Implementasi Standar Pelayanan Minimal Guna Meningkatkan Efektivitas Kualitas Pendidikan Pada SMP Negeri Di Kecamatan Burau Kabupaten Luwu Timur

Authors

  • Kaslam Kaslam Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tomoni Kabupaten Luwu Timur
  • Seri Suriani Program Studi Manajemen, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa
  • Lukman Setiawan Program Studi Manajemen, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/bje.v2i2.1486

Keywords:

Standar Pelayanan Minimal, Kualitas Pendidikan, Efektivitas, Pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) bagaimana gambaran Pelaksanaan Pelayanan Administrasi untuk aspek perencanaan pada SMP Negeri di Kecamatan Burau, (2) gambaran Pelayanan Administrasi untuk aspek pengorganisasian pada SMP Negeri di Kecamatan Burau, (3) Gambaran Pelaksanaan Pelayanan Administrasi untuk aspek pelaksananaan pada SMP Negeri di Kecamatan Burau, dan (4) gambaran Pelaksanaan Pelayanan Administrasi untuk aspek pengawasan pada SMP Negeri di Kecamatan Burau. Jenis penelitian ini adalah metode deskriptif. Fokus penelitian ini adalah penyelenggaraan SPM pada SMP Negeri di Kecamatan Burau dengan membandingkan SPM yang telah ditetapkan dengan mengukur efektifitas penyelenggaran sesuai dengan indikator-indikator SPM yaitu: kurikulum, peserta didik, ketenagaan, sarana dan prasarana, organisasi, pembiayaan, rencana pengembangan sekolah, peranserta masyarakat. Sumber data utama adalah: kepala sekolah, guru, pegawai administrasi. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, dokumentasi dan observasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh adalah aspek perencanaan pengelolaan pendidikan terlaksana cukup baik yang mencakup: perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan terhadap pengelolaan pendidikan di Sekolah Menengah Negeri di Kecamatan Burau, sebagaimana yang tertuang dalam Pelayanan Administrasi, guna pencapaian tujuan masing-masing sekolah yang telah ditetapkan sebelumnya baik pencapaian visi, misi, dan sasaran yang dikehendaki..

This research aims to find out how is: (1) the description of the implementation of administrative services for planning aspects at junior high schools in Burau district, (2) the description of administrative services for organizing aspects at public junior high schools in Buraudistrict, (3) the description of administrative services implementation for implementation aspects at junior high school in Buraudistrict, and (4) the description of the implementation of administrative services for supervision aspects at junior high school in Burau district. This research used descriptive method. The focus of this research was the implementation of SPM at junior high schools in Burau District by comparing the established SPM by measuring the effectiveness of the implementation according to the SPM indicators, namely: curriculum, students, personnel, facilities and infrastructure, organization, financing, school development plans, and public participation. The main data sources were principals, teachers, administrative staffs. The data collection techniques were interviews, documentation and observation. The collected data were analyzed using qualitative descriptive analysis. The results of this research obtained the planning aspect of education management was carried out quite well, included: planning, organizing, implementing, and supervising in the management of education in public secondary schools in Burau District, as stated in the Administrative Service, to achieve the goals of each school that has been set, both the achievement of the desired vision, mission, and goals

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cintamulya, I. 2015. Peranan Pendidikan dalam Mempersiapkan Sumber Daya Manusia di Era Informasi dan Pengetahuan. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2).

Harika, N. Pentingnya Administrasi Layanan Khusus di Sekolah. Jurnal Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang.

Idrus, L. 2019. Evaluasi dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 920-935.

Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 129a/U/2004 Tentang Standar Pelayanan Minimal Bidang Pendidikan

Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 060/U/2002 tentang Pedoman Pendirian Sekolah.

Kirom, A. 2017. Peran Guru dan Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural. Jurnal Al-Murabbi, 3(1), 69-80.

Ngafifi, M. 2014. Kemajuan Teknologi dan Pola Hidup Manusia dalam Perspektif Sosial Budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 2(1).

Putra, A. 2016. Layanan Khusus Peserta Didik (Kesiswaan). El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 1-15.

Raharjo, S. B., & Yuliana, L. 2016. Manajemen Sekolah untuk Mencapai Sekolah Unggul yang Menyenangkan: Studi Kasus di SMAN 1 Sleman Yogyakarta. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 1(2), 203-217.

Ramschie, J., Suaib, H., & Sattu, S. (2017). Sistem Pelayanan Administrasi untuk Meningkatkan Motivasi terhadap Guru dan Peserta Didik pada SD YPPK Kristus Raja II Kota Sorong. Gradual, 6(1), 1-12.

Undang-undang RI No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Zakhiroh, R. 2017. Pengaruh Kinerja Tenaga Administrasi Sekolah terhadap Kualitas Layanan Administrasi Non Akademik. DIDAKTIKA: Jurnal Pemikiran Pendidikan, 19(2), 59-70.

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Kaslam, K., Suriani, S., & Setiawan, L. (2022). Implementasi Standar Pelayanan Minimal Guna Meningkatkan Efektivitas Kualitas Pendidikan Pada SMP Negeri Di Kecamatan Burau Kabupaten Luwu Timur. Bosowa Journal of Education, 2(2), 156–163. https://doi.org/10.35965/bje.v2i2.1486