Analisis Dimensi Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Mobil Honda CR-V

Studi Kasus Kelurahan Karang Anyar Makassar

Authors

  • Regina Nabila Adzani HM Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bosowa
  • Sukmawati Mardjuni Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bosowa
  • Miah Said Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bosowa

Keywords:

Kesadaran Merek, Persepsi Kualitas, Asosiasi Merek, Loyalitas Merek, Keputusan Pembelian, Manajemen Pemasaran

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis apakah dimensi ekuitas merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada mobil Honda Cr-V. Objek penelitian ini adalah konsumen di Kelurahan Karang Anyar Makassar. Alat analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand awareness, persepsi kualitas, asosiasi merek, loyalitas merek secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Secara parsial asosiasi merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen, sedangkan kesadaran merek, persepsi kualitas, dan loyalitas merek berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Asosiasi merek merupakan faktor dominan yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen.

The purpose of this study was to determine and analyze whether the dimensions of brand equity have a positive and significant effect on consumer purchasing decisions on Honda Cr-V cars. The object of this research is consumers in Karang Anyar Village, Makassar. The analytical tools used are descriptive analysis and multiiple linear regressiion analysis. The resullts showed that brand awareness, perceiived qualiity, brand associiations, brand loyalty siimultaneously had a posiitive and signiificant effect onn consumer purchasiing deciisions. Partially, brand associations have a positive and signifiicant effect on consumer purchasiing decisiions, while brand awareness, perceiived qualiity, and brand loyallty have a positive but not signiificant effect on consumer purchasiing decisiions. Brand associiation is the dominant factor influencing consumer purchasiing deciisions.

References

Assauri, Sofjan. 2017. Manajemen Pemasaran, Dasar, Konsep & Strategi. Depok: Raja Grafindo

Alzamendy, Mohamad. 2011. Analisis Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Suzuki Swift (Studi Kasus Konsumen Suzuki Swift di Semarang). E-Jurnal Manajemen Universitas Diponegoro 2011.

Arta Eliasari, Putu Ratih dan I Putu Gde Sukaatmadja. 2017. “Pengaruh Brand Awareness Terhadap Purchase Intention Dimediasi Oleh Perceived Quality dan Brand Loyalty”. E-Jurnal Manajemen Unud No.12 6620-6650.

Astuti, Sri Wahyuni dan I Gde Cahyadi. 2007. Pengaruh Elemen Ekuitas Merek Terhadap Rasa Percaya Diri Pelanggan di Surabaya atas Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda. Majalah Ekonomi. Tahun XVII. No 2 Agustus. Hal 145-156.

Astuti, S. 2014. Manajemen Pemasaran. Retrieved from https://repository.ut.ac.id/4600-MI.pdf

Buchari, Alma. 2011. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta

Dinawan, Rhendria M. 2010. Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian. Tesis. Semarang: Program Magister Manajemen Universitas Diponegoro

Durianto, Darmadi. 2004. Strategi Menaklukan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Fatimah, Sitti. 2014. “Pengaruh Kesadaran Merek, Persepsi Kualitas, Asosiasi Merek, Loyalitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pelembab Wardah Pada Konsumen Al Yasini Mart Wonorejo”. Jurnal Sketsa Bisnis, Desember 2014.

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Gulo, W. 2010. Metodologi Penelitian. Jakarta: Grasindo

Ii, B.A.B., & Ethnocentrism, C. 2016. Bab II Landasan Teori 2.1. 14-31.

Irawan, Handi. 2003. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Gramedia

Kotler, Philip. 2003. Manajemen Pemasaran. Jakarta:Indeks

Karlina, N, P. Seminari, N, K. 2015. Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk PT Karya Pak Oles Tokcer Denpasar. Jurnal Manejemen. Vol 4 no : 1610-1623

Knapp, Duane E. 2001. The Brand Mindset. New York: Mc Graw Hill Companies

Kotler, Philip dan Keller Kevin. 2011. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Indeks.

Kotler, Philip dan Amstrong, Garry. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga

Limakrisna, N., & Purba, T.P. 2017. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Mitra Wacana Media

Manap, A. 2016. Revolusi Manajemen Pemasaran. Jakarta: Mitra Wacana Media

Rizal, Achmad. 2020. Manajemen Pemasaran Di Era Masyarakat Industri 4.0. Yogyakarta: Deepublish Publisher

Sedjati, Retina Sari. 2018. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Deepublish

Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran, Teori dan Implementasi. Yogyakarta: Andi

Sujarweni, V.Wiratna. 2015. Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Alfabeta

Swastha, Basu dan Irawan. 2011. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty

Sutisna. 2013. Perilaku Konsumen & Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat

Tjiptono, Fandy. 2012. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi

Downloads

Published

2023-04-30