Pengaruh Perencanaan Sumber Daya Manusia Terhadap Kepuasan Pengemudi Gojek Kota Makassar

Authors

  • Aswini Aswini Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bosowa
  • Haeruddin Saleh Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bosowa
  • Herminawaty Abubakar Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bosowa

Keywords:

Sumber Daya Manusia, Kepuasan Pengemudi, Gojek

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dimensi perencanaan sumber daya manusia terhadap kepuasan driver Gojek di Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan kuesioner untuk teknik pengumpulan data dengan metode accidental sampling kepada 30 pengemudi Gojek di kota Makassar. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi berganda, uji T, uji F, dan koefisien determinasi serta menggunakan program SPSS versi 25.0. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perencanaan sumber daya manusia secara simultan berpengaruh signifikan dan positif terhadap kepuasan driver Gojek di Kota Makassar.

This study aims to determine the effect of the dimensions of human resources planning on satisfaction of Gojek drivers in Makassar City. This research was using a questionnaire for data collection technique with an accidental sampling method to 30 Gojek’s drivers in the city of Makassar. The analytical method used in this research is validity test, reliability test, multiple regression analysis, T test, F test, and coefficient of determination and using the SPSS program version 25.0. The result of this research can be concluded that human resources planning simultaneously has significant and positive effect on satisfaction of Gojek drivers in Makassar City.

References

Iqram, Ikhwanul. 2020. Studi Karakteristik Aktivitas Dan Perjalanan Pengguna Ojek Online Di Kota Makassar. Fakultas Teknik. Universitas Hasanuddin.

Kencono, Aulia Rahman. 2019. Pengaruh Kepuasan Kerja, Disiplin Kerja, Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Mitra Gojek di Kota Medan. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Sumatera Utara.

Lutfi, Riza Qani’atul. 2019. Analisis Perbedaan Transaksi Pembayaran Sistem Go-Pay Dan Cash Dalam Perspektif Hukum Konvensional Dan Hukum Islam (Studi Pada Driver Jasa Transportasi Online Go-jek Di Kota Kediri). Institut Agama Islam Negeri (IAIN).Tulungagung.

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyana. 2018. Pengaruh Motivasi dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada Kantor PT. Perkebunan Nusantara XIV di Kota Makassar. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Priansa, Donni Juni. 2014. Perencanaan & Pengembangan SDM. Bandung: Alfabeta.

Putri, Patrecia Mentari Sheila. 2020. Pengaruh Praktek Manajemen Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Karyawan. Fakultas Ekonomi. Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta.

Rahman, Abd. 2018. Pengaruh Perencanaan Sumber Daya Manusia terhadap Kinerja Pegawai pada Kantor Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Prov. Sulawesi Selatan.Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Muhammadiyah. Makassar.

Rini. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga terhadap Tingkat Kepuasan Pengguna Jasa Pelayanan Driver Grab (Studi Kasus IAIN Metro). Institut Agama Islam Negeri Metro.

Saputra, Irfan. 2021. Pengaruh Covid-19 Terhadap Pendapatan Driver Ojek Online di Daerah Mataram. Universitas Muhammadiyah Mataram.

Selviana, Nur. 2018. Pengaruh Pengembangan Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Takalar. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Muhammadiyah Makassar. Makassar.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Suwatno & Priansa, D. 2011. Manajemen SDM dalam Organisasi Publik danBisnis. Bandung: Alfabeta.

Teguh, Muh. 2021. Analisis Implementasi Standar Operasional Prosedur (SOP) Transportasi Online GRAB Terhadap Perilaku Pengemudi di Kota Makassar. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Bosowa

Zulfahmi. 2018. Pengaruh Kualitas PelayananKepercayaan terhadap Loyalitas Pelanggan Jasa Transportasi Online GRAB di Universitas Hasanuddin. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Hasanuddin. Makassar

Downloads

Published

2023-04-30