ANALISIS PENENTUAN STRATEGI MANAJEMEN DISTRIBUSI SEMEN DALAM MENINGKATKAN KEUNGGULAN BERSAING PADA PT. SEMEN BOSOWA MAROS

Authors

  • Askin Adam PT Semen Bosowa
  • Haeruddin Saleh Program Studi Manajemen, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa
  • Miah Said Program Studi Manajemen, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/jbm.v6i1.3797

Keywords:

SWOT, Pendistribusian Semen, Strategi Keunggulan Bersaing

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui dan menganalisis strategi distribusi semen pada PT. Semen Bosowa Maros untuk meningkatkan keinggulan bersaing dengan menggunakan metode SWOT yakni menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dihadapi oleh PT. Semen Bosowa Maros dalam mendistribusikan semen. Teknik pengumpulan data melalui teknik observasi, interview, dokumentasi dan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis SWOT, matriks faktor strategi internal (IFAS), matriks faktor strategi eksternal (EFAS), matriks TOWS dan analisis QSPM. Hasil temuan bahwa perencanaan strategi dalam pelaksanaan distribusi semen berada dalam posisi yang menguntungkan dimana perusahaan masih memiliki peluang dan kekuatan, sehingga dapat diindikasikan bahwa kondisi perusahaan berada dalam kondisi yang mendukung pertumbuhan yang agresif. Hasil analisis dengan menggunakan alat analisis matriks space dan matriks internal-eksternal (IE) menunjukkan bahwa strategi yang dapat digunakan adalah strategi pertumbuhan dengan memilih alternatif strategi yakni strategi penetrasi pasar, strategi pengembangan produk dan pengembangan pasar yang diharapkan dapat meningkatkan distribusi semen di masa yang akan datang. Analisis penentuan strategi dengan QSPM yang menunjukkan bahwa dari ketiga alternatif strategi pertumbuhan maka perusahaan menggunakan strategi penetrasi pasar yakni menetapkan harga semen yang kompetitif, memiliki jaringan distribusi yang kuat, melakukan promosi secara efektif, menerapkan layanan pelanggan yang baik, serta menjalin kerja sama dengan kontraktor atau developer.

The aim of this study was to determine and analyze the strategy of cement distribution at PT. Cement Bosowa Maros to increase competitive advantage using SWOT method, namely analyzing the strengths, weaknesses, opportunities and threats faced by PT. Cement Bosowa Maros in distributing cement. Data collection techniques were through observation, interview, documentation and questionnaire. Data analysis techniques used SWOT analysis, internal strategic factor matrix (IFAS), external strategic factor matrix (EFAS), TOWS matrix and QSPM analysis. The finding that strategic planning in the implementation of cement distribution, it was in a favorable position where the company still has opportunity and strength. So it can be indicated that the company condition was in condition that supported aggressive support. The result of the analysis with using space matrix analysis and internal-external (IE) matrix showed that the strategy used is a growth strategy by choosing alternative strategies, namely market penetration strategy, product development strategy and market development expected to increase cement distribution in the future. Analysis of strategy determination with QSPM showed that from the three alternative growth strategies, the company uses a market penetration strategy, namely setting competitive cement prices, having a strong distribution network, carrying out effective promotion, implementing good customer service, and establishing cooperation with contractors or developers.

Downloads

Download data is not yet available.

References

David. (2015). Strategic Management Manajemen Strategi Konsep (E. Keduabelas (ed.)). Jakarta: salemba empat.

Depari, G. S. (2022). Dasar-Dasar Bisnis. Padang: PT. Global Eksekutif Teknologi.

Dewantari, A. (2018). Penerapan Saluran Distribusi Pada Perusahaan PT. Tirta Marwah Mandiri. PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 3(2), 241–249.

Effendi, M. I., & Kusmantini, T. (2021). Manajemen Strategi Evolusi Pendekatan dan Metodologi Penelitian. Yogyakarta: UPN Veteran Yogyakarta Press.

Fahmi, I. (2017). Kewirausahaan, Teori, Kasus, dan Solusi. Alfabeta, Bandung.

Firmansyah, A. (2019). Pemasaran (Dasar dan Konsep). Pasuruan: CV Qiara Media.

Geraldo. (2018). Analisis Manajemen Distribusi UD Karya Baru. Agora, 6(2), 1–6.

Guntarayana, I. (2022). Competitive Advantage (Keunggulan Bersaing). In Manajemen Pemasaran. Padang: PT. Global Eksekutif Teknologi.

Hermawan, S., & Sriyono. (2020). Buku Ajar Manajemen Strategi dan Resiko. Sidoarjo: Umsida Press.

Hutagaol, B. (2021). Studi Analisis Manajemen Distribusi Pada PT. Pabrik Cat Dan Tinta Pacific Makassar. Journal Equilibrum, 2(1), 55–60.

Khiram, H., & Irawati, W. (2017). Analisis Perencanaan Sistem Distribusi pada PT. Lafarge Cement Indonesia Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 2(1), 118–134.

Kurniasih, D., Rusfiana, Y., Subagyo, A., & Nuradhawati, R. (2021). Teknik Analisa. Bandung: Alfabeta.

Mangundjaya, W. L. H. (2020). Pengembangan Organisasi: Diagnosis dan Intervensi. Surabaya: CV. Jakad Media Publishing.

Nasib, Amelia, R., & Lestari, I. (2021). Dasar Pemasaran. Yogyakarta: Deepublish.

Noor, Z. Z. (2016). Manajemen Pemasaran Stratejik. Yogyakarta: Deepublish.

Oktarini, R. (2022). Buku Ajar Strategi Pemasaran. Surabaya: Cipta Media Nusantara.

Sahban, M. A. (2018). Kolaborasi Pembangunan Ekonomi di Negara Berkembang. Makassar: CV. Sah Media.

Saleh, M. Y., & Said, M. (2019). Konsep dan Strategi Pemasaran. Makassar: CV. Sah Media.

Sari, D. (2022). Strategi Distribusi Pemasaran Produk Dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Oleh UD Fresh Fruit Tegalsari Banyuwangi). Jember: UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

Sedjati, R. S. (2018). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Deepublish.

Sembiring, M. J., & Fatihudin, D. (2020). Manajemen Strategi Dari Teori Ke Praktek. Pasuruan: CV Qiara Media.

Sihombing, I. K., & Dewi, I. S. (2019). Pemasaran dan Manajemen Pasar (Sebuah Analisis Perspektif Terhadap Minat Beli dan Kepuasan Konsumen). Yogyakarta: Deepublish.

Suhendri. (2019). Strategi Saluran Distribusi Marning Untuk Meningkatkan Pemasarannya di PT. Ajayaa Pekandangan Sangra – Sumenep. Sumenep: Universitas Wiraraja.

Syafarudin, D. (2018). Pengantar Manajemen Pemasaran. Bandung: Manggu Makmur Tanjung Lestari.

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Adam, A., Saleh, H., & Said, M. (2023). ANALISIS PENENTUAN STRATEGI MANAJEMEN DISTRIBUSI SEMEN DALAM MENINGKATKAN KEUNGGULAN BERSAING PADA PT. SEMEN BOSOWA MAROS. Indonesian Journal of Business and Management, 6(1), 141–151. https://doi.org/10.35965/jbm.v6i1.3797

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>