Kualitas Pelayanan Armada Bus Bandara Menurut Persepsi Masyarakat Pengguna Di Kota Makassar

Authors

  • Erna Cahyani Program Studi Bina Wisata Fakultas Ekonomi Dan Ilmu Sosial Universitas Fajar
  • Andi Ibrahim Yunus Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Fajar
  • Dede Rohmani Program Studi Hubungan Internasioanl Fakultas Ekonomi Dan Ilmu Sosial Universitas Fajar
  • Rukaiyah Rukaiyah Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Ilmu Sosial Universitas Fajar

DOI:

https://doi.org/10.35965/eco.v22i2.1517

Keywords:

Armada, Pelayanan, Penumpang, Bandara

Abstract

Volume kendaraan pribadi besar yang beraktifitas di jalan raya, menimbulkan permasalahan diantaranya terjadi kemacetan yang disebabkan kepadatan lalu lintas,. Tujuan penelitian untuk mengetahui persentase kualitas pelayanan armada bus dalam melayani masyarakat pengguna. Metode yang digunakan untuk mengolah data primer yang diperoleh dari lapangan yaitu Software Microsoft Excel 2010. Adapun hasil penelitian, yaitu: persentase kualitas layanan terhadap penumpang sebesar 4%. Sehingga disimpulkan bahwa kualitas layanan armada bus terhadap penumpang, diperoeh dari nilai pelayanan operator armada sebesar 1566 (48%), kategori cukup baik; nilai pelayanan operator armada bus sebesar 720 (56%), kategori cukup baik; sehingga diperoleh pesentase jumlah penumpang armada bus sebesar 4%..

The volume of large private vehicles that are active on the highway, causes problems including congestion caused by traffic density,. The purpose of the study was to determine the percentage of the service quality of the bus fleet in serving the user community. The method used to process primary data obtained from the field is Microsoft Excel 2010 software. The results of the study are: the percentage of service quality to passengers is 4%. So it can be concluded that the service quality of the bus fleet to passengers is obtained from the service value of the fleet operator of 1566 (48%), the category is quite good; the service value of the bus fleet operator is 720 (56%), quite good category; so that the percentage of the number of passengers in the bus fleet is 4%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ainum Roma, Ahmad. 2010. Reformasi Pelayanan Publik. Cetakan Kedua. Malaang: Program Sekolah PLaCIDS (Publik Policy Analysis and Community Development Studies) dan KID (Komunitas Indoneisa Untuk Demokrasi).

Abubakar, I. 1996. Manajemen Transportasi Perkotaan. Masyarakat Transportasi Indonesia. Jakarta.

Akdon dan Riduwan. 2005. Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika. Alfabeta. Bandung.

Anonim. 1993. Angkutan Jalan. Peraturan Pemerintah. Jakarta.

Anonim. 2002. Pedoman Teknis Penyelenggaraan Angkutan Umum di Wilayah Perkotaan Dalam Trayek Tetap dan Teratur. Penerbit Perhubungan Darat. Jakarta.

Anonim. 2003. Penyelenggaraan Angkutan Orang di Jalan Dengan Kendaraan Umum. Penerbit Perhubungan Darat. Jakarta.

Alan N (2010), Bus Damri Makassar: Nasibmu Kini, http://majalahversi.net/keliling/busdamri-makassar-nasibmu-kini .

Herawati Mutharudin, Badan Litbang Perhubungan Jalan Merdeka Timur No 5 Jakarta Pusat

Iqbal, Muhammad. 2007. Pelayanan yang Memuaskan. Cetakan Pertama. Jakarta: PT. Elex Media Kompotindo.

Nur Hadija Yunanti, Sri Wahyuni Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Bosowa

Marsaoly, I. 2021. Studi Efisiensi BRT Perum Damri Bandara Internasional Sultan Hasanudin dalam Melayani Penumpang (Skripsi). Universitas Fajar. Makassar.

Muh Nur (1465142019) Fakultas Ilmu Sosisal, Universitas Negeri Makassar.

Potlak Sinambela, Lijan. 2008. Reformasi Pelayanan Publik Teori, Kebijakan, dan Inplementasi. Cetakan Ketiga. Jakrta: PT. Bumi Aksara.

Santoso, Pandji, Abd. 2013. Manajemen Pemaasaran Jasa: Pendekatan Integratif antara Teori dan Inplementasi. Cetakan Pertama. Bogor: IPB Pres.

Santoso, Pandji. 2008. Administrasi Publik-Teori dan Aplikasi Good Governance. Cetakan Petma. Bandung: PT. Refika Aditama.

Sugiyono, 2016. Metode penelitian Kuantitatif, Kualiatatif dan R&D. Cetakan Ke-23. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2022-08-30