivitas layanan Helpdesk yang perlu diperbaiki. Model Responsive-Countenance terbukti efektif dalam mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan program secara kontekstual dan memberikan gambaran yang komprehensif bagi pengambilan keputusan. Berdasarkan temuan tersebut, direkomendasikan peningkatan fasilitas teknologi, pelatihan berkelanjutan, serta penguatan komunikasi antara pengelola sistem dan pengguna. Penelitian ini memiliki keterbatasan pada cakupan data yang terbatas pada satu perguruan tinggi dan dominasi data kualitatif, sehingga disarankan penelitian lanjutan dengan cakupan lebih luas dan metode campuran untuk hasil yang lebih generalisasi. Temuan ini diharapkan dapat menjadi dasar pengembangan evaluasi program SIAKAD yang lebih responsif dan efektif di masa depan.
How This study is driven by the necessity for higher education institutions to optimize the evaluation of the Academic Information System (SIAKAD), which has not yet fully addressed the needs of its users and stakeholders. The aim of this study is to evaluate the implementation of the SIAKAD program using the Responsive-Countenance model, which emphasizes contextual aspects (antecedents), processes (transactions), and outcomes in a comprehensive and adaptive manner. A qualitative method with a case study approach was employed, utilizing interviews, observations, and documentation for data collection. The evaluation findings reveal that SIAKAD has contributed positively to enhancing the efficiency of academic services; however, challenges remain in terms of technological infrastructure, user training, and Helpdesk responsiveness. The Responsive-Countenance model has proven effective in identifying contextual strengths and weaknesses, offering a comprehensive framework for informed decision-making. Recommendations include the enhancement of technological facilities, continuous user training, and improved communication between system administrators and users. This study is limited by its focus on a single university and the predominance of qualitative data. Therefore, future research should adopt a broader scope and utilize mixed methods to achieve more generalizable results. These findings are expected to serve as a foundation for developing a more responsive and effective evaluation approach for the SIAKAD program.
Downloads
References
Adolph, R. (2016). Evaluasi Sistem Informasi Akademik Menggunakan Cobit 5 Domain MEA. 1–23.
Arifin, Z. (2010). Model-Model Evaluasi Program. Arifin, Z. (2010). Model-Model Evaluasi Program. Makalah (Pdf). Jurusan Kurikulum Dan Teknologi Pendidikan. Ilmu Pendidikan. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.
Bendriyanti, R. P., & Dewi, C. (2015). Model “Countenance Stake” Dalam Evaluasi Pembelajaran Bahasa Inggris Di Perguruan Tinggi. Academia Accelerating the World’s Research, 2. https://www.academia.edu/82911678
Bhakti, Y. B., Tola, B., & Triana, D. D. (2022). Aitpo (Antecedent, Input, Transaction, Product, Outcomes): Mixed Model Evaluasi Cipp Dan Countenace Sebagai Pendekatan Evaluasi Program Kampus Mengajar. Juhu, 3(1), 11–24. https://doi.org/10.56806/jh.v3i1.61
Dunn, A. M., Hofmann, O. S., Waters, B., & Witchel, E. (2011). Cloaking malware with the trusted platform module. In Proceedings of the 20th USENIX Security Symposium (pp. 395–410).
Haddade, H., Widodo, S., & Rasyid, N. A. M. (2023). Penerapan Model Evaluasi Countenance pada Program Penilaian Kinerja Kepala Sekolah di Halmahera Selatan. Jurnal Al-Qiyam, 4(2), 48–61. http://ojs.staialfurqan.ac.id/alqiyam
Ismail, I. H., Jamaluddin, N. E., M.N.Jamalia, Sarinah, & St.Syamsudhdhuha. (2023). Penerapan model countenance stake pada evaluasi program pembelajaran jarak jauh dan kaitannya dengan pendidikan karakter. Journal Of Social Science Research, 3(3), 11244–11258.
