Strategi Bisnis Perempuan Pedagang Asongan di Pelabuhan Nusantara Kota Pare-Pare, Sulawesi Selatan

Authors

  • Asmirah Asmirah Program Studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Bosowa
  • Darmawati Manda Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bosowa
  • Ali Anas Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/eco.v25i2.7410

Keywords:

Strategi, Bisnis, Pedagang Asongan

Abstract

Tingkat partisipasi angkatan kerja perempuan di sektor informal belum dapat memberikan penghasilan yang cukup untuk meningkatkan kesejahteraannya meski kesempatan kerja sektor informal senantiasa mengalami peningkatan. Fokus analisis terdiri dari 5 (lima) strategi berdagang asongan yaitu strategi bertahan menjalankan usaha, strategi penetapan harga, strategi pemasaran, strategi pengorganisasian diri dalam kelompok, dan strategi berinteraksi di pelabuhan. Jenis penelitian kualitatif menggunakan strategi fenomenologi. Informan penelitian di pilih secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) menjaga kesehatan, kepemilikan modal, membangun kebersamaan serta tidak melanggar norma masyarakat. 2) mengetahui harga yang ditetapkan oleh pesaing sebelum menentukan harga barang sendiri dan memperhatikan keadaan dan kelangkaan barang, 3) berupaya mendekati pembeli sejak di dermaga pelabuhan sampai di atas kapal, 4) sebagai bagian dari kelopok dan menjadi anggota nyang sahterdaftar dapat membantu mengatasi hambatan yang dihadapi oleh individu, 5) melakukan interaksi di pelabuhan karena alasan ekonomi juga krena alasan sosial.

The level of female labor force participation in the informal sector has not yet provided sufficient income to improve their welfare, even though informal sector employment opportunities are consistently increasing. The focus of the analysis consists of five hawking strategies: business survival strategies, pricing strategies, marketing strategies, self-organization strategies within groups, and interaction strategies at the port. This qualitative research used a phenomenological strategy. Research informants were selected using purposive sampling. Data collection techniques were conducted through observation, in-depth interviews, and documentation. The results of the study indicate that: 1) maintaining health, capital ownership, building togetherness, and not violating community norms; 2) knowing the prices set by competitors before setting their own prices and paying attention to the condition and scarcity of goods; 3) trying to approach buyers from the port dock until boarding the ship; 4) being part of a group and being a legally registered member can help overcome obstacles faced by individuals; 5) interacting at the port for both economic and social reasons.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdulsyani (2002). Sosiologi Skematika, Teori dan Terapan. Jakarta. PT. Bumi Aksara.

Agusyanto Ruddy (2007) Jaringan Sosial dalam Organisasi Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.

Ahmadi Rulam (2005). Memahami Metodologi Penelitian Kualitatif. Malang. Universitas Negeri Malang (UM. Press)

Amirin M. Tatang (2010). Pokok-Pokok Teori Sistem. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.

Anwar (2007). Manajemen Pemberdayaan Perempuan. Perubahan Sosial Melalui Pembelajaran Vocational Skills Pada Keluarga Nelayan. Bandung. Alfabeta.

Bachtiar Wardi (2006). Sosiologi Klasik. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Bakhtiar Amsal (2005). Filsafat Ilmu. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.

Basrowi (2005). Pengantar Sosiologi. Ciawi Bogor. Ghalia. Indonesia.

Beauvoir De Simon (2003). Second Sex. Kehidupan Perempuan. Pustaka Promothea.

Beilharz Peter (2005). Teori-Teori Sosial. Observasi Terhadap Para Filosof Terkemuka. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Berry David (2003). Pokok-Pokok Pikiran Dalam Sosiologi. Jakarta. PT. Rajagrafindo Persada.

Bungin Burhan (2001). Metode Penelitian Sosial : Format-Format Kuantitatif dan Kualitatif. Surabaya. Airlangga University Press.

Coleman S. James (2008). Dasar-Dasar Teori Sosial. Bandung. Nusa media.

Giddens Anthony (2004). The Constitution of Society. Teori Strukturasi Untuk Analisis Sosial. Pasuruan. Pedati.

