PENINGKATAN DIVERSIFIKASI DAN KUALITAS OLAHAN BUAH NAGA

Authors

  • Zulkifli Maulana Dosen Fakultas Pertanian Universitas Bosowa Makassar
  • Andi Tenri Fitriyah Dosen Fakultas Pertanian Universitas Bosowa Makassar
  • Zulkifli Razak Dosen Fakultas Pertanian Universitas Bosowa Makassar

Keywords:

Buah Naga, selei, dodol, tea buah naga

Abstract

Buah naga kaya akan vitamin A dan C, mineral serta karbohidrat. Buah naga  mengandung kalium, zat besi, protein, kalsium dalam jumlah yang cukup baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh.  Zat-zat ini menetralkan racun dalam darah, meningkatkan daya penglihatan dan mencegah hipertensi dan sejumlah manfaat lainnya. Secara keseluruhan, setiap buah naga merah mengandung protein yang mampu mengurangi metabolisme badan dan menjaga kesehatan jantung. Buah naga juga mengandungi zat besi untuk menambah darah; vitamin B1 (menjaga panas tubuh); vitamin B2 (menambah selera); vitamin B3 (menurunkan kadar kolesterol) dan vitamin C (menambah kelicinan, kehalusan kulit serta mencegah jerawat).

Prospek inilah  buah naga  dapat dijadikan sebagai sebuah ide cemerlang untuk membuka lahan bisnis baru bagi mereka yang berjiwa entrepreneur. Selain itu juga dapat membuka lapangan pekerjaan baru untuk mengurangi pengangguran. Berdasarkan kualitas kandungannya  buah naga sangat baik  untuk di kembangkan sebagai makanan kesehatan.  Berdasarkan data BPS  kecamatan  Pallangga diperoleh bahwa produksi buah naga tahun  2012 adalah sebesar  18.370 ton/tahun. Petani belum memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam melakukan pengolahan  buah naga menjadi berbagai produk olahan buah naga untuk meningkatkan nilai jualnya. Pengolahan diversifikasi berbagai produk olahan buah naga (dodol, selei, dan tea buah naga )  merupakan upaya yang dilakukan untuk mengatasi masalah kelompok tani buah naga Desa Bonto Ramba Kecamatan Pallangga Kabupaten  Gowa.

 Kegiatan pengabdian ini dilakukan melalui metode pelatihan dan penerapan teknologi tepat guna diversifikasi berbagai produk olahan buah naga (dodol, selei, dan teh buah naga) kepada kelompok tani mitra. Permasalahan lain adalah pemasaran hasil produk olahan buah naga. Melalui  Penyuluhan, pelatihan,  pembinaan dan penerapan strategi pemasaran dan teknologi tepat guna, diharapkan adanya  peningkatan pemasaran dan produksi olahan  buah naga.

Tujuan kegiatan pengabdian ipteks bagi masyarakat (IbM) adalah untuk meningkatkan mutu buah naga dan olahan produknya dengan menggunakan teknologi tepat guna. Mitra dalam  kegiatan pengabdian ini  adalah kelompok Tani Mario  dan kelompok usaha Sinar Jaya desa Bonto Ramba kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa

Downloads

Download data is not yet available.

Additional Files

Published

2017-05-17