ANALISIS PENGEMBANGAN USAHA KUE KHAS TE’TEKAN DI KABUPATEN ENREKANG

Authors

  • A. Siti Nurul Izzati Universitas Muhammadiyah Parepare
  • A. Nuddin Prodi Pertanian Agribisnis Fakultas Pertanian, Peternakan dan Perikanan Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Arman Arman Prodi Pertanian Agribisnis Fakultas Pertanian, Peternakan dan Perikanan Universitas Muhammadiyah Parepare

DOI:

https://doi.org/10.35965/eco.v21i1.697

Keywords:

Usaha Kue Khas Te'tekan, Pendapatan, Tingkat Kelayakan, Strategi Pengembangan

Abstract

Kue khas te’tekan merupakan salah satu makanan tradisional yang ada di Kabupaten Enrekang yang dapat menambah pendapatan Daerah, sehingga perlu diketahui bagaimana pendapatan usaha kue khas te’tekan bagaimana kelayakan usaha kue khas te’tekan dan bagaimana strategi pengembangannya dengan menggunakan metode analisis pendapatan analisis kelayakan dan analisis Interpretativ Stuktural Modelling ISM dengan pengambilan data melalui wawancara dengan pengisian kuisioner untuk analisis pendapatan dan kelayakan sebanyak 30 orang responden dan 12 responden untuk analisis ISM. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat pendapatan usaha kue khas te’tekan di Desa Mampu Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang sebanyak Rp.18.798.400/produksi dengan tingkat kelayakannya 1.58 dan. Hasil analisis ISM diperoleh program strategi yang strategis adalah : (1) pengembangan teknologi produksi, (2) promosi dan pemasaran, (3) pengembangan usaha, (4) peningkatan kualitas produk.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anoraga. 2002. Koperasi Kewirausahaan, Dan Usaha Kecil. Jakarta: Rineka Cipta.

Basu Swastha, 1999 Manajemen Pemasaran Modern, Edisi Ketiga Yogyakarta, Liberty.

Eriyatno. 1999. Ilmu Sistem Meningkatkan Mutu dan Efektivitas Manajemen. IPB Press, Bogor, Hal 79

Firdaus, M.2008. Manajemen Agribisnis. PT. Bumi Aksara, Jakarta.

Fitriani, L.K. (2014). Produk Ikonik Akulturatif. Disertasi Program Doktor Ilmu Ekonomi Bidang Kajian Manajemen Pemasaran Universitas Diponegoro, Semarang: Penerbit Pustaka Magister.

Jermie MJ. 2000. Peranan Imu Penyuluhan Menuju Pembangunan Pertanian Yang Berwawasan Agribisnis Dalam.

Jumingan, 2009. Studi Kelayakan Bisnis. Jakarta: Bumi Aksara

Marimin. 2008. Tenik dan Aplikasi Pengambilan Keputusan Kreteria Majemuk. Grassindo. Jakarta.

Philips Kolter, 2003. Manajemen Pemasaran Edisi Sebelas, Jakarta: PT. Indeks.

Pujianti, R. H. dan U. Yulianti. 2008. Cerdas Pengetahuan Sosial untuk SD/MI Kelas IV. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas.

Robinson. 1981 Chilid Develoment, New York: Holt Rinehart.

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Pendekatan Kualitatif dan R&D. Edisi Kedua satu. Bandung: Alfabeta.

Sukirno, 2013. Mikro Ekonomi Teori Pengantar: PT. Radja Grafindo Persada.

Soekartawi, (2006: 85-86). Pembangunan Pertanian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2021-04-30