Kusumawati, P. R. D. (2020). Evaluasi Pembelajaran IPA Model Discovery Learning Menggunakan Model Countenance Stake. Literasi (Jurnal Ilmu Pendidikan), 11(1), 20. https://doi.org/10.21927/literasi.2020.11(1).20-31
Lestari, A., Nurkhalis, & Achmad. (2023). Manajemen Evaluasi Model Countennce Stake Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 2 Lempuing Ogan Komering Ilir Tahun Pelajaran 2022/ 2023. Unisan Jurnal: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan, 2(1), 709–721. https://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/1140/568
Melgis, S. A. (2023).… Akademik (Siakad) Menggunakan Model Delone and Maclean Is Success Model (Studi Kasus: Institut Agama Islam Nusantara …. https://repository.unja.ac.id/57829/
Nuha, U. (2021). Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab Secara Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di MAN 3 Sleman Dengan Model Countenance Stake. Pharmacognosy Magazine, 75(17), 399-405.
Nurgas, I. H., Nur, M., Rasyid, A., & Mania, S. (2025). Evaluasi Program Komunitas Belajar Guru dengan Pendekatan Responsive Model. 14(1), 901-914.
Purwati, E., & Arifin, Z. (2024). Curricula: Journal of Curriculum Development Evaluative study of the Kurikulum Merdeka learning system in Bandung Private Elementary Schools. Curricula: Journal of Curriculum Development, 3(1), 167–182. https://doi.org/10.17509/curricula.v2i2.58991https://ejournal.upi.edu/index.php/CURRICULA/
Putra, D. (2023). Evaluasi Pembelajaran Daring Menggunakan Model Countenance Stake di Prodi Tadris Biologi Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin Jambi. Educational Journal of the Emerging World (EJEW), 2(1), 47-57.
Rama, A., Ambiyar, A., Rizal, F., Jalinus, N., Waskito, W., & Wulansari, R. E. (2023). Konsep model evaluasi context, input, process dan product (CIPP) di sekolah menengah kejuruan. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 8(1), 82. https://doi.org/10.29210/30032976000
Rohma, A. N. (2023). Evaluasi Siakad (Sistem Informasi Akademik) Terhadap Tingkat Layanan Akademik Mahasiswa Prodi Manajemen Pendidikan Islam Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universit.
Safardan, E. F. (2016). Evaluasi Program Akselerasi Mutu Sekolah Berwawasan Internasional (PAMS-BWI) Di LPMP Jawa Barat (Penerapan Model Evaluasi Countenance Stake). vi–vii.
Saman S, M. (2018). Evaluasi model countenance pada mata pelajaran PAI. 6–23.
Setyowati, K., Chamidy, T., & Muhammad, F. (2024). Analysis of Academic Information System Using Information System Success Model and System Quality Model Case Study of Institut Teknologi Nasional Malang. Trans. Informatics Data Sci., 1(1), 33–44. https://doi.org/10.24090/tids.v1i1.12234
Sunjono. (2023). Penerapan Model Countenance Stake sebagai Alat Evaluasidalam Meningkatkan Kinerja Organisasi. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(2), 9278–9288. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/1503/1095
Triwiyanto, T., Arafik, M., Pramono, & Nurabadi, A. (2023). Evaluasi Program Sistem Manajemen Sekolah Dasar Menggunakan Model Countenance Stake. JAMP: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 6(2), 143–151.
Umatin, B., & Fikriyah, K. (2021). Implementasi Program Pemberdayaan Ekonomi Pada BAZNAS Kabupaten Jombang Bagi Masyarakat Kecamatan Bandarkedungmulyo. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 4(2), 188–199. https://doi.org/10.26740/jekobi.v4n2.p188-199
Usman, D. (2023). Evaluasi Program Pendekatan Responsive Evaluation Model Terhadap Madrasah Man Model. Darul Ulum : Jurnal Ilmiah Keagamaan, Pendidikan Dan Kemasyarakatan, 14(1), 106-124. https://doi.org/10.62815/darululum.v14i1.130
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Chece Djafar, Sitti Mania, Muhammad Nur Akbar Rasyid

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.










