Tata Kelola Penyaluran Bantuan Program Keluarga Harapan Di Desa Malimbong Kecamatan Messawa Kabupaten Mamasa Provinsi Sulawesi Barat

Authors

  • Verni Stefiana Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Bosowa
  • Uddin B. Sore Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu politik, Universitas Bosowa
  • Nurkaidah Nurkaidah Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu politik, Universitas Bosowa

Keywords:

Pengelolaan, Pendistribusian, Pemerintah, Program Keluarga Harapan

Abstract

Pelaksanaan Program Keluarga Harapan di Desa Malimbong, Kecamatan Messawa,  penelitian fokus kepada pengelolaan bantuan PKH dan distribusi dana PKH ini oleh Pemerintah. Metode dari penelitian yang di jalankan ini adalah deskriptif kualitatif tujuannya menemukan gambaran dengan jelas atas pengelolaan yang dijalankan menyangkut bagaiamana  pelaksanaan dari Program Keluarga Harapan (PKH) ini sendiri.Adapun teknik dari pengumpulan data digunakan  teknik wawancara,kemudian observasi, dan terakhir dokumentasi. Dari sumber penelitian yang ada ditemukan bahwa program ini masih belum berjalan sesuai dengan dengan pedoman PKH. Hal ini dapat di lihat dari Standar Operasional Prosedur dalam buku pedoman pelaksanaan PKH, PKH ini memiliki  4 tahap inti dari awal hingga akhir yaitu validasi, penyaluran bantuan, pertemuan kelompok, dan verifikasi.Dari keempat tahapan di atas ada 2 tahapan  yakni validasi dan pertemuan kelompok yang belum maksimal di lakukan oleh pemerintah Desa Malimbong Kecamatan Messawa.Pada tahapan distribusi atau penyaluran  bantuan PKH di Desa Malimbong Kecamatan Messawa, tidak berjalan dengan efektif, di samping pendataan calon peserta PKH (calon penerima bantuan PKH) yang belum di maksimalkan, juga waktu penyaluran bantuan tidak sesuai dengan waktu yang di telah di tentukan dalam buku pedoman PKH 2021 yaitu 4 kali dalam 1 tahun.

Implementation of the Family Hope Program in Malimbong Village, Messawa District, the research focuses on the management of PKH assistance and the distribution of PKH funds by the Government. control, information and communication, and monitoring activities. The method of the research conducted is descriptive qualitative with the aim of getting a clear picture of the management carried out regarding the implementation of the Family Hope Program (PKH). observation, and documentation. From the resultis of existing research, it is known that so far the implementation of this program has not run in accordance with the PKH guidelines. , group meetings, and verification. Of the four stages above there are 2 stages, namely validation and group meetings that have not been maximally carried out by the Malimbong Village government, Messawa District. At the distribution or distribution stage of PKH assistance in Malimbong Village, Messawa District, it did not run effectively, In addition to collecting data on prospective PKH participants (prospective PKH aid recipients) that have not been maximized, the time for distributing aid is not in accordance with the time specified in the 2021 PKH guidebook, which is 4 times in 1 year.

References

Najidah, N., & Lestari, H. (2019). Efektivitas Program Keluarga Harapan (PKH) Di Kelurahan Rowosari Kecamatan Tembalang Kota Semarang. Journal of Public Policy and Management Review, 8(2), 69–87.

Nuraini, I. (2016). Pengantar Ekonomi Mikro. UMM Press.

Purba, Y. F. (2014). Efektivitas Pelaksanaan Program Keluarga Harapan di Kelurahan Titi Kuning Kecamatan Medan Johor. Universitas Sumatera Utara Medan

Setiawan, H. H. (2017). Penanggulangan Kemiskinan Melalui Pusat Kesejahteraan Sosial. Sosio Informa, 3(3).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. CV Alfabeta.

Suryawati, C. (2005). Memahami kemiskinan secara multidimensional. Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan, 8(03).

http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13031/1/1506016005_Wawan%20Sulistiyono_full%20skripsi%20-%20wawan%20sulistiyono.pdf (Di akses pada 4 September 2021)

https://kemensos.go.id/program-keluarga-harapan-pkh (Di akses pada 4 September 2021)

https://www.jogloabang.com/sosial/permensos-1-2018-program-keluarga-harapan (Diakases pada 4 September 2021)

http://digilib.uinsby.ac.id/1694/5/Bab%202.pdf (Di akses pada 7 September 2021)

Downloads

Published

2022-01-30