PENGARUH ABU TERBANG KELAS-F TERHADAP ABRASI MORTAR BETON

Authors

  • Nur Hadijah Dosen Jurusan Teknik Sipil, FakultasTeknik, Universitas Bosowa
  • Hijriah - Dosen Jurusan Teknik Sipil, FakultasTeknik, Universitas Bosowa

Keywords:

Fly Ash, Abrasi, Mortar

Abstract

Pemanfaatan beton untuk konstruksi bangunan sangat luas, tidak hanya pada konstruksi gedung tetapi juga pada konstruksi jalan, jembatan dan prasarana lainnya. Beton merupakan sekumpulan interaksi mekanis dan kimiawi dari material berupa campuran agregat halus, agregat kasar serta semen Portland dan jika perlu diberi bahan tambah agar beton menjadi lebih berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui spesifikasi Fly Ash (Abu Terbang) dan mengetahui bagaimana kekuatan dari campuran beton yang menggunakan Fly Ash sebagai bahan tambah pada agregat halus.
Penelitian ini bersifat eksperimental yang dilaksanakan di Laboratorium Bahan dan Beton Politeknik Negeri Ujung Pandang. Variasi benda uji yaitu pada penambahan Fly Ash dengan kadar 0%, 5%, 10%, 15% dan 20 %. Benda uji akan diamati pada umur 14, 28, 42 dan 56 hari, dimana jumlah benda uji sebanyak 60 buah. Pengujian yang dilakukan meliputi pengujian karakteristik material yang digunakan baik itu agregat kasar maupun agregat halus serta pengujian abrasi mortar beton untuk menentukan hasil keausan.
Hasil penelitian disimpulkan bahwa material Fly Ash kelas-F memenuhi kriteria sebagai agregat halus untuk campuran beton.

Downloads

Download data is not yet available.

Additional Files

Published

2017-12-15