EVALUASI KINERJA PEGAWAI BERBASIS PELAYANAN PUBLIK BAGIAN ORGANISASI SEKRETARIAT DAERAH DI KABUPATEN BANTAENG

Authors

  • Andi Dedi Risandi Kelurahan Lembang Keke Kabaupaten Bantaeng
  • Haeruddin Saleh Program Studi Manajemen Program Pascasarjana Universitas Bosowa
  • Muhlis Ruslan Program Studi Manajemen Program Pascasarjana Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/jbm.v5i2.1920

Keywords:

Evaluasi Kinerja, Organiasi, Sekretariat Daerah, Bantaeng

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evaluasi kinerja pegawai dalam pelayanan publik, faktor yang menjadi kendala dalam kinerja pegawai, dan upaya apa saja yang dilakukan untuk mengatasi kendala kinerja pegawai dalam pelayanan publik di Sekretariat Daerah Bagian Organisasi Kabupaten Bantaeng. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Bantaeng. Dan subjek dalam penelitian ini adalah Pegawai Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Bantaeng. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa capaian kinerja Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Bantaeng tahun 2015 sampai tahun 2022, dapat disimpulkan secara keseluruhan capaian kinerja sangat memuaskan, karena sudah melebihi target capaian. Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja pada Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Bantaeng antara lain: Faktor Internal (motivasi kerja pegawai bagian organisasi, pendidikan dan pelatihan pegawai bagian organisasi, kepuasan kerja pegawai bagian organisasi), Faktor Eksternal (kompensasi yang diberikan pada pegawai bagian organisasi, kepemimpinan bagian organisasi, budaya kerja bagian organisasi, lingkungan kerja bagian organisasi). Faktor penghambat kinerja pegawai adalah kurangnya kesejahteraan, manajemen yang kurang baik, tidak adanya motivasi. Sedangkan upaya/strategi yang perlu dilakukan oleh Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Bantaeng adalah kepuasan kerja, tingkatkan kinerja pegawai negeri sipil melalui training, berikan reward bagi pegawai negeri sipil yang berprestasi, lakukan pendekatan untuk mengoptimalkan kerja pegawai negeri sipil, menciptakan lingkungan kerja yang harmonis, menyediakan dan melengkapi fasilitas untuk pelaksanaan pekerjaannya.

This study aims to determine the evaluation of employee performance in public services, factors that become obstacles in employee performance, and what efforts are made to overcome employee performance constraints in public services at the Regional Secretariat of the Organizational Section of Bantaeng Regency. This research is a type of qualitative research. The object of this research is the Organizational Section of the Regional Secretariat of Bantaeng Regency. And the subjects in this study were employees of the Organizational Section of the Regional Secretariat of Bantaeng Regency. The data collection methods in this study were interviews, documentation, and observation. The results showed that the performance achievement of the Organizational Section of the Regional Secretariat of Bantaeng Regency from 2015 to 2022 (as evidenced by the document data, observations and interviews that the researchers had conducted), it can be concluded that the overall performance achievement was Very Satisfactory, because it had exceeded the achievement target. Factors that affect the performance of the Organizational Section of the Regional Secretariat of Bantaeng Regency include: Internal Factors (Work motivation of employees of the organization section, education and training of employees of the organization section, job satisfaction of employees of the organization section), External Factors (Compensation given to employees of the organization section, Organizational leadership, organizational part work culture, organizational part work environment). The inhibiting factors for employee performance are lack of welfare, poor management, lack of motivation. Meanwhile, the efforts/strategies that need to be carried out by the Organizational Section of the Bantaeng Regency Regional Secretariat are job satisfaction, improve the performance of civil servants through training, provide rewards for outstanding civil servants, take an approach to optimize the work of civil servants, create a harmonious work environment, Provide and complete the facilities for the implementation of the work.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bahasa di Provinsi Sulawesi Selatan". Bahasa dan Peta Bahasa di Indonesia. (Diakses tanggal 16 Juni 2022).

Budiono. 2009. Strategi Peningkatan Kinerja Pegawai Melalui Pengembangan Sumber Daya Manusia Pada Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Pacitan.

Claudina. 2015. Peningkatan Kinerja Aparatur Dalam Menunjang Kualitas Pelayanan Publik Di Bagian Sosial Sekretariat Daerah Kabupaten Kutai Barat. Jurnal Paradigma. Samarinda

Dharma, Agus. 1991. Manajemen Prestasi Kerja, Jakarta: Rajawali.

Donald R.Cooper & Pamela S.Schindler, 2003, “Bussines Research Methods”, 9th edition. M cGraw-Hill International Edition.

Dwiyanto, Agus, 2006. Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Yogyakarta. UGM Press.

Febrianto, Dian, 2013. Disiplin Kinerja Pegawai Negeri Sipil di Kantor Dinas Badan Keluarga Berencana Pemberdayaan Masyarakat dan Perempuan Kabupaten Serang.

