Penerapan Pembelajaran Jigsaw Berbantuan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPS Siswa Di Kecamatan Tallo Kota Makassar
DOI:
https://doi.org/10.35965/bje.v2i1.1161Keywords:
IPS, Pembelajaran, Jigsaw, Media PuzzleAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dengan penerapan pembelajaran jigsaw berbantuan media puzzle pada mata pelajaran IPS siswa di Kecamatan Tallo Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen). Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SD kelas V di SD Inpres Kecamatan Tallo Kota Makassar. Sampel penelitian ini berjumlah 50 orang siswa yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan masing-masing kelompok terdiri atas 25 orang siswa SD Inpres Galangan Kapal II dan 25 orang siswa SD Inpres Galangan Kapal IV Kota Makassar. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan aktivitas dan hasil belajar dalam penerapan pembelajaran jigsaw berbantuan media Puzzle pada mata pelajaran IPS terhadap siswa di Kecamatan Tallo Kota Makassar sebesar 92%. Kegiatan pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran jigsaw, selain dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi pelajaran juga dapat dijadikan sebagai sarana untuk memupuk rasa persatuan, memperlancar komunikasi, membentuk sifat yang tidak egois, dan memupuk rasa tanggung jawab siswa baik dalam kelompok maupun individual.
The objective of this research is to know the improvement of learning outcomes using the application of jigsaw learning model by puzzle media in social studies of the students in Tallo District, Makassar City. This study is quasi experimental research. The data collection instrument used observation and test. The data analysis technique used quantitative descriptive analysis. The population in this study were fourth grade elementary school students at Inpres Elementary Schools, Tallo District, Makassar City. The sample of this study is 50 students who were divided into two groups, namely the experimental group and the control group with each group consisting of 25 students of SD Inpres Galangan Kapal II and 25 students of SD Inpres Galangan Kapal IV Makassar City. The result showed that there was the improvement in learning activities and outcomes using the application of jigsaw learning model by puzzle media in social science of the students in Tallo District, Makassar City which was 92%. The learning activities using the application of learning model of jigsaw can improve the students' understanding of learning materials. It can also be used as a mean to increase unity, facilitate communication, forming an unselfish nature, and increase the students' responsibility both in group and individual.
Downloads
References
Adhi, I.A. Puspa, dkk. 2013. Pengaruh Pendekatan Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Terhadap Prestasi Belajar Menulis Ditinjau Dari Bakat Verbal Siswa SMP Negeri 2 Amlapura. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 4.
Asis, Bustaman. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar IPS dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Siswa Kelas IV SDN 1 Gimpubia. Jurnal Dikdas. Vol. 1 No.3.
Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta .
Dimyati dan Mujiono, 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar.
Jakarta: Rineka Cipta.
Gunawan, R. 2013. Pendidikan IPS Filosofi, Konsep dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.
Hertiavi, M.A., dkk. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol.6 No.1.
Huda, Miftahul. 2015. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Husna, Nurul, dkk. 2017. Pengembangan Media Puzzle Materi Pencemaran Lingkungan di SMP Negeri 4 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. 5 (1): 66-71
Jamil, Sya’ban. 2016. Permainan Cerdas dan Kreatif. Jakarta: Penebar Plus.
Lie, Anita. 2010. Cooperative Learning: Mempraktekkan Cooperative Learning Di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo Widia Sarana Indonesia.
Maryati, dkk. 2014. Penerapan Metode Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPS di SDK Despot Petunasugi Kecamatan Bolano Lambunu. Jurnal Kreatif Tadulako Online. Vol. 4 No.5.
Rosyidah, Ummi. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Metro. Jurnal SAP. Vol. 1 No. 2.
Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sadiman, Arief S., dkk. 2014. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo. Persada
Sudjana, Nana. 2013. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumiati dan Asra. 2008. Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima. Supardi. 2011. Dasar-Dasar Ilmu Sosial. Yogyakarta: Ombak.
Puspita, a., rezki, r., hamid, s., & hamsiah, a. Teacher professionalism and learning services to improve students’learning outcomes in pai elementary school. Lentera pendidikan: jurnal ilmu tarbiyah dan keguruan, 24(1), 106-113.
Supriatna, Nana, dkk. 2009. Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI Press.
Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi Paikem.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Susanto, Ahmad. 2014. Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar.
Jakarta: Kencana.
Susilana, R. 2008. Media Pembelajaran. Jakarta: Wacana Prima.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Asmi Aminuddin, Muhammad Yunus, Sundari Hamid
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.