PENERAPAN METODE BERMAIN DENDE-DENDE DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR GEOMETRI SISWA SD DI KECAMATAN TANRALILI KABUPATEN MAROS
Keywords:
Geometri, Metode dende-dende, Motivasi BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan aktivitas siswa melalui penerapan metode bermain dende-dende pada pembelajaran matematika dalam meningkatkan motivasi belajar geometri siswa SD Inpres 23 Toddopulia Kecamatan Tanralili Kabupaten Maros, (2) mengetahui motivasi belajar geometri siswa dalam pembelajaran matematika melalui permainan dende-dende di SD Inpres 23 Toddopulia Kecamatan Tanralili Kabupaten Maros.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Inpres 23 Toddopulia Kecamatan Tanralili Kabupaten Maros dan sampel penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 36 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif.Teknik pengambilan data dengan menggunakan angket, observasi/pengamatan dan wawancara.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Aktivitas siswa melalui penerapan metode bermain dende-dende pada pembelajaran matematika dalam meningkatkan motivasi belajar geometri siswa SD Inpres 23 Toddopulia kecamatan Tanralili kabupaten Maros berada pada kategori aktif, (2) Motivasi belajar geometri siswa dalam pembelajaran matematika melalui penerapan metode bermain dende-dende di SD Inpres 23 Toddopulia Kecamatan Tanralili Kabupaten Maros berada pada kategori tinggi.