PENERAPAN MARKETING MIX TERHADAP PENGOLAHAN USAHA TANI HOLTIKULTURA DI KABUPATEN ENREKANG
Keywords:
Pendapatan, Marketing mix, Nilai tambahAbstract
Kabupaten Enrekang merupakan salah satu penghasil tanaman holtikuktura khususnya usahatani buah salak terbesar di Sulawesi Selatan yang memiliki potansi yang dapat dikembangkan dari segi kualitas produksi yang nantinya diharapkan pula dapat meningkatkan pendapatan usahatani salak Metode yang digunakan dalam penelitian ini secara purporsove dengan memilih tiga masing-masing desa Kambiolangi, Desa Mata Allo, dan Desa Sumilang di Kecamatan Alla dengan menggunakan analisis keuntungan relative (Benefit Cost Ratio Analysis) dan analisis marjin dan efisiensi pemasaran. Hasil analisis dengan menggunakan benefit cost ratio pada ke tiga desa kasus, masing-masing desa memperoleh B/C 1,14, 1,151, dan 1,36. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penggunaan strategi marketing mix II yang ditarafkan dapat memberikan tambahan manfaat bagi petani salak.