Analisis Penerapan Manajemen Sekolah Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi

Authors

  • Burhan Burhan Program Studi Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan dan Sastra Universitas Bosowa
  • Nurwidyayanti Nurwidyayanti Program Studi Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan dan Sastra Universitas Bosowa
  • Andi Irwandi Program Studi Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan dan Sastra Universitas Bosowa
  • Nadra Fakhirah Shaleh Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Ilmu Pendidikan dan Sastra Universitas Bosowa
  • Krisdayanty Pabulo Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Pendidikan dan Sastra Universitas Bosowa
  • Sri Rahmadhanningsih Lembaga Pendidikan Permata Bunda

DOI:

https://doi.org/10.35965/eco.v23i2.2889

Keywords:

Manajemen Sekolah, Teknologi Informasi dan Komunikasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan teknologi dalam pendidikan, seperti kualitas pembelajaran, dampak teknologi terhadap kinerja sekolah, dan peran manajemen sekolah dalam penerapan teknologi. Temuan penelitian ini dapat membantu menginformasikan pengembangan metode dan strategi pengajaran yang efektif untuk menerapkan teknologi dalam pendidikan. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknologi dalam pendidikan dapat mengarah pada peningkatan efisiensi, efektivitas, dan efektivitas dalam proses belajar mengajar. Penerapan TIK di lembaga pendidikan dapat mengarah pada hasil belajar yang lebih baik, komunikasi yang lebih baik, dan hasil belajar siswa yang lebih baik. Penerapan TIK dalam administrasi pendidikan dapat memberikan banyak manfaat, seperti peningkatan efisiensi dan efektivitas. Penerapan TIK di lembaga pendidikan dapat dikategorikan menjadi tiga jenis: online, offline, dan e-learning. TIK Online mengacu pada penggunaan komputer atau platform untuk pembelajaran online, sedangkan TIK offline melibatkan penggunaan komputer atau situs web untuk pembelajaran offline.

As a developing region, Aimas District as the capital of the Sorong Regency area has challenges regarding the problem of inequality and inequality in the development of socio-economic facilities, so that determining the level of urban areas as well as areas with potential as a center for the development of socio-economic facilities is important to do. The purpose of this study is to determine the level of regional urbanization and regional hierarchy in Aimas District. The method used is to collect primary data and secondary data to then be analyzed using the Regulation of the Head of the Central Statistics Agency (BPS) in 2020 and scalogram analysis. Based on the calculation results, it is stated that the Aimas District area is divided into two groups at the urban level, namely Mariat Gunung District, Klafma District, Aimas District, Malawili District, Malagusa District, Malawele District, Malasom District, Mariat Gunung District, Klabinain District and Maibo Village as Urban Villages. Then the Warmon District, Aimo Village, Malasaum Village and Klaigit District as Rural Villages. Then from the results of the scalogram analysis, it is stated that Malagusa District is a service center and has the potential to be a center for the development of socio-economic facilities in Aimas District. The results of the research can be taken into consideration by the government in determining the direction of development and development in Aimas District.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agung, A., Amin, B. D., Yani, A., & Swandi, A. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis E-Learning Mata Kuliah Fisika Dasar pada Jurusan Biologi FMIPA UNM. Indonesian Journal of Educational Studies Vol, 21(2).

Apdelmi, A., & Idrus, A. (2017). Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Dalam Layanan Administrasi Akademik Bagi Guru dan Staf Administrasi SMPN 21 Batanghari. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 1(1), 28–34.

Arsyad, S. N., Swandi, A., Asdar, A., Rahmadhanningsih, S., Rachim, A., & Burhan, B. (2022). Adaptasi Iptek dan Kepakaran melalui Pelatihan Pembuatan Aplikasi Pembelajaran Interaktif. Tongkonan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 19-27.

Arsyad, S. N., Runniarsiti, R., Swandi, A., Fauzan, A., Viridi, S., Burhan, B., & Rahmadhanningsih, S. (2023). Uji Coba Gim Edukasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 6(1), 47-54.

Arsyad, S. N., Swandi, A., Devi, Y. N., Rahmadhanningsih, S., Fauzan, A., & Fansury, A. H. (2022). Uji Praktikalitas Pembelajaran Berbasis Gim Edukasi Menggunakan Gdevelop Pada Mata Pelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Klasikal: Journal Of Education, Language Teaching And Science, 4(3), 785-794.

Asdar, A., Arsyad, S. N., Rahmadhanningsih, S., & Swandi, A. (2022). Pengembangan Website Pembelajaran Menggunakan Model Gold Standard Project Based Learning. Klasikal: Journal Of Education, Language Teaching And Science, 4(1), 32-39.