Fitron, Ikhsan Nur, 2009. Mencurigai kekuasaan: Pelayanan Prima bagi Warga. Jakarta. Global Medika Profetika.

Gomes , Fausto Cardoso. 2006. Manajemen Sumber Dayab Manusia. Yogyakarta. Andi Offset.

Hasibuan, Malayu SP. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi. Bumi Aksara, Jakarta. Herfina,2006, Kualitas Sumber Daya Manusia dan Pengaruhnya terhadap Perkembangan Kinerja di Balai Ternak Embrio Bogor, jurnal, jakarta

IAN & BPKP. 2000. Pelayanan Publik. Malang: CV Citra Malang.

Jaeni, Yunita, 2021. Kinerja Pelayanan Publik di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bombana.

Kabupaten Bantaeng Dalam Angka 2020" (pdf). Melalui : www.bantaengkab.bps.go.id.. (Diakses Pada Tanggal 16 Juni 2022).

LAKIP Sekretariat Daerah Kabupaten Pacitan, Tahun 2014, Pacitan. Metodologi Research, jilid 1 & 2, Edisi 2000, Yogyakarta, Penerbit Andi Offset Natsir M . 1998. Metode Penelitian, Jakarta: Ghalia Indonesia.

Lembaga Administrasi Negara. 2003. Penyusunan Standar Pelayanan Publik. Jakarta: STIA LAN Press.

Lewis, Carol W., Stuart C. Gilman. 2005. The Ethics Challenge in Public Service: A Problem-Solving Guide. Market Street. San Fransisco: Jossey-Bass.

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia dan Perusahaan. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Marihot, Hariandja, 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia,Jakarta. Bumi Aksara.

Maryam. 2016. Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi Volume VI No. 1/Juni 2016

Ndraha, Taliziduhu. 2003 Kybernologi 1 dan Kaybernologi 11. Jakarta. Reineka Cipta.

Neuman, M Lawrence. 2003. Social Research Methods Qualitative and quantitative methods Approaches, fifth edition, USA.

Notoatmojo. 2009. Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jakarta: Rineke Cipta.

Notonegoro. 1975. Pancasila Secara Utuh Populer, Jakarta: Pancoran Tujuh

Nuralam, Maman, 2015. Evaluasi Kinerja Pagawai di Kantor Kecematan Sumur Kabupaten Pandeglang.

Pasolong, Harbani. 2010. Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta. Prabu, Anwar. 2005, Manajemen dan Evaluasi Kinerja . Bandung: Erlangga.

Peraturan Bersama Mentri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Republik Indonesia No 17 Tahun 2017.

Praera, dkk. 2021. Strategi Pemerintah Daerah Dalam Meningkatkan Kinerja Di Bagian Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Kerinci. Jurnal Administrasi Nusantara Mahasiswa.

Ratminto dan Winarsih, Atik Septi. 2006. Manajemen Pelayanan. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Santosa, Panji. 2008. Administrasi Publik: Teori dan Aplikasi Good Governance. Bandung: PT. Reflika Aditama.

Sedarmayanti. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia ( Reformasi Birokrasi dan Manajemen PNS ), Ed 1, Bandung: Refika Aditama.

Sikula , Andrew, E 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia dan Produktifitas Kerja. Bandung. Erlangga.

Simanjuntak, J Payman. 2005. Manajemen sumber Daya Manusia. Jakarta. Universitas Indonesia

Sinambela. 2010. Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: Bumi Aksara.

Statistik Kebahasaan 2019. Jakarta: Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan. 2019. hlm. 11. ISBN 9786028449182

Struktur Organisasi Sekretariat Daerah Melalui : https://setda.batangkab.go.id/?p=1&id=3 (Diakses Pada Tanggal 16 Juni 2022).

Struktur Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Bantaeng Melalui : https://setda.batangkab.go.id/?p=1&id=3 (Diakses Pada Tanggal 17 Juni 2022).

Subarsono, A.G 2012. Analisis Kebijakan Publik. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Subastian. 2016. Evaluasi Kinerja Pada Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Pacitan. Yogyakarta

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan ( Pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono.( 2018). Statistik Untuk Penelitian. Bandung. Penerbit : Alfabeta.

Sumber: Data BPS Kabupaten Bantaeng tahun 2008.

Tenriola Andi. 2019. Pengembangan Prasarana Jaringan Jalan Kawasan Minapolitan Kabupaten Bantaeng. Makassar

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945.

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor: 28 Tahun 1999 tentang Penyelenggaraan Negara yang Bersih dan Bebas dari Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme.

Widodo, Joko. 2001. Etika Birokrasi dalam Pelayanan Publik. Malang: CV Citra.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Risandi, A. D., Saleh, H., & Ruslan, M. (2023). EVALUASI KINERJA PEGAWAI BERBASIS PELAYANAN PUBLIK BAGIAN ORGANISASI SEKRETARIAT DAERAH DI KABUPATEN BANTAENG. Indonesian Journal of Business and Management, 5(2), 200–209. https://doi.org/10.35965/jbm.v5i2.1920

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 > >>