ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN TERHADAP TINGKAT PENDAPATAN AGRIBISNIS JERUK BESAR (Citrus grandis) DI KABUPATEN PANGKAJENE dan KEPULAUAN
Keywords:
Perbaikan Pola Distribusi Hasil PertanianAbstract
Pembangunan jangka panjang di Indonesia telah meletakkan titik berat prioritas pada pembangunan ekonomi dengan sasaran utama untuk mencapai keseimbangan antara sektor pertanian dan sektor lainnya sepeti industri, perdagangan dan jasa. Pembangunan ekonomi dengan pemberian perioritas pada sektor pertanian.
Tujuan penelitian ini untuk melihat peningkatan pendapatan (nilai tambah ) terhadap petani jeruk besar bila dilakukan diversifikasi saluran distribusi pemasaran, dan mengetahui andil petani di Kabupaten Pangkajene Kepulauan pada berbagai alternatif saluran distribusi pemasaran.
Hasil penelitian bahwa pendapatan yang diperoleh petani yang menggunakan saluran distribusi langsung lebih tinggi dari pada menggunakan saluran distribusi tidak langsung. Usahatani jeruk di daerah penelitian sangat layak atau menguntungkan untuk dikembangkan berdasarkan analisa, dalam perhitungan marjin pemasaran dan efisiensi pemasaran pada saluran distribusi I yang medapatkan nilai tertinggi, namun tidak efisien karena jumlah yang terjual kalau petani bertindak sebagai pedagang, dan petani sebaiknya menggunakan saluran distribusi langsung karena petani tidak banyak menanggung resiko.