Penerimaan Peserta Didik Baru Berbasis Sistem Zonasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar

Authors

  • Nurwahidah Usman Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Makassar
  • Sundari Hamid Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa
  • Mas'ud Muhammadiah Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/bje.v4i1.3840

Keywords:

Sistem Zonasi, Prestasi Belajar, Makassar

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk menggambarkan penerapan penerimaan peserta didik baru (PPDB) berbasis sistem zonasi  dan pengaruh  penerimaan peserta didik baru (PPDB) berbasis sistem zonasi terhadap prestasi belajar siswa di Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian Ex-Post Facto. Penelitian ini bersifat deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini  peserta didik kelas 1 sampai kelas 5  UPT SPF SDN DAYA II  Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 292 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III A sebanyak 28 peserta didik melalui jalur zonasi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan dokumentasi, teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil uji normalitas dan uji hipotesis maka diperoleh kesimpulan bahwa: Proses penerimaan peserta didik baru adalah tahap-tahap yang akan dilakukan oleh calon peserta didik baru yang akan mendaftar dalam sebuah lembaga pendidikan mulai dari mendaftar sampai penentuan kelulusan, calon peserta didik ini nantinya akan mengikuti setiap kegiatan yang telah ditentukan oleh lembaga pendidikan sebagai syarat utama diterima dilembaga pendidikan tersebut dan Terdapat pengaruh secara signifikan penerimaan siswa didik baru berbasis sistem zonasi terhadap prestasi belajar siswa UPT SPF SD Negeri Daya II Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar.

The purpose of the study is to analyze: (1) the implementation of the zoning system-based acceptance of new students (PPDB) in Biringkanaya District, Makassar City, (2) the effect of the zoning system-based acceptance of new students (PPDB) in Biringkanaya District, Makassar City. This type of research is Ex-Post Facto research. This research is descriptive correlational. The population in this study were students grade 1 to 5 UPT SPF SDN DAYA II, Biringkanaya District, Makassar City, for the 2022/2023 academic year, totaling 292 people. The sample in this research was 28 class III A students through the zoning route. The data collection methods used are questionnaires and documentations, the data analysis technique used is inferential statistical analysis. Based on the results of the normality test and hypothesis test, it is concluded that: The process of accepting new students is the stages that will be carried out by prospective new students who will register in an educational institution starting from registering until determining graduation, these prospective students will then follow every activity that has been determined by the educational institution as the main requirement for acceptance at the educational institution and there is a significant influence on the acceptance of new students based on the zoning system on the learning achievement of UPT SPF SD Negeri Daya II students, Biringkanaya District, Makassar City.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abu Ahmadi, 2013. Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta. Hal 89.

Adiputra Rahardityo Antonius. (2019). Cultural lag Dalam Program Penerimaan peserta didik baru (PPDB)(PPDB) Online Dengan Sistem Zonasi Tahun 2018 Di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Sukoharjo. Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Volume 3 Nomor 1.

Ahmad Djunaedi dkk, Peraturan Zonasi: Peran Dalam Pemanfaatan Ruang dan Pembangunan Kembali di Kawasan Rawan Bencana, Kasus: Arkadelphia City, Arkansas USA, Jurnal Forum Teknik Vol. 34 No. 1, Januari 2011.

Ali Imron, Manajemen Siswa didik Berbasis Sekolah (Jakarta; Bumi Aksara, 2011), 42.

Alim, S., Petsangsri, S., & Morris, J. (2022). Does an activated video camera and class involvement affect academic achievement? An investigation of distance learning students. Education and Information Technologies. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/s10639-022-11380-2

Arikunto., Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian . Jakarta: Rineka Cipta

B, Hestu Cipto Handoyo, Hukum Tata Negara Indonesia (Yogyakarta: Universitas Atma Jaya, 2009), 117.

Devi Wulansari, Kebijakan Penerimaan peserta didik baru (PPDB)Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Cangkringan Sleman Yogyakarta, Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta, diakses tanggal 28 Nopember 2022.

David and Nasvisar Guspendri, “Impact of Admission Type on Students” Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan 1, no 6 (2018): 11-21

Didik, P., Viii, K., Smp, D.I., & Maros, N. (2022). Pengaruh Sistem Zonasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa didik Kelas VII.

Gede Danu Setiawan and Ni Luh Yaniati, “ Sistem Zonasi Sekolah: Antara Persepsi 93-183,.

Hamalik, Oemar. 2007. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta. PT. Bumi Aksara. Hal 43.

Hidayat, R., & Abdillah. 2019. Ilmu Pendidikan: Konsep, teori, dan aplikasinya. Medan: Penerbit LPPPI. Hal 45

Juliani. (2018). Implementasi Kebijakan Sistem Zonasi Pada Penerimaan peserta didik baru (PPDB)Di SMA Negeri 1 Gowa. In Jurnal Unimuh (Vol.1, issue 1)..

Ii, B. A. B., Teori, A. K., dan, B., Belajar, H., & Belajar, T. (n.d.). S. Nasution, Didaktik Asas-Asas Mengajar, (Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2000), Cet. 2., hlm. 42. 7. 7-22.

Mohamad Mustari, Manajemen Pendidikan ( Jakarta; Raja Grafindo Persada, 2014), 111.

Muljani A. Nurhadi, Administrasi Pendidikan di Sekolah ( yogyakarta; Andi Offset, 19830, 147.

Mulyani a. Nurhadi. 2003. Sistem Manajemen Yang Efektif Untuk Menunjang Mutu Pendididikan Dalam Iklim Desentralisasi. Seminar Program Pascsarjana UNNES Semarang.

Muammar, M. (2019). Problematika Penerimaan peserta didik baru (PPDB)(PPDB) Dengan Sistem Zonasi Di Sekolah Dasar (SD) Kota Mataram. El Middad, 11(1), 41-60..

Nofrizal, Kebijakan Pemerintah dalan Menerapkan Sistem Zonasi Sekolah, Skripsi, (Jambi: Jurusan Ilmu Pemerintahan, Fakultas Syariah, Universitas Islam Negeri Sulthan Saifuddin jambi, 2020), h. 64.

Ninla Elmawati Falabiba. (2019). Pembelajaran STAD dengan Example Non Example pada materi bangun ruang dan balok di kelas IV semester II SD Kristen satya Wacana salatiga. 39, 5-16.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 Pasal 16 Tahun 2019 Tentang Sistem Zonasi.

Peraturan Petunjuk Teknis Penerimaan Peseeta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2022/ 2023 Dinas Pendidikan Kota Makassar (2022: 13) Ketentuan-ketentuan dalam sistem zonasi PPDB SD Halaman 13-18.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suryabrata, Sumadi. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Perdasa

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sony Nugrahab Hijrawadib et al., “ Zoning System Analysis in New Student Admission” , Spatial: Wahana Komunikasi dan Informasi Geografi2, no.2 (2020): 45-56.

Suparyanto dan Rosad (2015.(2020). No Title No Title. Suparyanto dan Rosad (2015, 5(3), 248-253.

Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan ( Jakarta: PT Bumi Aksara 2013), h. 15.

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Usman, N., Hamid, S., & Muhammadiah, M. (2023). Penerimaan Peserta Didik Baru Berbasis Sistem Zonasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Bosowa Journal of Education, 4(1), 104–111. https://doi.org/10.35965/bje.v4i1.3840

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>