DELAMINASI LEMBAR GFRP PADA BALOK BETON BERTULANG

Authors

  • Hijriah - Mahasiswa Program Doktor Teknik Sipil Universitas Hasanuddin
  • Herman Parung Dosen Departemen Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin
  • Djamaluddin - Dosen Departemen Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin
  • Rita Irmawaty Dosen Departemen Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin

Keywords:

Delaminasi, Glass Fiber Reinforced Polymer

Abstract

Balok sebagai salah satu komponen struktur yang sering menggunakan beton bertulang sebagai material penyusunnya, terkadang dalam membuat desainnya masih sering kali terjadi kesalahan, sehingga hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada balok. Kerusakan yang terjadi pada beton bertulang biasanya ditandai dengan munculnya retakan, apabila tidak segera diatasi maka dapat berlanjut pada keruntuhan struktur. Belakangan ini telah ditemukan teknologi Fiber Reinforced Polymer (FRP) yang dapat digunakan sebagai alternatif perbaikan dan perkuatan struktur. Namun demikian salah satu mode kegagalan pada beton bertulang dengan perkuatan FRP yaitu delaminas).
Delaminasi pada area lekatan FRP dapat menyebabkan penurunan kapasitas komponen yang signifikan yang menyebabkan kegagalan dini dari balok beton bertulang. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kapasitas pada balok yang diperkuat GFRP dan menganalisis perilaku delaminasi pada balok GFRP. Penilitian ini dilakukan di Laboratorium Struktur dan Bahan Universitas Hasanuddin. Benda uji terdiri dari 12 buah balok bertulang dengan dimensi 15 cm x 20 cm x 330 cm yang telah diperkuat dengan GFRP pada daerah lentur. Data yang diamati adalah beban maksimum, lendutan dan mode keruntuhan balok.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa  balok dengan perkuatan GFRP mampu meningkatkan kapasitas lentur dari balok sebesar 4.14 % terhadap balok normal. Mode keruntuhan yang terjadi pada benda uji disebabkan karena kegagalan lekatan antara beton dengan GFRP (delaminasi). Benda uji menunjukkan perilaku yang sama saat delaminasi mulai terjadi yaitu hubungan beban regangan antara baja dan FRP sudah tidak beriringan dan ditandai dengan terdengarnya bunyi kecil, bunyi sedang, bunyi besar yang menandakan bahwa GFRP mulai terlepas dari permukaan beton.

Downloads

Download data is not yet available.

Additional Files

Published

2019-01-10