PERAN MEDIA SOSIAL DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN

Authors

  • Dian Putri Bosowa Education
  • Sukmawati Mardjuni Program Studi Manajemen, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa
  • A. Arifuddin Mane Program Studi Manajemen, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/jbm.v6i1.3804

Keywords:

Media Sosial, Brand Awareness, Pengambilan Keputusan Konsumen

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui, menguji, dan mengidentifikasi pengaruh dimensi media sosial yaitu entertainment, interaction, dan customization terhadap brand awareness dan bagaimana perannya terhadap keputusan mahasiswa baru Universitas Bosowa tahun 2022 memilih Universitas Bosowa sebagai kampus pilihannya yang diuji baik pengaruh secara langsung maupun pengaruh tidak langsung atau melalui variabel antara. Untuk mencapai tujuan tersebut, digunakan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner kepada 93 sampel penelitian dari total 1.882 populasi. Teknik analisa data tersebut menggunakan analisis SEM PLS. Hasil penelitian menunjukan bahwa indikator dari dimensi media sosial yang terbagi menjadi 3 variabel memiliki pengaruh signifikan terhadap brand awareness juga brand awareness secara langsung memiliki nilai signifikan positif kepada keputusan mahasiswa baru Universitas Bosowa tahun 2022 memilih Universitas Bosowa sebagai kampus pilihannya. Nilai tersebut berada di bawah nilai <0,05 sehingga dalam pengujian hipotesis 8 indikator tersebut dianalisa memiliki pengaruh signifikan dan positif. Namun dari keseluruhan hipotesis sejumlah 9, 1 diantaranya tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel Y yaitu customization tidak berpengaruh signifikan secara langsung dalam pengambilan keputusan mahasiswa baru Universitas Bosowa tahun 2022 memilih Universitas Bosowa.

This study aimed to recognize, examine and identify the influence of social media such as entertainment, interaction and customization toward to brand awareness and how the role plays to the new students decision at Bosowa University in the years of 2022 on deciding Bosowa University as the campus of choice examined for both direct  or indirect influence or through mediator variable. In order to achieve the goal, the researcher used technic of collecting data by distributing questionnaires to 93 samples from 1,882 populations. The analysis technique used SEM PLS analysis. The result of this study showed the indicators of social media which divided into three variables has significant influence toward brand awareness and brand awareness has significant positive value in making decision of new students Bosowa University in the years of 2022.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriyani, D. (2022). Komunikasi di Era Revolusi Industri 4.0. E-Jurnal Signal 10 (2), 177-349.

Augusty, F. (2002). Structural Equation Modeling dalam Penelitian Manajemen: Aplikasi Model-Model Rumit dalam Penelitian Untuk Tesis Magister & Disertasi Doktor Edisi 2. Universitas Diponegoro, Semarang.

Fahmi, I. (2011). Manajemen Pengambilan Keputusan (Teori dan Aplikasi). Bandung: Alfabeta.

Fakhri, M., Gilang, A., & Ratnayu, N. (2017). Analisis Faktor Pembentuk Keputusan Pemilihan Perguruan Tinggi Swasta Universitas Telkom (Studi Pada Mahasiswa Prodi S1 Administrasi Bisnis Fakultas Komunikasi Dan Bisnis Universitas Telkom Angkatan 2016). Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship, 11(1), 1-12.

Karamang, E. (2022). Pengaruh Social Media Marketing dan Brand Image Terhadap Keputusan Memilih Pada Sekolah Bisnis di Bandung. MANNERS (Management and Entrepreneurship Journal), 5(1).

Mangkunegara, A. P. (2022). Perilaku Konsumen. Bandung: Refika Aditama.

Priansa, D. J. (2017). Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.

Purba, N., Yahya, M., & Nurbaiti, N. (2021). Revolusi Industri 4.0: Peran Teknologi dalam Eksistensi Penguasaan Bisnis dan Implementasinya. Jurnal Perilaku Dan Strategi Bisnis, 9(2), 91-98.

Sugiyono (2017) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhardi, Y., Pragiwani, M., & Burda, A. (2017). Analisa Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa Memilih Kuliah di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STEI) Jakarta. Jurnal STEI Ekonomi, 26(02), 230-245.

Sunyoto, D. (2015). Perilaku Konsumen dan Pemasaran (Panduan Riset Sederhana untuk Mengenali Konsumen). Jakarta: Centre of Academic Publishing Service.

Tjiptono, F. (2011). Manajemen dan Strategi Merek. Yogyakarta: ANDI.

Watie, E. D. S. (2011). Komunikasi dan Media Sosial (Communications and Social Media). E-Jurnal Dosen Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Semarang, The Messenger, 3(1).

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Putri, D., Mardjuni, S., & Mane, A. A. (2023). PERAN MEDIA SOSIAL DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN. Indonesian Journal of Business and Management, 6(1), 117–122. https://doi.org/10.35965/jbm.v6i1.3804