ANALISIS SISTEM PENGELOLAAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKANDI KABUPATEN MAROS
DOI:
https://doi.org/10.35965/jbm.v5i1.1857Keywords:
Sistem Pengelolaan, Mutu PendidikanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana sistem pengelolaan pendidikan di Kabupaten Maros dan untuk mengetahui dan menganalisis kendala-kendala sistem pengelolaan pendidikan di Kabupaten Maros. Responden dalam penelitian ini ialah kepala dinas pendidikan Kabupaten Maros, pengawas SMP dinas pendidikan Kabupaten Maros, pengawas SD dinas pendidikan Kabupaten Maros, kepala sekolah SMP dan SD, serta guru SMP dan SD Kabupaten Maros. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa komunikasi yang baik antara stakeholder kependidikan mengenai kebijakan dan sistem harus berjalan dengan baik sebelum diterapkan di sekolah-sekolah, pengelolaan pendidikan membutuhkan SDM yang berkompotensi pada bidang kependidikan dan Sarana dan prasarana memiliki peran penting dalam proses pembelajaran siswa.
This study aims to determine and analyze how the education management system in Maros and to identify and analyze the constraints of the education management system in Maros. Respondents in this study were the head of the Maros Education Service, the Middle School Supervisor of Maros Education Service, the Supervisor of Maros Elementary School, the Middle and Elementary School Principals, the Middle and Elementary School teachers in Maros. This research uses descriptive qualitative research method. The results of the analysis show that good communication between educational stakeholders regarding policies and systems must run well before being implemented in schools, education management requires competent human resources in the field of education and facilities and infrastructure have an important role in the student learning process.
Downloads
References
Aisyah, S., & Rahayu, Y. M. (2021). Pengelolaan Pendidikan. Penerbit Lakeisha.
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).
Djamarah, S. B., & Zain, A. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 46.
Hasan, M., Harahap, T. K., Inanna, M.S.D., & Pd, U. K. M. (2021). Landasan Pendidikan. Penerbit Tahta Media Group.
Naibaho, T., Dikson Silitonga, M. M., Supriatna, U., Khusnah, W. D., Rema, F. X., Bela, M. E., ... & Sofa, M. (2021). Manajemen Mutu Pendidikan. Media Sains Indonesia.
Pananrangi, H. A. R., & SH, M. P. (2017). Manajemen Pendidikan (Vol. 1). Celebes Media Perkasa.
Rabiah, S. (2019). Manajemen Pendidikan Tinggi dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Sinar Manajemen, 6(1), 58-67.
Subronto, S., Ali, H., & Rosadi, K. I. (2021). Faktor yang Mempengaruhi Manajemen Pendidikan Islam: Sistem Pendidikan, Pengelolaan Pendidikan, dan Tenaga Pendidikan. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 3(1), 24-34.
Sugiyono, P. D. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Cv.
Tanjung, S. (2018). Strategi Pengelolaan Organisasi Pendidikan Melalui Sistem Pengelolaan Kebijakan Keunggulan Kompetitif (Untuk Peningkatan Kualitas SDM Pengelola Pendidikan). Benchmarking-Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 74-88.
Umi, F., Marsidin, S., & Sabandi, A. (2020). Analisis Kebijakan dan Pengelolaan terkait Peserta Didik di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 128-133.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Sitti Azzahrah Abdullah, Kafrawi Yunus, Lukman Setiawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.