Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Bosowa Berlian Motor Makassar
DOI:
https://doi.org/10.56326/jebd.v1i2.1795Keywords:
Kualitas Pelayanan, Kinerja Karyawan, Bosowa Berlian, MakassarAbstract
Tujuan penelitian untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kinerja karyawan pada PT Bosowa Berlian Motor Makassar. Objek penelitian adalah PT. Bosowa Berlian Motor Makassar. Metode yang digunakan yaitu Analisis Deskriptif dan Analisis Linear Berganda. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu kuesioner dengan Analisis Regresi Linear Berganda dengan bantuan software SPSS 24. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa semakin baik kualitas pelayanan perusahaan terhadap customer maka kinerja karyawan semakin meningkat.
The aim of the research is to analyze the influence of service quality on employee performance at PT Bosowa Berlian Motor Makassar. The research object is PT. Bosowa Berlian Motor Makassar. The methods used are Descriptive Analysis and Multiple Linear Analysis. The data collection technique in this research is a questionnaire with Multiple Linear Regression Analysis with the help of SPSS 24 software. The results of this research show that the better the quality of the company's service to customers, the more employee performance will increase.
References
Arif Yusuf Hamali., 2018. Pemahaman Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Buku Seru.
Bernardian & Russel., 2018. Human Resources Management. New York: McGraw-Hill.
Dessler, Garry., 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Indeks.
Edison, Emron., dkk., 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta.
Husein Fattah., 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Indeks.
Irham Fahmi., 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta.
Kasmir., 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktek). Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Malayu S. P Hasibuan., 2019. Manajemen: Dasar, Pengertian, dan Masalah. Jakarta: Bumi Aksara. (Diakses pada 02 Maret 2022)
Mathis, R.L., and J.H. Jackson., 2017. Human Resources Management.Buku 1, Alih Bahasa: Jimmy Sadelidan dan Bayu, Prawira Hie. Jakarta: Salemba Empat
Milkovic, George T., John W. Boudreau., 2017. Human Resources Management. USA: Richard D. Irwan. 1997
Muhammad Irwan, 2020, Pengaruh Motivasi Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Berita Kota Makassar, Fakultas Ekonomi Universitas Bosowa , Makassar.
Muhammad Yusuf., 2016. Peningkatan SDM Yang Handal. Banjarmasin: Dosen ULM.
Prasadja Ricardianto., 2018. Human Capital Management. Jakarta: In Media.
Purnomo, M., W. 2022. Pengaruh Kualitas Layanan dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Pegawai pada Kantor BNN Kabupaten Lampung Selatan. Jurnal Mitra Manajemen, 6(2) : 69-82.
Rusvitiwati. D. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan Internal dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan di PT NS Tractors. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen dan Kewirausahaan, 6(1) : 58-65
Sedarmayanti., 2017. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: CV Mandar Maju. (Diakses pada 15 Maret 2022)
Sholikah, M., & Oktarina, N., 2019. Pelaksanaan Pengelolaan Kerarsipan Untuk Menunjang Akuntabilitas Sekolah. Economic Education Analysis Journal, 7(3), 1178-1192.
Sirait, Justine T., 2006. Memahami Aspek-Aspek Pengelolaan Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi. Jakarta: Gramedia Widiasaranan Indonesia.
Sopiah, & Sangadjie, E.M., 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Sugiyono, 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Sutrisno, E., 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana.
Suyadi Prawirosentono ., 2002. Kebijakan Kinerja Karyawan. Yogyakarta:BPFE
Wexley, K.N. dan Yuki, G.A., 2016. Perilaku Organisasi dan Psikologi Personalia. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Wirawan., 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia Indonesia. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dewi Kusumawati, Palipada Palisuri, Ahmad Jumarding
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.