KINERJA PELAYANAN PUBLIK DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN SINJAI

(STUDI KASUS PADA PELAYANAN KARTU KELUARGA DAN E-KTP)

Authors

  • Uzlifah Andi Nanggung Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sinjai
  • Imran Ismail Program Studi Ilmu Administrasi Negara Program Pascasarjana Universitas Bosowa
  • Juharni Juharni Program Studi Ilmu Administrasi Negara Program Pascasarjana Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/jpan.v2i2.383

Keywords:

Kinerja, Petugas, Pelayanan Publik, Kartu Keluarga, E-KTP, Sinjai

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses kinerja pelayanan publik pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sinjai yang dilaksanakan oleh birokrasi pemerintahan menyangkut pemenuhan hak-hak sipil masyarakat dalam penerbitan Dokumen Kependudukan khususnya kartu Keluarga dan KTP-elektronik serta menggambarkan faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi pelayanan publik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Informan penelitian terdiri dari kepala dinas, sekertaris, kabid kependudukan  petugas pelayanan dan masyarakat dengan jumlah informan 9 orang, sumber data terdiri dari data primer dan sekunder yang diperoleh dari tehnik pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan yang diselenggarakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sinjai sudah cukup baik dan sistematis. Pelayanan yang diberikan sudah dapat mengakomodir kebutuhan masyarakat tentang dokumen kependudukan secara legal, formal sesuai dengan peraturan perundang-undangan khususnya dokumen Kartu Keluarga dan KTP-elektronik. Dengan mengaplikasikan teknologi berbasis komputer yang terintegrasi langsung kepusat dan seluruh Dukcapil seIndonesia serta dengan kompetensi petugas yang mampu mengoperasikan komputer untuk mendukung kinerja petugas. Namun yang perlu ditingkatkan adalah Sumber daya Manusia, peningkatan Anggaran yang dapat menunjang kesejahteraan petugas pelayanan serta peningkatan sarana dan prasarana pelayanan yang merupakan factor penghambat pelayanan sehingga dapat memberikan pelayanan prima kepada Masyarakat.

This study aims to determine the performance process of public services at the Department of Population and Civil Registration in Sinjai Regency carried out by the government bureaucracy regarding the fulfillment of civil rights in the issuance of Population Documents, especially family cards and electronic ID cards, and to describe the supporting and inhibiting factors that affect public services. This study uses a qualitative method. The research informants consisted of the head of the department, secretary, head of population unit, service officers with a total of 9 informants, with data sources consisting of primary and secondary data obtained from data collection techniques through observing, interviewing, and documenting. The results showed that the services provided by the Department of Population and Civil Registration of Sinjai Regency were quite good and systematic. The services provided have been able to accommodate the needs of the community regarding population documents legally, formally in accordance with statutory regulations, especially family cards and electronic ID cards. By applying computer-based technology that is integrated directly into the center and all the related departments throughout Indonesia with the competence of officers who are able to operate computers to support the performance of officers. Haowever, what needs to be improved is Human Resources, increasing the Budget that can support the welfare of service personnels as well as the improvement of service facilities and infrastructures, which are factors that hinder the service so that they can provide excellent service to the community.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A.S. Moenir (2016) Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta : Bumi Aksara.

Estaswara, Helpris (2012), Stakerholder Relationship In Integrated Communication, Universitas Pancasila, Jakarta.

Lukman, Sampara, (2002). Manajemen Kualitas Pelayanan, STIA LAN, Jakarta.

Peraturan Bupati Sinjai Nomor 66 Tahun 2016 tentang susunan organisasi, kedudukan, tugas pokok dan fungsi kerja dinas.

Peraturan Bupati kabupaten Sinjai nomor 10 tahun 2015 tentang perubahan atas peraturan daerah nomor 7 tahun 2010 tentang penyelenggaran administrasi kependudukan.

Pabundu, Tika. (2008), Budaya Organisasi dan Peningkatan Kinerja Perusahaan.: Bumi Aksara, Jakarta.

Sugiyono, (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Schiffman, Leon G, Leslie, Lazar Kanuk (2004) Asas-asas Manajemen, PT Refika Aditama, Bandung

Sianipar. JPG (1999), Manajemen Pelayanan Publik, Lembaga Administrasi Negara Jakarta.

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 pasal 1 Tentang Pelayanan Publik.

Downloads

Published

2021-01-09

How to Cite

Nanggung, U. A., Ismail, I., & Juharni, J. (2021). KINERJA PELAYANAN PUBLIK DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN SINJAI: (STUDI KASUS PADA PELAYANAN KARTU KELUARGA DAN E-KTP). Jurnal Paradigma Administrasi Negara, 2(2), 100–106. https://doi.org/10.35965/jpan.v2i2.383