Implementasi Pembelajaran Sistem Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Siswa SMA Negeri 12 Makassar
DOI:
https://doi.org/10.56326/jp.v1i1.1368Keywords:
Implementasi, Pembelajaran, Daring, Covid-19, SiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberhasilan implementasi kebijakan faktor yang mempengaruhi program pembelajaran sistem daring di masa pandemi Covid-19 pada siswa SMA Negeri 12 Makassar. Data dikumpulkan dengan melakukan observasi, wawancara, serta analisis dokumen melalui penelitian di kantor Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan dan SMA Negeri 12 Makassar. Model analisis yang digunakan yaitu teknik analisis menurut Miles dan Huberman yang terdiri daru tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan, antara lain reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menjukkan bahwa: (1) keberhasilan implementasi kebijakan dalam penerapannya siswa mempunyai inisiatif untuk tetap mendukung kegiatan belajar daring, namun cukup berat untuk menyesuikan aturan daring ini, dikarenakan proses belajar secara daring muncul rasa malas terhadap dirinya. Dapat di generalisasi kalau ada efek yang membuat menurunnya pembelajaran siswa bukan dikarenakan sistem belajar daring akan tetapi lebih kepada perangkat pendukung pengaplikasian sistem belajar daring mulai dari, jaringan internet, smart android bagi guru dan siswa serta juknis penggunaan aplikasi belajar online yang sedikit saja yang paham; (2) faktor yang mempengaruhi implementasi kebijakan program pembelajaran sistem daring, ditunjukkan konsistensi disdik sulsel dalam mendukung pelaksanaan sistem belajar daring serta para guru dan siswa SMA Negeri 12 Makassar. Responsivitas atau daya tanggap terhadap implementasi kebijakan penerapan proses pembelajaran sistem daring di masa pandemi Covid-19, terlihat pada kepedulian pemerintah terhadap kebutuhan dan kepentingan masyarakat dalam menyesuaikan arahan dari pemerintah pusat. Kemudian SMA Negeri 12 Makasssar dalam pengeimplementasiannya tidak terlepas dari aturan pusat namun tetap mempertimbangkan antara regulasi-regulasi yang ada dan tingkat ekonomi peserta didik.
This study aims to determine the success of the policy implementation of factors that affect the online system learning program during the Covid-19 pandemic for students of SMA Negeri 12 Makassar. Data were collected by conducting observations, interviews, and document analysis through research at the South Sulawesi Provincial Education Office and SMA Negeri 12 Makassar. The analytical model used is the analytical technique according to Miles and Huberman which consists of three flow of activities that occur simultaneously, including data reduction, data presentation, as well as drawing conclusions and verification. The results of the study show that: (1) the successful implementation of the policy in its application, students have the initiative to continue to support online learning activities, but it is quite difficult to adjust these online rules, because the online learning process appears lazy towards themselves. It can be generalized if there is an effect that makes student learning decline not due to the online learning system but rather to supporting devices for the application of online learning systems ranging from internet networks, smart androids for teachers and students as well as technical guidelines for the use of online learning applications that few understand; (2) the factors that influence the implementation of the online system learning program policy, shown by the consistency of the South Sulawesi Education Office in supporting the implementation of the online learning system as well as the teachers and students of SMA Negeri 12 Makassar. Responsiveness or responsiveness to the implementation of policies on the application of the online system learning process during the Covid-19 pandemic, can be seen in the government's concern for the needs and interests of the community in adjusting the directions from the central government. Then SMA Negeri 12 Makasssar in its implementation cannot be separated from the central rules but still considers the existing regulations and the economic level of students.
References
Adhetya Cahyani, dkk. 2020. Motivasi Belajar Siswa SMA Pada Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Univeritas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. DOI: https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57. Diakses Pada 23 Maret 2021.
Agustino, L. (2008). Dasar-Dasar Kebijakan Publik. Alfabeta.