Hamid Abu (2003). Metodologi Penelitian Sosial. Suatu Strategi, Teknik dan Taktik Wawancara. Makassar. Program Pascasarjana Universitas Hasanuddin.

Hasbullah Jousairi (2006). Social Capital (Menuju Keunggulan Budaya Manusia Indonesia). Jakarta. Indonesia. MR-United Press.

Herimanto & Winarno (2010). Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Jakarta. Bumi Aksara.

Jones PIP (2009). Pengantar Teori-Teori Sosial. Dari Teori Fungsionalisme Hingga Post-Modernisme. Jakarta. Yayasan Obor Indonesia.

Marzali Amri (2007). Antropologi dan Pembangunan Indonesia. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.

Muhadjir Noeng (2001). Filsafat Ilmu Posivisme, Post Posivisme, dan Post Modernisme. Yogyakarta. Rake Sarasin.

---------------------- (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi IV. Yogyakarta. Rake Sarasin.

Muhammad Abdulkadir (2005). Ilmu Sosial Budaya Dasar. Bandung. Citra Aditya Bakti.

Narwoko Dwi& Suyanto Bagong (2007). Sosiologi Teks Terapan Dan Pengantar. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.

Nasikun (2007). Sistem Sosial Indonesia. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.

Ollenburger C. Jane (1996). Sosiologi Wanita. Jakarta. Rineka Cipta.

Ollenburger C. Jane & Moore H. Helen (2002). Sosiologi Wanita. Jakarta. PT. Rineka Cipta.

Piliang Amir Yasrat (2004). Postrealitas: Realitas Kebudayaan Dalam Era Postmetafisika. Yogyakarta. Jalasutra.

Poloma M. Margaret (2007). Sosiologi Kontemporer. Jakarta. PT. Raja Grafindo Prenada.

Priyono Herry B. (2002). Anthony Giddens Suatu Pengantar. Jakarta. Kepustakaan Populer Gramedia.

Rafiek (2012), Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Yogyakarta. Aswaja Pressindo.

Raho Bernard (2007). Teori Sosiologi Modern. Jakarta. Prestasi Pustaka.

Rauf Rabihatun (2008). Angkatan Kerja Wanita. Kasus Tiga Kota Di Sulawesi Selatan. Makassar. Raihan Intermedia.

-------------------(2002). Ketika Kapitalisme Berjingkrang. Telaah Kritis Terhadap Gelombang McDonaldisasi. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Ritzer George – Goodman J. Douglas (2007). Teori Sosiologi Modern. Jakarta. Kencana Prenada Media group.

Santoso Gempur (2005). Metodologi Penelitian (Kuantitatif dan Kualitatif). Jakarta. Prestasi Pustaka.

Setiadi M. Elly, dkk (2011). Ilmu Sosial Dan Budaya Dasar. Jakarta. Kencana Prenada Media group.

Smith Bonnie G. Ed. (2004). Women’s History In Global Perspective. Volume 1. USA. American Historical Association.

------------------------------ (2005). Women’s History In Global Perspective. Volume 2. USA. American Historical Association.

Strauss Anselm & Corbin Juliet (2007). Dasar-Dasar Penelitian Kualitatif. Tatalangkah Dan Teknik-Teknik Teoritisasi Data. Yogyakarta. Pustaka Pelajar Offset.

Sukidin (2009). Sosiologi Ekonomi. Jember. Center For Society Studies. (CSS).

Sugiyono (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung Alfabeta.

Supardan Dadang (2008). Pengantar Ilmu Sosial. Sebuah Kajian Pendekatan Struktural. Jakarta. Bumi Aksara.

Susan Novri (2009). Sosiologi Konflik & Isu-Isu konflik Kontemporer. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.

Suyanto Bagong & Amal Khusna M, Ed (2010). Anatomi Dan Perkembangan Ilmu Sosial. Yogyakarta. Aditya Media Publishing.

Sztompka Piotr. (2004). Sosiologi Perubahan Sosial. Jakarta. Prenada Media.

Weber Max (2000). Etika Protestan Dan Semangat Kapitalisme. Surabaya. Pustaka Promethea.

Downloads

Published

2025-08-30