Azis, A. (2018). Implementasi Manajemen Pendidikan Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di SMA di Kabupaten Sumenep.

Budiman, H. (2017). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31.

Elyas, A. H. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran E-Learning Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran.

Farhan, F., & Biran, M. (2022). Perspektif teori holland dalam pemilihan karir siswa SMA di era teknologi informasi. Jurnal Education: Jurnal Pendidikan Indonesia, 8(1), 9

Hamid, A. (2019). Penerapan Teknik “Apa” untuk Meningkatkan Kemampuan Tenaga Administrasi Sekolah Dalam Menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi. 34.

Hartanto. (2016). Penggunaan e-learning sebagai media pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, 10(1).

Idrus, A. (2014). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Layanan Administrasi Akademik Terhadap Peningkatan Kinerja di SMA Negeri Kota Jambi. 4(2).

Lestari, P. (2017). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan Di Smk Negeri Karangpucung Kabupaten Cilacap. Administrasi Pendidikan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pascasarjana, 5(1), 61-68.

Muhaimin Hasanudin; Indrianto; Denny Andwiyan. (2018). Rancang Bangun Sistem Electronic Complaint Siswa Berbasis Web Di SMA Negeri 3 Pandeglang Menggunakan Metode Waterfall:. PETIR, 11(1), 25–30.

Muhammad Rusli, M. T., Hermawan, D., & Supuwiningsih, N. N. (2020). Memahami E-learning: Konsep, Teknologi, dan Arah Perkembangan. Penerbit Andi.

Palloan, P., & Swandi, A. (2019, February). Development of learning instrument of active learning strategy integrated with computer simulation in physics teaching and learning on makassar state university. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1157, No. 3, p. 032016). IOP Publishing.

Pitoyo, E. S. H., & Kuswinardi, W. (t.t.). (2020). Analisis Dan Pengembangan Sistem Informsi Pendaftaran Siswa Baru Menggunakan Metode Waterfall.

Priyatin, H., & Septiana, L. (2021). Perancangan Aplikasi Website E-Learning Menggunakan Model Spiral Pada SMP Diponegoro 1 Purwokerto. Jurnal Aplikasi Teknologi Informasi dan Manajemen (JATIM), 2(2), 56–64.

Rahmadhanningsih, S., Swandi, A., Nurhayati, N., Arsyad, S. N., Asdar, A., Amin, B. D., & Viridi, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio-Visual Pada Materi Sistem Kordinat Bola dan Silinder. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 6(2), 105-110.

Safira, I., Wahid, A., Rahmadhanningsih, S., Nurhayati, N., Suryadi, A., & Swandi, A. (2021). The Relationship between Students’ Learning Motivation and Learning Outcomes through Guided Discovery Model Assisted Video and Interactive Simulation. Jurnal Pendidikan Fisika, 9(2), 145-153.

Sagala, J. R. (2018). Model Rapid Application Development (RAD) Dalam Pengembangan Sistem Informasi Penjadwalan Belajar Mengajar. 2(1).

Sari, S. A., Pasha, D., & Priandika, A. T. (2021). Sistem Informasi Sekolah dan Registrasi Online untuk Penerimaan Siswa Baru Pada SMK Yadika Natar. 2(1).

Setiyadi, B., Pratama, R., & Sofwan, M. (2021). Pelatihan Pengelolaan Organisasi Sekolah Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1).

Swandi, A., & Rahmadhanningsih, S. (2021). Pelatihan Pembuatan Perangkat Pembelajaran Berbasis Laboratorium Virtual dan Blended Learning untuk Guru IPA di SMA Islam Athirah 1 Makassar. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(6), 1231-1240.

Swandi, A., Amin, B. D., Viridi, S., & Eljabbar, F. D. (2020, April). Harnessing technology-enabled active learning simulations (TEALSim) on modern physics concept. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1521, No. 2, p. 022004). IOP Publishing.

Swandi, A., Rahmadhanningsih, S., Arsyad, S. N., & Asdar, A. (2022). Peningkatan Keterampilan Penggunaan Learning Management System Menggunakan Moodle Gnomio untuk Tenaga Pengajar di Lembaga Pendidikan Permata Bunda. Tongkonan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1-9.

Suradji, M. (2018). Pengembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Bidang Kesiswaan, Kepegawaian Dan Keuangan Di Sma Muhammadiyah 1 Gresik. TA’LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1(2), 347–371.

Triwiyono, D. A., & Meirawan, D. (2017). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Akademik Berbasis Teknologi Informasi di Sekolah Dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan, 10(1).

Downloads

Published

2023-08-30

Most read articles by the same author(s)