Amir Nur Rahmat. 2020. “Sekolah di Sulsel Belum Penuhi Protokol Kesehatan, Belajar Daring Berlanjut”. (sulawesi.bisnis.com).
Dr. Arifin Tahir., M.Si. 2015. Kebijakan Publik dan Transparansi. Bandung: Alfabeta, cv.
Fathin Robbi Sukma. 2020. “Pendidikan dan Permasalahan Pelajar di Masa Pandemi”. (ibtimes.id).
Iras Aprilia. 2020. “Belajar "Online" Tak Semudah yang Dibayangkan”. (detikNews.com)
Ismi Fahrunnisah Rambe. 2020. Implementasi Pembelajaran Biologi Berbasis Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di MAN 1 Mandailing Natal. Sumatra Utara Medan : Univeritas Islam Negri. http://repository.uinsu.ac.id/9776/. Diakses Pada 11 Februari 2021.
John W. Santrock. 2003. Perkembangan Pendidikan. Jakarta: Erlangga.
Luthfia Ayu Azanella. 2020. “ 9 Daerah di Indonesia yang Terapkan PSBB Karena Virus Corona”. (Kompas.com).
Made Putra. 2020. Kurang Efisiennya Pembelajaran Daring/E-Learning.
Mardianto Prabowo. 2020. Persepsi Siswa Kelas XII Terhadap Pembelajaran Daring Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMAN 1 Bintang Timur Provinsi Kepulauan Riau. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. http://eprints.uny.ac.id/69084/. Diakses Pada 2 Februaru 2021.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat CoronaVirus(COVID-19).
Moleong, Lexy J. 2011. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Niken Widya Yunita. 2020. “Penyebab, Asal, Mula, dan Pencegahan Virus Corona di Indonesia”. (detik.com).
Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 9 Tahun 2020 tentang PSBB Pedoman Pelaksanaan PSBB.
Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2020 terkait PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) dalam rangka percepatan pengolahan COVID-19.
Peraturan Presiden Nomor 11 Tahun 2020 tentang Penetapan Keadaan Darurat Kesehatan Masyarakat dan Peraturan Pemerintah Terkait COVID-19.
Prof. Budi Winarno, MA. 2007. Teori dan Proses Kebijakan Publik. Yogyakarta: PT. Buku Kita.
Prof. Dr. Deddy Mulyadi, Drs., M.Si. 2016. Studi Kebijakan Publik dan Pelayanan Publik. Bandung: Alfabeta, cv.
Prof. Drs. Budi Winarno, MA, PhD. 2008. Kebijakan Publik (Teori, Proses, Dan Studi Kasus). Yogyakarta: PT. Buku Seru.
Sugiono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Surat Edaran MENDIKBUD Nomor 4 Tahun 2020. Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Dieses (COVID- 1 9). Pusdiklat Pegawai Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 24 Maret 2020.
Syarifuddin, A. S. (2020). Implementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distencing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 31–34.
Syarifudin, Albitar S. 2020. Implementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Hal 31-33.https://journal.trunojoyo.ac.id/metalingua/article/view/7072
Syarifudin. 2017. Pengembangan Sistem Pembelajaran Online di SMK NU Unggaran. Hal 19. Semarang: Universitas Negri Semarang.https://lib.unnes.ac.id/29554/1/1102413046.pdf. Diakses Pada 10 Februari2021.
Wahab, A. (2008). Analisis Kebijakan. PT. Bumi Aksara.
Wajyu Aji Fatma Dewi. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. University Of Pahlawan Tuanku Tambusai. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89
Zaharah Anissa Windarti Galia Ildusovna Kirilova, “Impact of Corona Virus Outbreak Towards Teaching and Learning Activities In Indonesia,” 2020, Jurnal Sosial dan Budaya Syar’i, 07, no. 03 (t.t.): 269–82, 272, 279 dan 280. http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/salam/article/view/15104
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Fify Aulia, Nining Haslinda, Natsir Tompo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.