Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Motivasi Mengajar Guru Pada SD Negeri 228 Lagaroang Kecamatan Malili Kabupaten Luwu Timur

Authors

  • Suhaena Suhaena Sekolah Dasar Negeri 228 Lagarong Kabupaten Luwu Timur
  • Sukmawati Mardjuni Program Studi Manajemen, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa
  • Lukman Setiawan Program Studi Manajemen, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/bje.v2i2.1483

Keywords:

Peran Kepemimpinan, Motivasi Kerja Guru, Peningkatan Kinerja Guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi mengajar guru. Metode yang digunakan penulis adalah metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala SD Negeri 228 Lagaroang telah menjalankan peran kepala sekolah secara maksimal. Hal ini dapat diketahui dari motivasi mengajar guru di SD Negeri 228 Lagaroang sudah menunjukkan hasil yang baik. Peran kepala sekolah pun sudah terlaksana dengan baik pula meskipun masih ada sebagian kecil guru yang masih kurang dalam hal peningkatan kinerja. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi mengajar guru pada SD Negeri 228 Lagaroang Kecamatan Malili Kabupaten Luwu Timur adalah baik. Hal ini terlihat dari meningkatnya kinerja guru karena adanya motivasi kerja yang diberikan oleh kepala sekolah dalam meningkatkan perannya secara optimal.

This research aims to find out the role of principal leadership in increasing teacher teaching motivation. The method used was qualitative research.          The results showed that the principal of State Elementary School 228 Lagaroang had carried out maximally the principal’s role. It could be seen from teacher teaching motivation that had shown good results. The role of the principal had also been carried out well though there was still a small percentage of teachers who are still lacking in terms of improved performance.   To conclude, the leadership role of the principal in increasing teacher teaching motivation in State Elementary School 228 Lagaroang Malili District East Luwu Regency is good. It can be seen from the increasing performance of teachers thanks to the work motivation provided by the principal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Susanto. (2016). Manajemen Peningkatan Kinerja Guru Konsep, Strategi, dan Implementasi, (Jakarta: Kencana) .

Abdul Rahman Shaleh. (2006). Psikolo dan Industri dan Organisasi. Jakarta: Lembaga Penelitia UIN.

Arikunto, S. 2016. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Cet. XIII; Jakarta: Rineka Cipta.

Baharuddin, B. 2006. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Era Otonomi Pendidikan. El Harakah, 8(1), 19.

Handoko, T. H. 2007. Kepemimpinan Kepala Sekolah, Jakarta PT. Raja Grafindo Persada.

Ifni, O. 2017. Kreativitas Guru dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, 5(2).

Manizar, E. 2015. Peran guru sebagai motivator dalam belajar. Tadrib, 1(2), 204-222.

Margono. 2003. Metodologi Penelitian. Cet. II; Jakarta: Rineka Cipta.

Shabir, M. 2015. Kedudukan Guru Sebagai Pendidik (Tugas dan Tanggung Jawab, Hak dan Kkewajiban, dan Kompetensi Guru). AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(2), 221-232.

Shaleh, A. R dan Nisa, Y. F. 2006. Psikologi Industri dan Organisasi. Jakarta: UIN Jakarta Press.

Subandi, S. 2011. Deskripsi Kualitatif Sebagai Satu Metode dalam Penelitian Pertunjukan. Harmonia Journal of Arts Research and Education, 11(2), 62082.

Sumarno. (2016). Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Karakter Peserta Didik”, Jurnal Al Lubab, Volume 1, No. 1.

Syaiful Bahri Djamhara. (2010). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, Cet. II; Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R & D, Bandung: Alfabeta.

Suprihana, S., Halim, A., & Subkhan, M. 2015. Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru SD/MI, UPT TK dan SD Kecamatan Playen Tahun 2014 (Doctoral dissertation, STIE Widya Wiwaha).

Uno, H. B. 2021. Teori motivasi dan pengukurannya: Analisis di bidang pendidikan. Bumi Aksara.

Wahyosumidjo. (2007) Kepemimpinan Kepala Sekolah, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Wahyudi. (2009). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Organisasi Pembelajaran, Bandung: Alfabeta.

Wina Snjaya. (2016). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Cet. 12; Jakarta: Prenada media, 2016.

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Suhaena, S., Mardjuni, S., & Setiawan, L. . (2022). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Motivasi Mengajar Guru Pada SD Negeri 228 Lagaroang Kecamatan Malili Kabupaten Luwu Timur. Bosowa Journal of Education, 2(2), 136–141. https://doi.org/10.35965/bje.v2i2.1483