IMPLEMENTASI KINERJA GURU PKN BERSERTIFIKAT PENDIDIK PADA SMP NEGERI DI KECAMATAN MANGGALA KOTA MAKASSAR
Abstract
Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Tujuannya adalah (1) Untuk mengetahui kinerja guru PKn bersertifikat pendidik yang lulus melalui portofolio dan PLPG (Pendidikan dan Latihan Profesi Guru) pada SMP Negeri di Kecamatan Manggala Kota Makassar. (2) Perbedaan kinerja guru PKn bersertifikat pendidik sebelum dan sesudah sertifikasi guru pada SMP Negeri di Kecamatan Manggala Kota Makassar. (3)Peningkatan kinerja guru PKn bersertifikat pendidik yang lulus melalui portofolio dan PLPG (Pendidikan dan Latihan Profesi Guru) pada SMP Negeri di Kecamatan Manggala Kota Makassar. Variabel penelitian ini adalah Implementasi kinerja guru PKn bersertifikat pendidik.Populasi penelitian ini adalah seluruh guru PKn bersertifikat pendidik pada SMP Negeri Kecamatan Manggala Kota Makassar yang berjumlah 4 orang. Sampel penelitian menggunakan Total Sampling yaitu seluruh guru PKn bersertifikat pendidik pada SMP Negeri Kecamatan Manggala Kota Makassar yang berjumlah 4 orang.. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1)Implementasi kinerja guru PKn bersertifikat pendidik pada SMP Negeri di Kecamatan Manggala Kota Makassar menunjukkan kinerja yang baik dalam hal perencanaan program kegiatan pembelajaran, pengelolaan kelas,dan evaluasi / penilaian pembelajaran. (2)Perbedaan kinerja guru PKn sebelum dan sudah bersertifikat pendidik terletak pada kemampuan guru dalam mengelola program pembelajaran, mengelola kelas, menggunakan media, kemampuan mengenal fungsi dan program pelayanan bimbingan dan penyuluhan, kemampuan menyelenggarakan administrasi sekolah.(3)Setelah mendapatkan sertifikat pendidik, guru PKn menunjukkan peningkatan kinerja dalam hal pengelolaan program pembelajaran termasuk di dalamnya pembuatan perencanaan pembelajaran, penggunaan media pembelajaran, pengelolaan kelas, dan pembimbingan peserta didik.