Model Center For The Study of Evaluation–University of California, Los Angeles Dalam Evaluasi Program Pembelajaran Al-Quran Dengan Metode Ummi di SDIT Azzahrah Gowa

Authors

  • Jusniati H Jusniati Program Studi Pendidikan Agama Islam, STIT DDI Pasangkayu
  • Muhammad Nur Akbar Rasyid Program Studi Bahasa dan Sastra Inggris, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Sitti Mania Program Studi Bahasa dan Sastra Inggris, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

DOI:

https://doi.org/10.35965/eco.v25i2.6709

Keywords:

Evaluasi Program, Model CSE-UCLA, Metode UMMI, Pembelajaran Al-qur’an

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menilai efektivitas Program Pembelajaran Al-qur’an yang diterapkan dengan metode UMMI di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Azzahrah Gowa, dengan menggunakan model evaluasi CSE-UCLA (Center for the Study of Evaluation–University of California, Los Angeles). Hasil evaluasi menunjukkan bahwa: (1) system assessment menunjukkan adanya kebutuhan dan dukungan kuat terhadap penguasaan baca tulis Al-qur’an sejak dini; (2) dari sisi program planning, Ustad/Ustadzah telah mendapatkan pelatihan sertifikasi metode UMMI dan sarana pendukung tersedia cukup memadai; (3) program implementation pembelajaran berjalan sesuai dengan standar operasional metode UMMI, meskipun masih terdapat tantangan dalam hal konsistensi pelaksanaan; dan (4) dari segi program improvement, terdapat peningkatan signifikan dalam kemampuan membaca Al-qur’an peserta didik secara tartil dan sesuai makhraj. (5) pada program certification dari segi kualitas telah teruji sesuai visi dan misi Ummi foundation, dan dampak terlihat dari hasil akhir peserta didik sesuai target tingkatan level rendah dan level tinggi.

Study This aim For evaluate the effectiveness of the implemented Al - Quran Learning Program with UMMI method at Azzahrah Integrated Islamic Elementary School (SDIT) Gowa, with using the CSE-UCLA (Center for the Study of Evaluation–University of California, Los Angeles) evaluation model. Data collection is carried out through observation, interviews, distribution questionnaire, and studies documentation. Evaluation results show that : (1) assessment system show existence needs and support strong to mastery read write the Qur'an since early ; (2) from side program planning , Ustad/ Ustadzah has get training certification UMMI methods and facilities supporters available Enough adequate ; (3) program implementation learning walk in accordance with standard operational UMMI method , although Still there is challenge in matter consistency implementation ; and (4) of aspect improvement program , there is improvement significant in ability Reciting Al- Qur'an participant educate in a way tartil and appropriate makhraj . (5) in the certification program from aspect quality has tested in accordance Ummi Foundation's vision and mission, and impact seen from results end participant educate according to the target levels of low and high levels.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ainun, Siti. (2022). “Implementasi Metode Ummi di SDIT Nurul Fikri Makassar.” Jurnal Pendidikan Al-qur’an, 6(1), 71–82.

Abdurrahman, A., Ainal, M., Sholehudin, S., Taufiki, A., & Rizkiyanto, R. (2023). Pelatihan membaca al-quran dengan menggunakan metode ummi di TPQ Miftahul Ulum Krucil Probolinggo. Khidmah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 76–82.

Adelliani, N., Sucirahayu, C. A., & Zanjabila, A. R. (2023). Analisis Tematik pada Penelitian Kualitatif. Penerbit Salemba.

Alkin, M. C. (2012). Evaluation roots: A wider perspective of theorists’ views and influences. Sage Publications.

Divayana, D. G. H., Kom, S., & Kom, M. (2018). Evaluasi Program. PT. RajaGrafindo Persada.

Fahmi, A. A. (2024). Implementasi Metode Ummi Sebagai Upaya Motivasi Menghafal dan Membaca Tartil Al-Qur’an Pada Peserta Didik di SD Islam Cahaya Ilmu Pedurungan Kota Semarang. Universitas Islam Indonesia.

Fathir, F. (2023). Analisis sentimen artikel berita pemilu berbasis metode klasifikasi. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Fernanda, M. U. H. (2022). Penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini berjumlah lima orang informan yang terdiri dari ketua, bendahara dan tiga anggota. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawanca.

Hamdiyah, A. B., Shobaruddin, H., & Nurhayatin, T. (2024). Pengaruh Penerapan Metode UMMI Terhadap Kemampuan Membaca Al-qur’an Pada Siswa Di MTs Al Hidayah Sumbakeling Pancalang Kabupaten Kuningan. Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman UNISA Kuningan, 5(2), 108–114.

Hidayati, A., Sholeh, M., Fitriani, D., Isratulhasanah, P., Marwiyah, S., Rizkia, N. P., Fitria, D., & Sembiring, A. (2024). Analisis faktor penyebab rendahnya kemampuan literasi siswa sekolah dasar. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(1), 75–80.

Husnullail, M., & Jailani, M. S. (2024). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data dalam Riset Ilmiah. Jurnal Genta Mulia, 15(2), 70–78.

Iryani, J., & Mania, Sitti Hania, Rasyid, M. N. A. (2024). Evaluasi Pelaksanaan Program Bleanded Learning pada Mata Kuliah Komunikasi Data Menggunakan Model Evaluasi Cse-Ucla. 7(4), 327–337.

