ANALISA PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN KUALITAS PENDIDIKAN TERHADAP EFEKTIFITAS PLN MOBILE MELALUI PENINGKATAN USER AKTIF PLN MOBILE DI WILAYAH KERJA PT PLN (PERSERO) ULP MALILI
DOI:
https://doi.org/10.35965/jbm.v7i2.5181Keywords:
Aplikasi PLN Mobile, Efektivitas, Kualitas Pendidikan, Pengaruh Tingkat PendidikanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh tingkat dan kualitas pendidikan terhadap efektivitas penggunaan aplikasi PLN Mobile di Wilayah Kerja PT PLN (Persero) ULP Malili. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik survei, yang memungkinkan pengumpulan data dari responden melalui kuesioner yang mencakup informasi demografis, tingkat pendidikan, pengetahuan teknologi, dan persepsi terhadap efektivitas penggunaan aplikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara tingkat pendidikan dan efektivitas penggunaan aplikasi, di mana responden dengan pendidikan lebih tinggi cenderung lebih memahami dan menggunakan aplikasi PLN Mobile secara optimal. Kualitas pendidikan juga berperan penting dalam meningkatkan pengguna aktif aplikasi PLN Mobile.
This study aims to analyze the effect of the level and quality of education on the effectiveness of using the PLN Mobile application in the working area of PT PLN (Persero) ULP Malili. The method used is a quantitative approach with a survey technique, allowing for the collection of data from respondents through a questionnaire that includes demographic information, education level, technological knowledge, and perception of the effectiveness of using the application. The results show a positive relationship between the level of education and the effectiveness of the application, where respondents with higher education tend to better understand and optimally use the PLN Mobile application. The quality of education also plays a crucial role in increasing the active users of the PLN Mobile application.
Downloads
References
Aditya, M. Z. (2022). Analisis penerimaan pelanggan terhadap aplikasi PLN Mobile dengan metode Technology Acceptance Model (TAM). JuSiTik: Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi Komunikasi, 3 (1).
Ahmad Hilmy Al Anshori. (2021). Sosialiasi aplikasi PLN Mobile kepada masyarakat di Desa Sukamantri bekerja sama dengan pihak PLN. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1 (13).
Asri, Y., Suliyanti, W. N., Kuswardani, D., & Fajri, M. (2022). Pelabelan otomatis Lexicon Vader dan klasifikasi Naive Bayes dalam menganalisis sentimen data ulasan PLN Mobile. PETIR, 15 (2).
Chesanti, P. C., & Setyorini, R. (2018). Pengaruh e-service quality terhadap kepuasan pelanggan sebagai pengguna aplikasi PLN Mobile. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18 (1).
Coirolla, A., & Putri Warganegara, T. L. (2022). E-satisfaction analysis of PLN Mobile application users using e-servqual dimensions as a service during the COVID-19 pandemic. International Journal of Research and Review, 9 (2).
Darmawan, K. D., & Bagia, I. W. (2022). Service quality before and after the implementation of the PLN Mobile application at PT PLN (Persero) Customer Service Unit. International Journal of Social Science and Business, 6 (1).
Edom, R., Al Haura, A., Eloyfani, A., Amanda, B., & Syakira, H. (2023). Analisis manfaat penggunaan PLN Mobile pada bagian pelayanan pelanggan di PLN ULP Medan Baru. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen (EBISMEN), 2 (3).
Hamzah, A., & Irawan, D. (2023). The analisis kepuasan pengguna aplikasi PLN Mobile menggunakan metode Technology Acceptance Model (TAM). ZONAsi: Jurnal Sistem Informasi, 5 (2).
Ifaldiansyah, M. R., & Hertati, D. (2023). Efektivitas program pemasangan listrik baru menggunakan aplikasi PLN Mobile di wilayah kerja unit pelaksana pelayanan pelanggan (UP3) Surabaya Selatan. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik (JISIP), 12 (3).
Ilham, M., & Zarnelly, Z. (2021). Analisis penerimaan aplikasi PLN Mobile menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). Jurnal Ilmiah Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, 7 (1).
Kusuma Aji, A. (2023). Analysis of factors affecting customer satisfaction on PLN Mobile users at PLN Tanjungpandan Customer Service Unit. International Journal of Social Health, 2 (3).
Nur Faridah, A., & Riza Hernawati. (2022). Efektivitas pelayanan ketenagalistrikan melalui aplikasi PLN Mobile dalam menangani keluhan. Bandung Conference Series: Public Relations, 2 (1).
Pranawa, P. D., Dewi, K. I. K., Wijaya, P. W. A., Daniel, Z. J., Miantari, N. M. D. O., Prananda, I. P. Y., Roy, I. K. A., Pramesti, S. N. B., Yanti, N. L. A. D. D., & Suaryana, P. K. (2023). Sosialisasi aplikasi PLN Mobile sebagai upaya peningkatan pelayanan terhadap masyarakat desa Sumita. Jurnal Widya Laksmi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3 (1).
Putri, D., & Sihotang, F. P. (2022). Penerapan metode End User Computing Satisfaction (EUCS) untuk tingkat kepuasan pengguna aplikasi PLN Mobile di Kota Palembang. MDP Student Conference.
Ramadanty, Y., & Maylanny Christin. (2023). Integrated marketing communication strategy of PLN UP3 Bandung in the use of the PLN Mobile application. Daengku: Journal of Humanities and Social Sciences Innovation, 3 (5).
Rohman, M. A., Suhartono, & Chamidy, T. (2023). Bidirectional GRU dengan Attention Mechanism pada analisis sentimen PLN Mobile. Techno.Com, 22 (2).
Septyan, D. A. (2020). Faktor penghambat adopsi mobile banking pada generasi milenial mahasiswa Universitas Mulawarman. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 8 (2). https://doi.org/10.35314/inovbiz.v8i2.1479
Sihotang, F. P., & Putri, D. (2023). Analisis kepuasan pengguna aplikasi PLN Mobile di Kota Palembang dengan metode EUCS. Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 10 (3).
Siti Akromah, & Indah Respati Kusumasari. (2023). Penerapan aplikasi PLN Mobile dalam meningkatkan pelayanan pelanggan PLN ULP Bojonegoro Kota. Jurnal Masyarakat Mengabdi Nusantara, 2 (2).
Syafrizal, S., Afdal, M., & Novita, R. (2023). Analisis sentimen ulasan aplikasi PLN Mobile menggunakan algoritma Naïve Bayes Classifier dan K-Nearest Neighbor. MALCOM: Indonesian Journal of Machine Learning and Computer Science, 4 (1).
Tambunan, H. B., & Hapsari, T. W. D. (2021). Analisis opini pengguna aplikasi New PLN Mobile menggunakan text mining. PETIR, 15 (1).
Wiguna, I. K. A. G., Mustafida, A. N., Santika, P. P., Ariantini, M. S., & Sudipa, I. G. I. (2022). Customer satisfaction analysis of PLN Mobile services using the Naïve Bayes classifier method. JURNAL INFOKUM, 10 (5).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Hermawan Hermawan, Thamrin Abduh, Sukmawati Mardjuni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.







