Manajemen Pendidikan Inklusif Di UPT SPF SD Negeri Kalukuang II Makassar
Keywords:
Pendidikan, Manajemen Pendidikan Inklusif, InklusifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pendidikan inklusif di UPT SPF SDN Kalukuang II Makassar. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Subjek penelitian ini adalah perangkat manajemen pendidikan inklusif, dan Sumber Daya Manusia (SDM) dari subjek penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru dan wali kelas, serta guru pendamping anak berkebutuhan khusus di UPT SPF SDN Kalukuang II Makassar. Adapun Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa wawancara dan observasi. Data yang dihasilkan dari wawancara dan observasi dianalisis lalu data disajikan kemudian data yang sudah disajikan tersebut disimpulkan sesederhana mungkin sehingga Nampak jelas hasil yang ingin dicapai dalam penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen pendidikan inklusif di sekolah SDN Kalukuang II Makassar belum berjalan cukup baik. Namun ada beberapa hal yang masih perlu diperbaiki lagi. Meski demikian manajemen di UPT SPF SDN Kalukuang II Makassar cukup baik dalam hal tenaga pendidik yang kompeten serta berpengalaman dalam menghadapi anak inklusif. Sikap kepala sekolah yang ramah dan loyal juga mempengaruhi komunikasi dengan guru maupun orangtua siswa serta membangun religiusitas dengan mengadakan seminar atau pelatihan anti Bullying di sekolah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penanganan anak inklusif akan tertangani dengan maksimal jikalau manajemen pendidikan inklusif ada di sekolah tersebut terutama manajemen dana dan dukungan serta perhatian dari pemerintah.
References
Amaliyah, S. (2021). Konsep Pendidikan Keluarga menurut Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1766 - 1770. Retrieved from (https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1171, Diakses 6, April 2023).
Huberman. (2023). Analisis Data Kualitatif Miles dan Huberman. www.kompasiana.com/... . Diakses pada tanggal 29 Mei 2023.
Kamus Besar Bahasa Indonesia, (2023). (https://kbbi.web.id, Diakses 5, April, 2023).
Kosasih, E. (2012). Cara Bijak Memahami Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: Yrama Widya.
Permendiknas Nomor. 70 Tahun 2009 tentang Pendidikan Inklusif.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Pusdiklat Perpusnas
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Maryam Maryam, Muhammad Yunus, Ifa Safira

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.