Persepsi Guru Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Di SDN Rappojawa Nomor 71 Kota Makassar
Keywords:
Persepsi Guru, Pemahaman Guru, Kurikulum MerdekaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru terhadap implementasi kurikulum merdeka di SDN Rappojawa Nomor 71 Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Guru di SDN Rappojawa Nomor 71 menjadi subjek dalam penelitian ini, dengan jumlah partisipan dalam penelitian ini adalah 15 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara kepada subjek penelitian dan melakukan observasi pembelajaran di kelas yang diampunya serta dengan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru SDN Rappojawa Nomor 71 Kota Makassar belum seluruhnya memahami kurikulum merdeka baik secara teoretis maupun praktis. Sebagian besar guru di SDN Rappojawa Nomor 71 belum mempunyai pengetahuan yang cukup memadai mengenai kurikulum merdeka sebagai bekalnya dalam melaksanakan kurikulum baru ini.
References
Aulia, D., Murni, I., & Desyandri, D. 2023. Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar melalui Platform Merdeka Mengajar (PMM). Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b), 800-807. (https://jipp.unram.ac.id/index.php/jipp/article/view/1310). Diakses pada 22 Desember 2023.
Baehaki, B. 2023. Faktor Penghambat Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka. Prosiding, Seminar dan Musyawarah Nasional yang diselenggarakan oleh Pendidikan Dasar Umsurabaya, Tanggal 9 Agustus 2023. Surabaya: Universitas Muhammadiyah Surabaya. (https://journal.um-surabaya.ac.id/Pro/issue/view/785). Diakses pada 17 Desember 2023.
Haerullah, H., & Elihami, E. 2020. Dimensi perkembangan pendidikan formal dan non formal. Jurnal edukasi nonformal, 1(1), 199-207. (https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/504). Diakses pada 19 Juli 2023.
Hamid, A. 2017. Guru profesional. Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman dan Kemasyarakatan, 17(2), 274-285. (https://ejurnal.staialfalahbjb.ac.id/index.php/alfalahjikk/article/view/26). Diakses pada 17 Desember 2023.
Khoirurrijal, Fadriati, Sofia, Makrufi, A. D., Gandi, S., Muin, A., Tajeri, Fkhrudin, A., Hamdani, & Suprapno. 2022. Pengembangan Kurikulum Merdeka. Literasi Nusantara Abad. (https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Khoirurrijal+2022&btnG=). Diakses pada 19 Juli 2023.
Kurniati, P., Kelmaskouw, A. L., Deing, A., Bonin, B., & Haryanto, B. A. 2022. Model Proses Inovasi Kurikulum Merdeka Implikasinya Bagi Siswa Dan Guru Abad 21. Jurnal Citizenship Virtues, 2(2), 408–423. (https://doi.org/10.37640/jcv.v2i2.1516). Diakses pada 19 Juli 2023.
Kuswana, Wowo Sunaryo. 2012. Taksonomi Kognitif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Diakses pada 2 Januari 2024.
Marisa, M. 2021. Inovasi Kurikulum “Merdeka Belajar” di Era Society 5.0. Santhet: (Jurnal Sejarah, Pendidiikan Dan Humaniora), 5(1), 72. https://doi.org/10.36526/js.v3i2.e-ISSN. Diakses pada 19 Juli 2023.
Mulyasa, H. E. 2023. Implementasi Kurikulum Merdeka. Bumi Aksara. Diakses pada 2 Januari 2024.
Pertiwi, A. D., Nurfatimah, S. A., & Hasna, S. 2022. Menerapkan metode pembelajaran berorientasi student centered menuju masa transisi kurikulum merdeka. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 8839-8848. Diakses 17 Desember 2023.
Priantini, D. A. M. M. O., Suarni, N. K., & Adnyana, I. K. S. 2022. Analisis kurikulum merdeka dan platform merdeka belajar untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 8(02), 238-244. (http://ojs.uhnsugriwa.ac.id/index.php/JPM/article/view/1386). Diakses pada 20 Juli 2023.
Rahayu, R., & Satibi, I. 2021. Manajemen Strategi Era Revolusi 4.0 dalam Peningkatan Kualitas Guru di MTS Ma’arif NU 01 Pekuncen Kec. Pekuncen Kab. Banyumas. Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Kebumen. (http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/261/). Diakses pada 19 Juli 2023.
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. 2022. Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal basicedu, 6(4), 6313-6319. Diakses 9 Desember 2023.
Salsabilla, I. I., Jannah, E., & Juanda, J. 2023. Analisis Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Jurnal Literasi dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 33-41. Diakses 10 Desember 2023.
Sasmita, E., & Darmansyah, D. 2022. Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kendala Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka (Studi Kasus: Sdn 21 Koto Tuo, Kec. Baso). Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 5545-5549. (https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/9154). Diakses padaa 6 Desember 2023.
Sulistiyanarum, T., & Fathurrahman, M. 2023. Implementasi Proyek Penguatan Profil Siswa Pancasila (P5) pada Kurikulum Merdeka di SD Nasima Semarang. Jurnal Profesi Guru, 9 (2), 121-128. Diakses 10 Desember 2023.
Sumandya, I. W., Widayani, N. L. M. M., & Nugraha, I. N. B. S. 2022. PKM. Komunitas Belajar Guru Matematika Kabupaten Badung Dalam Pelatihan Pemanfaatan Platfom Merdeka Mengajar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Widya Mahadi, 3(1). Diakses 24 Desember 2023.
Syarifudin. 2023. Analisis Pemahaman Guru Terhadap Kurikulum Merdeka Belajar, Studi Kasus 5 Madrasah Ibtidaiyah (MIN & MIS) Manggarai Barat. The Journal of Humanities and Applied Education. (https://jurnal.unikastpaulus.ac.id/index.php/je/issue/view/109). Diakses pada 6 Desember 2023.
Yunita, Y., Zainuri, A., Ibrahim, I., Zulfi, A., & Mulyadi, M. 2023. Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Jambura Journal of Educational Management, 16-25. (https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/JJEM/article/view/2122). Diakses 28 Desember 2023.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fina Melani Putri, Muhammad Yunus, Burhan Burhan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.