Manajemen Pendidikan Inklusif Di UPT SPF SD Negeri Kalukuang II Makassar

Authors

  • Maryam Maryam Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Sastra, Universitas Bosowa
  • Muhammad Yunus Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pasccasarjana, Universitas Bosowa
  • Ifa Safira Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Sastra, Universitas

Keywords:

Pendidikan, Manajemen Pendidikan Inklusif, Inklusif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pendidikan inklusif di UPT SPF SDN Kalukuang II Makassar. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Subjek penelitian ini adalah perangkat manajemen pendidikan inklusif, dan Sumber Daya Manusia (SDM) dari subjek penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru dan wali kelas, serta guru pendamping anak berkebutuhan khusus di UPT SPF SDN Kalukuang II Makassar. Adapun Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa wawancara dan observasi. Data yang dihasilkan dari wawancara dan observasi dianalisis lalu data disajikan kemudian data yang sudah disajikan tersebut disimpulkan sesederhana mungkin sehingga Nampak jelas hasil yang ingin dicapai dalam penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen pendidikan inklusif di sekolah SDN Kalukuang II Makassar belum berjalan cukup baik. Namun ada beberapa hal yang masih perlu diperbaiki lagi. Meski demikian manajemen di UPT SPF SDN Kalukuang II Makassar cukup baik dalam hal tenaga pendidik yang kompeten serta berpengalaman dalam menghadapi anak inklusif. Sikap kepala sekolah yang ramah dan loyal juga mempengaruhi komunikasi dengan guru maupun orangtua siswa serta membangun religiusitas dengan mengadakan seminar atau pelatihan anti Bullying di sekolah.  Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penanganan anak inklusif akan tertangani dengan maksimal jikalau manajemen pendidikan inklusif ada di sekolah tersebut terutama manajemen dana dan dukungan serta perhatian dari pemerintah.

References

Amaliyah, S. (2021). Konsep Pendidikan Keluarga menurut Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1766 - 1770. Retrieved from (https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1171, Diakses 6, April 2023).

Huberman. (2023). Analisis Data Kualitatif Miles dan Huberman. www.kompasiana.com/... . Diakses pada tanggal 29 Mei 2023.

Kamus Besar Bahasa Indonesia, (2023). (https://kbbi.web.id, Diakses 5, April, 2023).

Kosasih, E. (2012). Cara Bijak Memahami Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: Yrama Widya.

Permendiknas Nomor. 70 Tahun 2009 tentang Pendidikan Inklusif.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Pusdiklat Perpusnas

Downloads

Published

2025-01-29

How to Cite

Maryam, M., Yunus, M. ., & Safira, I. (2025). Manajemen Pendidikan Inklusif Di UPT SPF SD Negeri Kalukuang II Makassar. EduPrimaria of Journal, 1(1), 46–53. Retrieved from https://journal.unibos.ac.id/epj/article/view/4339