MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI STRATEGI LEARNING TOURNAMENT PADA SISWA KELAS VIIC SMP NEGERI 1 TANRALILI KABUPATEN MAROS
Keywords:
Strategi Learning Tournament, hasil belajarAbstract
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar fisika melalui penerapan strategi Learning Tournament pada siswa kelas VIICSMP Negeri 1Tanralili Kabupaten Maros. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIC SMP Negeri 1Tanralili tahun ajaran 2011/2012 sebanyak 27 orang siswa penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, tiap siklus terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.
Data hasil penelitian adalah dari data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif tes hasil belajar pada siklus I dan siklus II, dan data kualitatif berupa hasil observasi. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 56.89 dengan persentase jumlah siswa dalam kategori sangat tinggi 0% atau dengan kata lain tidak terdapat siswa yang memperoleh kategori sangat tinggi dan jumlah siswa dalam kategori tinggi sebesar 40.74% sedangkan pada siklus II skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 70.37 dengan persentase jumlah siswa kategori sangat tinggi 37.04% dan jumlah siswa dalam kategori tinggi sebesar 40.74%
Berdasarkan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa strategi Learning Tournament dapat meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas VIIcSMP Negeri 1Tanralili Kabupten Maros.Hal ini dapat dilihat dari peningkatan skor rata-rata hasil belajar fisika dari siklus I ke siklus II, serta tercapainya indikator yang ingin dicapai yaitu siswa mencapai standar KKM baik secara individu maupun secara klasikal Sehingga strategi Learning Tournament layak dijadikan sebagai alternatif pembelajaran fisika di SMP Negeri 1Tanralili.