Implementasi Project Based Learning Sebagai Media Pembelajaran Dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka Di SDN Tamalanrea

Authors

  • Nurul Fitri Amelia Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Sastra, Universitas Bosowa
  • Ifa Safira Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Sastra, Universitas
  • Tismi Dipalaya Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Sastra, Universitas

Keywords:

Project Based Learning, Profil Pelajar Pancasila, Kurikulum Merdeka

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi project-based learning sebagai model pembelajaran dalam proyek penguatan profil pelajar pancasila pada kurikulum merdeka di SDN Tamalanrea kota Makassar. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Guru dan siswa di SDN Tamalanrea menjadi subjek dalam penelitian ini, dengan jumlah partisipan 4 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara kepada subjek penelitia dan melakukan observasi pembelajaran dikelas yang diampunya serta dengan dokumentasi. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa Penerapan Project Based Learning Dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka Di SDN Tamalanrea kota Makassar melalui tahap 1). Perencanaan yang terdiri dari pembentukan tim proyek, memilih tema umum, menentukan topik, menentukan dimensi, elemen, dan sub-elemen profil pelajar pancasila, dan menyusun modul ajar, 2). Pelaksanaan, terdiri dari melakukan sosialisasi dengan orangtua siswa, menjalankan pembelajaran yang berpusat pada siswa, guru senantiasa membimbing siswa, kegiatan pembelajaran yang bervariasi, dan diadakannya perayaan belajar atau pameran, 3). Pasca pembelajaran, terdiri dari hasil karya siswa, refleksi, evaluasi, dan pemahaman baru siswa tentang isu yang berkaitan dengan tema dan topik yang dipilih.

References

Asiyah, S., dan DP Hartono (2018). PjBL untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa: Analisis Kontribusi Model Pembelajaran PJBL Terhadap Peningkatan. Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang, 2(1), 1-11. Jurnal Univpgri-Palembang.ac.id/index.php/prosiding/index

Halidjah, S., Mery, M., Martono, M., & Hartoyo, A. (2022). Kolaborasi antar mahasiswa dalam proyek peningkatan profil mahasiswa Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(5), 7840–7849. 10.31004/basicedu.v6i5.3617 adalah URL yang akan digunakan.

Ismail, S., Suhana, S., & Zakiah, Q. Y. (2021). Analisis Kebijakan Pengautan Pendidikan Karakater Dalam Mewujudkan Pelajar Pancasila. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosisl, 2(1), 76–84.

Herlambang, Y.T., Wulandari, D., dan Safitri, A. (2022). Pendekatan Pendidikan Baru dalam Pengembangan Karakter Siswa Indonesia: Proyek Penguatan Profil Siswa Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(4), 7076–7086. 1.Basicedu.v6i4.3274 di https://doi.org/10.31004

Goldstein, O. (2016). A project-based learning approach to teaching physics for pre-service elementary school teacher education students. Cogent Education, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.1080/2331186X .2016.1200833

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Buku Saku “Prinsip Merdeka Belajar dan Penerapannya dalam Pendidikan Sekolah Menengah Atas”

Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas III SD, Winarti, 2022. Jurnal Cakrawala Pendas, Juli 2022, Vol. 8 Nomor 3. Doi: 10.31949/jcp.v8i2.2419.http://d.x.doi.org.

Prihantini, P., Hernawan, A.H., Rahayu, R., Rosita, R., dan Rahayuningsih, Y.S. (2022). Kurikulum Belajar Mandiri sedang diterapkan di Sekolah Mengemudi. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. doi:10.31004/basicedu.v6i4.3237 adalah URL yang akan digunakan.

S.Susetyo (2020). Permasalahan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di FKIP (Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia) Universitas Bengkulu. 1(1), 29–43; Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra.

Saragih (2021). Bergerak beriringan sambil mencapai kebebasan belajar. Yogyakarta: kebahagiaan yang membahagiakan.

Savitri Astrid. 2019. Mendidik Anak Akal di Era Milenial. Luar biasa: Yogyakarta.

Setiawati dkk. (2020) Nuramila, N., Safari, M., Firmadani, F., Bahri, A.S., Pramanik, P.D., & Badawi, B. pengembangan karakter.

Sinaga, Sherly, Herman, Herman, Halim, F., Dharma, E., Purba, R., & Tannuary, A. (2021). SMP Swasta Sultan Agung Pematangsiantar sedang melakukan sosialisasi pelaksanaan Program Profil Siswa Pancasila. Jubaedah: Jurnal Pendidikan Sekolah dan Pengabdian Masyarakat (Jurnal Pendidikan Sekolah dan Pengabdian Masyarakat Indonesia), 1(3), 282-289. 10.46306/jub.v1i3.51 dapat diakses di sini.

Satria, R., Adiprima, P., Wulan, K. S., & Harjatanaya, T. Y. 2022. Projek Penguatan Profil pelajar Pancaasila. Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelahjar Pancasila, 137

Sugiyono, 2015. Prosedur Kajian Sugiyono - 2015.pdf (halaman 346).

Suhana, S., Zakiah, Q.Y., dan S. Ismail (2021). Analisis Kebijakan Peningkatan Pendidikan Karakter dan Pengembangan Siswa Pancasila. 2(1), 76–84, Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial.

Syahrir, S., dan Yamin, M. (2020). Pertumbuhan Pendidikan Belajar Otodidak (Studi Metode Pembelajaran). Jurnal Ilmiah Pendidikan Mandala, 6(1), 126–136. Tautan ini mengarah ke 10.36312/jime.v6i1.1121.

T.Halil. (2008). Perspektif prospektif guru sains terhadap pembelajaran berbasis proyek. Jurnal Instruksi Internasional, 1(1): 61–79.

Widyastuti, A. 2022. Penerapan Merdeka Belajar. Elex Media Komputindo, Jakarta: PT.

Wulan, K.S., Satria, R., Adiprima, P., dan Harjatanaya, T. Y. Proyek ini bertujuan untuk meningkatkan visibilitas pelajar Pancasila pada tahun 2022. Buku Panduan Perumusan Inisiatif untuk Meningkatkan Kehadiran Pelajar Pancasila, 137

Zulhijrah (2022). Integrasi Kurikulum Project Based Learning (PjBL) dan Independent Learning ke dalam Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Vol. 8, 2, 2022.10.35931/am. v8i2.3459

Downloads

Published

2025-01-29

How to Cite

Amelia, N. F. ., Safira, I., & Dipalaya, T. (2025). Implementasi Project Based Learning Sebagai Media Pembelajaran Dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka Di SDN Tamalanrea. EduPrimaria of Journal, 1(1), 41–45. Retrieved from https://journal.unibos.ac.id/epj/article/view/4322