PROFESIONALISME DAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU PEREMPUAN TINGKAT SEKOLAH DASAR (SD) DI KABUPATEN GOWA

Authors

  • Eka Andini Magister Manajemen, Program Pascasarjana Universitas Bosowa
  • Hasanuddin Remmang Program Studi Manajemen Program Pascasarjana, Universitas Bosowa
  • Firman Menne Program Studi Manajemen Program Pascasarjana, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/jbm.v5i1.1870

Keywords:

Profesionalisme, Kepemimpinan Transformasional, Kinerja Guru

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh profesionalisme terhadap kinerja guru perempuan tingkat sekolah dasar di kabupaten gowa, menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kinerja guru perempuan tingkat sekolah dasar di kabupaten Gowa serta menganalisis pengaruh profesionalisme dan gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kinerja guru perempuan tingkat sekolah dasar di kabupaten Gowa. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 196 responden. Untuk mengimplementasikan tujuan tersebut maka digunakan teknik pengumpulan data melalui observasi dan kuesioner, dengan teknik analisis data menggunakan uji instrumen penelitian, uji asumsi penelitian, analisis regresi berganda serta pengujian hipotesis. Hasil penelitian menemukan bahwa profesionalisme berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap kinerja guru, kepemimpinan transformasional kepala sekolah berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap kinerja guru, serta profesionalisme dan kepemimpinan transformasional kepala sekolah secara serempak atau bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan yakni sebesar 40,3% terhadap kinerja guru perempuan tingkat sekolah dasar di kabupaten gowa.

The purpose of this study was to analyze the effect of professionalism on the performance of female elementary school teachers in Gowa Regency, analyze the effect of the principal's transformational leadership style on the performance of female elementary school teachers in Gowa Regency and analyze the effect of professionalism and the principal's transformational leadership style on the performance of female teachers.  elementary school level in Gowa district.  This research is descriptive quantitative using a quantitative approach.  The sample in this study amounted to 196 respondents.  To implement these objectives, data collection techniques were used through observation and questionnaires, with data analysis techniques using research instrument tests, research assumption tests, multiple regression analysis and hypothesis testing.  The results of the study found that professionalism and partially significant positive effect on teacher performance, principal's transformational leadership partially positive and significant effect on teacher performance, and professionalism and principal's transformational leadership simultaneously or jointly had a positive and significant effect of 40,3% of the performance of female primary school teachers in the district of Gowa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agung, I & Yufridawati. 2013. Pengembangan Pola Kerja Harmonis dan inergis Antara Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas. Jakarta Penerbit Bumi Aksara.

Darmadi. 2018. Membangun Paradigma Baru Kinerja Guru. Penerbit: Guepedia Publisher.

Djamarah & Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Elvira. 2021. Faktor Penyebab Rendahnya Kualitas Pendidikan dan Cara Mengatasinya (Studi Pada Sekolah di Desa Tonggolobibi). Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman, 16. 02. 93-98. ISSN: 0216-4949. ISSN (Online): 2615-4870.

Fahdini, R., Mulyadi, E., Suhandani, D., & Julia. 2014. Identifikasi Kompetensi Guru sebagai Cerminan Profesionalisme Tenaga Pendidik di Kabupaten Sumedang. Jurnal Mimbar Sekolah Dasar, 1(1), 33–42.

Gibson, M. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan ke dua. Jakarta: Erlangga.

Ghozali, I. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.

Juniarti, E., Ahyani, N., & Ardiansyah, A. 2020. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Disiplin Guru Terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(3), 193–199.

Kosim, M. 2017. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Untuk Mewujudkan Mutu Pembelajaran. Khazanah Akademia, 1(1), 30–38.

Maura, A. 2018. Fakta Kualitas Guru di Indonesia yang Perlu Anda Ketahui. https://www.ruangguru.com/blog/fakta-kualitas-guru-di-indonesia-yang-perlu-anda-ketahui.

Pandipa, H. K. A. 2019. Kinerja Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SMA Negeri 1 Lore Utara. Jurnal Ilmiah Administratie, 12, 1. 1-9.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Tarigan, M. A. 2020. Pengaruh Profesionapisme Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan. Jurnal Kepemimpinan dan Kepengurusan Sekolah, 5 (1), 43-48. e-ISSN: 2502-6445. p-ISSN: 2502-6437. DOI: 10.34125/kp.v5i1.462

Utami, I., H., & Hasanah, A. 2019. Kompetensi Profesional Guru dalam Penerapan Pembelajaran Tematik di SD Negeri Maguwoharjo 1 Yogyakarta. Jurnal Pionir, 8(2), 121–139.

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Andini, E., Remmang, H., & Menne, F. (2022). PROFESIONALISME DAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU PEREMPUAN TINGKAT SEKOLAH DASAR (SD) DI KABUPATEN GOWA. Indonesian Journal of Business and Management, 5(1), 115–121. https://doi.org/10.35965/jbm.v5i1.1870

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 > >>