Optimalisasi Fasilitas Bandara Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pada Pengguna Jasa Di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar
DOI:
https://doi.org/10.56326/jebd.v2i2.3105Keywords:
Kinerja Keuangan, Rasio Profitabilitas, Rasio SolvabilitasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja keuangan pada Koperasi Simpan Pinjam Balo’ Toraja Cabang Sumarororong Kabupaten Mamasa. Teknik analisis data yang digunakan adalah rasio keuangan, meliputi rasio solvabilitas dan rasio profitabilitas atau rentabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja keuangan Koperasi Simpan Pinjam Balo’ Toraja Cabang Sumarorong tahun 2019-2022 berdasarkan dari rasio solvabilitas yang diukur dengan menggunakan debt to assets ratio hasilnya sangat baik dengan nilai rata-rata 38,7%, dan menurut debt to equity ratio hasilnya kurang baik dengan rata-rata nilai 175,9%. Berdasarkan rasio profitabilitas atau rentabilitas yang diukur dengan menggunakan return on assets hasilnya tidak baik dengan nilai rata-rata 0,67%, kemudian ditinjau dari return on equity hasilnya kurang baik dengan nilai rata-rata 3,02%. Dan ditinjau dari net profit margin hasilnya sangat baik dengan nilai rata-rata 60,2%..
This study aims to analyze the financial performance of Koperasi Simpan Pinjam Balo' Toraja Sumarororong Branch, Mamasa Regency. The data analysis technique used is financial ratios, including solvency ratios and profitability ratios. The results showed that the financial performance of Koperasi Simpan Pinjam Balo' Toraja Sumarorong Branch in 2020-2022 based on the solvency ratio measured using the debt to assets ratio was very good with an average value of 38,7%, and according to the debt to equity ratio, the results were not good with an average value of 175.9%. Based on the profitability ratio measured using return on assets, the results are not good with an average value of 0.67%, then in terms of return on equity, the results are not good with an average value of 3.02%. And judging from the net profit margin, the results are very good with an average value of 60.2%.
References
A.A. Anwar Prabu Mangkunegara. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Afandi, P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep dan Indikator). Riau: Zanafa Publishing.
Bintoro dan Daryanto. 2017. Manajemen Penilaian Kinerja Karyawan. Cetakan 1. Yogyakarta : Gava Media.
Edy, Sutrisno, (2016), Manajemen Sumber Daya Manusia, Kencana Prenada Media Group, Jakarta.
Fahmi, Irham. (2017). Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Alfabeta.
Hasibuan, Malayu S. P. 2019. Manajemen: Dasar, Pengertian, dan Masalah. Jakarta : Bumi Aksara.
Hasibuan, Malayu S.P. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia (Edisi revisi cetakan ke tiga belas). Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hayat, 2017. Manajemen Pelayanan Publik. PT Raja Grafindo Persada, Depok.
Hasibuan, Malayu Sp, 2016. Manajemen Sumber Manusia.PT Bumi Aksara Jakarta.
Hardiyansyah, 2015. Komunikasi Pelayanan Publik Konsep dan Aplikasi. Gava Media Yogyakarta.
Moenir, H.A.S, 2014, Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia. PT. Bumi Aksara Jakarta
Kuncoro, Mudrajad. 2009. Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi. Edisi 3. Penerbit Erlangga.
Marwansyah. 2019. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Dua. Cetakan keempat. Bandung: Alfabeta,CV.
Mondy R Wayne. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Risma Rizky Prabowo, Hasanuddin Remmang, Indrayani Nur
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.