Ismail, Rasyid, M. N. A. (2023). Evaluasi Program Baca Tulis Al-Qur’an Menggunakan Model Cipp Di Tpq Al Anwar Pasir Panjang Mempawah Timur. Tsurayya Jurnal Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Agama Islam Mempawah, 2(2), 49–65.

Ismuningsih, I. (2022). Evaluasi Pengelolaan Paud Dengan Model Conteks, Input, Process, Product (CIPP) Di Kapanewon Kalasan Kaputen Sleman. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

Khalda, N. J. (2025a). Evaluasi Program Pembelajaran Al-Qur’an Metode Ummi di SDIT Kaifa Bogor. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Khalda, N. J. (2025b). Evaluasi program pembelajaran al-qur’an metode ummi di sdit kaifa bogor skripsi.

Khoiriah, B. H., Sutarto, S., & Wanto, D. (2023). Strategi Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Religius Bagi Peserta Didik Di Ra Tunas Literasi Qur’ani. Institut Agama Islam Negeri Curup.

Khumairoh, M. L. (2020). Implementasi pembelajaran baca Al-Qur’an dengan menggunakan metode Ummi untuk anak usia dini di TK Negeri Pembina 1 Malang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Kumalasari, V., & Maksum, M. N. R. (2024). Efektivitas Metode Ummi terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Membaca Al-Quran Siswa Sekolah Dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 81–91.

Kurniasari, S., Taib, R. H., Anggo, N. S., Hasani, S. N., Mursalin, M., Setiawan, D. G. E., & Habibi, M. A. A. (2024). Peran Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 5 dalam Upaya Meningkatkan Administrasi dan Adaptasi Teknologi. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 75–81.

Maghfiroh, M., Iryani, E., Haerudin, H., Yani, M. T., Zaini, N., & Mahfud, C. (2024). Promoting Green Pesantren: Change, Challenge and Contribution of Nahdlatul Ulama in Indonesia. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 409–435.

Malana, S. L., Rini, W. A., Ichwanto, R. M., Pisdon, Y. R., & Jo, S. A. (2024). Evaluasi Program Excellent Parenting Community Menggunakan Model CSE-UCLA. 3, 106–113.

Mujahidin, M. (2022). Efektivitas Metode Ummi Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur ‘An Peserta Didik Di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Ar Rahman Petukangan Utara, Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Institut PTIQ Jakarta.

Mustika, D. Y. (2023). Evaluasi Program Tilawatil Qur'an Di Pondok Pesantren Daarussa'adah Desa Banjar Sari Tanggamus. UIN Raden Intan Lampung.

Nasaruddin, N., Ilham, I., Nurdiniawati, N., & Alimudin, A. (2024). Pendampingan Dan Peran Tpq Untuk Meningkatkan Baca Al-Qur’an Di Dusun Soro Bali Desa Karampi. Taroa: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 29–41. https://doi.org/10.52266/taroa.v3i1.2522

Pattia, G., & Radjagukguk, D. L. (2020). Strategi Manajemen Redaksi Radar Depok. com Dalam Menghadapi Persaingan di Era Digitalisasi. Jurnal Populis, 5(9).

Risfaisal, Rasyid, M. N. A., Mania, S., & Hania. (2024). Evaluasi CSE-UCLA pada Studi Proses Pembelajaran Sosiologi Sebagai Penguatan Karakter Peserta Didik. Jurnal Kependidikan Media, 13, 95–104. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/media/article/view/14292%0Ahttps://journal.unismuh.ac.id/index.php/media/article/viewFile/14292/6848

Sari, P. S. (2025). Studi Evaluatif Berbasis Model CSE-UCLA Dalam Pelaksanaan Evaluasi PJBL Program MBKM Pada PS Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Jambi.

Sidik, F., Rasyid, M. N. A., & Mania, S. (2023). Evaluasi Program Praktik Lapangan Persekolahan dengan Menggunakan Model CSE-UCLA. Irfani (e-Journal), 19(2), 121–130.

Smith, J. L. (2001). Planning and implementation of certificate programs in pharmacy: A review of six programs in the literature. American Journal of Pharmaceutical Education, 65(2), 155–158.

Sutisna, E. (2023a). Evaluasi program tahfiz Al-Qur’an. Publica Indonesia Utama.

Sutisna, E. (2023b). Evaluasi Program Tahfizh Dalam Mengukur Keberhasilan Menghafal Al-Qur’an Di SMPIT Insan Mandiri Greenville Bekasi. Institut PTIQ Jakarta.

Suyasa, P. W. A., & Divayana, D. G. H. (2022). Instrumen Evaluasi Model Discrepancy-CSE-UCLA Dalam Rangka Menunjang Evaluasi Efektivitas Pelaksanaan Pembelajaran Synchronous. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(2), 197–207. https://doi.org/10.23887/jp2.v5i2.48447

Wijaya, I., Mania, S., & Rasyid, M. N. A. (2025). Evaluasi Program Daurah Online Metode UMMI Untuk Orang Tua Santri Didiss Pangkep Menggunakan Model Kirkpatrick. Esensi Pendidikan Inspiratif, 7(1).

Yusup, A. H., Azizah, A., Rejeki, E. S., Silviani, M., Mujahidin, E., & Hartono, R. (2023). Literature Review: Peran media pembelajaran berbasis augmented reality dalam media sosial. Jurnal Pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, Dan Inovasi, 3(5).

Downloads

Published

2025-08-31