Pengaruh E-Trust, E-Service Quality Dan Online Customer Rewiew Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee
DOI:
https://doi.org/10.56326/jebd.v2i3.2792Keywords:
E-Trust, E-Service Quality, Online Customer Review, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh E-Trust, E-Service Quality dan Online Customer Review terhadap keputusan pembelian pada pengguna marketplace Shopee. Adapun teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 65 mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda yang diolah dengan bantuan software SPSS Versi 26.0. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat pengaruh positif dan tidak signifikan E-Trust terhadap keputusan pembelian, dibuktikan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0.078; thitung sebesar 0.176; dan nilai probabilitas (Sig) sebesar 0.477 > 0.05. (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan E-Service Quality terhadap keputusan pembelian, dibuktikan dari nilai koefisien regresi sebesar 0.307; thitung sebesar 2.369; dan nilai probabilitas (Sig) 0.021 < 0.05. (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan Online Customer Review terhadap keputusan pembelian, dibuktikan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0.510; thitung sebesar 4.711; dan nilai probabilitas (Sig) 0.000 < 0.05. (4) terdapat pengaruh positif dan signifikan E-Trust, E-Service Quality dan Online Customer Review secara simultan terhadap keputusan pembelian, dibuktikan dengan nilai Fhitung sebesar 31.821 dengan nilai probabilitas 0.000 < 0.05.
The study aims to determine the effect of E-Trust, E-Service Quality and Online Customer Reviews on purchasing decisions in Shopee marketplace users. The sampling technique uses purposive sampling with a sample of 65 students. The data analysis technique used is multiple linear regression which is processed with the help of SPSS software Version 26.0. The results showed (1) there was a positive and insignificant influence of E-Trust on purchasing decisions, evidenced by the value of the regression coefficient of 0.078; t count of 0.176; and probability value (Sig) of 0.477 > 0.05. (2) there is a positive and significant influence of E-Service Quality on purchasing decisions, as evidenced by the regression coefficient value of 0.307; tcount of 2.369; and probability values (Sig) 0.021 < 0.05. (3) there is a positive and significant influence of Online Customer Review on purchasing decisions, evidenced by a regression coefficient value of 0.510; tcount of 4.711; and probability values (Sig) 0.000 < 0.05. (4) there is a positive and significant influence of E-Trust, E-Service Quality and Online Customer Review simultaneously on purchasing decisions, evidenced by a calculated F value of 31,821 with a probability value of 0.000 < 0.05.
References
Emeralda, Wulandari, J., & Adistya, D. (2020). Analisis E-Trust, E-Wom , Dan E-Service Quality Dalam Keputusan Pembelian Online. Perspektif Bisnis, 3(2), 63–7.
Febri, I., Lukitaningsih, A., & Maharani, B. D. (2021). Respon Konsumen Pada E-Service Quality Online Customer Review, dan E-Trust Terhadap Keputusan Pembelian Pada Aplikasi Shopee. Mandar: Management Development and Applied Research Journal, 4(1), 98-105.
Imam, Ghozali, Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, (Semarang: BP Universitas diponegoro, 2016), h. 154.
Irwan, A. A., Abubakar, H., & Suriani, S. (2022). Implementasi Bauran Pemasaran, Kualitas Pelayanan, dan Komitmen Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Ponsel Android di Kota Makassar. Indonesian Journal of Business and Management, 4(2), 200-207.
Kasih, S. S., & Moeliono, N. N. K. (2020). Pengaruh E-Service Quality Dan E-Trust Terhadap E-Loyalty Dengan E-Satisfaction Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pelanggan Sorabel Di Bandung). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 5(4), 780-791.
Kusnanto, D., Oktaviany, R. A., & Rahma, R. (2020). Pengaruh Trust Dan E-Service Quality Terhadap Keputusan Pembelian Pada Online Shop Shopee Di Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Singaperbangsa Karawang. Jurnal Ecoment Global: Kajian Bisnis dan Manajemen, 5(1), 40-47.
Manurung, H., & Daud, Q. (2021). Pengaruh e-Service Quality Dan e-Trust Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Dengan e-Satisfaction Sebagai Variabel Intervening. Journal For Business And Entrepreneurship, 5(1).
Nurmanah, I., & Nugroho, E. S. (2021). Pengaruh Kepercayaan (Trust) Dan Kualitas Pelayanan Online (E-Service Quality) Terhadap Keputusan Pembelian Online Shop Bukalapak. At-Tadbir: Jurnal Ilmiah Manajemen, 5(1), 11-21
Paramitha, A. (2018). Pengaruh E-Service Quality Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Melakukan Transaksi Melalui E-Commerce Serta Dampaknya kepada Kepuasan Konsumen. Administrasi Bisnis, 6(3), 1076–1089.
Pasa, E. G., Wulandari, J., & Adistya, D. (2020). Analisis e-trust, e-WOM dan e-service quality dalam keputusan pembelian online. Jurnal Perspektif Bisnis, 3(2), 63-75.
Prasetyo, H. D., & Purbawati, D. (2017). Pengaruh E-service Quality Dan E-security seals terhadap E-satisfaction melalui Keputusan Pembelian konsumen E-commerce (Studi Kasus pada Konsumen Lazada Indonesia). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 6(1), 164-173.
Putri, S. F. A., & Marlena, N. (2021, September). Pengaruh e-service quality dan e-trust terhadap kepuasan konsumen. In Forum Ekonomi (Vol. 23, No. 3, pp. 463-474).
Setyowati, D., & Suryoko, S. (2020). Pengaruh E-Service Quality Terhadap Keputusan Pembelian Melalui E-Trust Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Pengguna Situs Bukalapak Di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(1), 251-260.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Edisi Kedu). Alfabeta.
Marjuni, S., & Yusuf Saleh, M. (2016). Effect Of Job Training, Reward Toward Job Ability And Employees Performance (Study In PT. Bank Perkreditan Rakyat Hasamitra In South Sulawesi Province).
Tobagus, A. (2018). Pengaruh E-service quality terhadap E-satisfaction Pada Pengguna di Situs Tokopedia. Agora, 6(1).
Tjiptono, Fandy. (2008). Strategi Pemasaran Edisi 3. Yogyakarta: Andi Offset.
Wijayanti, L. S., Setyawati, S. M., & Rahab, R. (2021). Pengaruh E-Security, E-Service Quality Dan E-Trust Terhadap Repurchas Intention Dengan E-Satisfaction Sebagai Variabel Intervening Pada Konsumen Marketplace Di Indonesia. Jurnal Ekonomi, Bisnis, dan Akuntansi, 23(4), 109-121.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nur Annisa Zainal, Sukmawati Mardjuni, Herminawaty Abubakar
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.